Cara Menghemat Energi Listrik yang perlu dicoba

Dirumah, Pabrik, Perusahaan, maupun gedung-gedung lainnya pasti menggunakan energi listrik. Baik itu untuk penerangan maupun untuk menyalakan mesin. Namun sudahkah anda cek berapa rata-rata tagihan listrik tiap bulan dirumah anda? jika anda menggunakan Kwh 900 VA mungkin kisaran 100 ribuan, tapi bagaimana jika 1300 VA lebih? Berapakah tagihan yang harus anda bayar tiap bulan. Memang besarnya daya Kwh juga mempengaruhi biaya tagihan yang harus dikeluarkan, namun ada beberapa tips yang perlu di coba dan mudah-mudahan bisa menghemat energi listrik dirumah anda

1.  Pastikan Instalasi Listrik sudah baik dan berstandar SNI
Banyak orang menyepelekan tentang instalasi listrik ini, padahal jika kita bisa menatanya dengan bagus maka energi yang digunakanpun tidak ada yang terbuang sia-sia, Apa hubungannya instalasi listrik dengan menghemat energi? Jika anda memasang kabel induk dirumah tanpa memperhatikan tata cara yang baik dan benar, maka jangan heran jika tagihan anda bertambah meski anda hanya menggunakan beberapa alat elektronik/ listrik dirumah. Misalnya anda memasang kabel asal sambung saja tanpa ada isolasi maka bisa saja terjadi loncatan bunga api, bahkan bisa terbakar. Jadi arus akan terbuang sia-sia karenanya. Selanjutnya jika kabel tidak anda lapisi pipa instalasi maka kabel bisa saja terkelupas karena adanya hewan atau usia, apalagi kabel fuse ( yang ada arusnya) langsung mengenai tembok, maka arus akan mengalir ke ground dan meteran dilistrik akan tetap berjalan meski tidak digunakan. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan konslet (hubung singkat) pada arus listrik, oleh sebab itu hindari Instalasi yang tidak benar.

2. Gunakan Bahan Instalasi yang bagus dan berstandar SNI
Saat anda memasang instalasi pastikan bahan-bahan seperti saklar, Fitting, steker, Kabel dan sebagainya sudah berlabel SNI. hal ini dimaksudkan agar arus yang mengalir tidak melebihi kemampuan bahan yang digunakan, misalnya kabel induk anda gunakan kabel Serabut atau kawat tunggal ukuran 1,5 mm. maka jika anda gunakan untuk menghidupkan kulkas, TV, pompa air dan sebagainya secara bersamaan maka kabel akan panas dan isolasi bisa meleleh karena tingginya arus yang mengalir. Selanjutnya Fitting yang anda gunakan adalah yang abal-abal maka jangan heran jika belum lama dipakai fitting cepat rusak dan rapuh karena tidak bisa menahan panas, apalagi lampu yang digunakan adalah wattnya tinggi. Untuk itu gunakan bahan instalasi yang bagus, selain bisa mengurangi bahaya juga akan menghemat listrik.

3.  Gunakan barang-barang yang menggunakan energi listrik seperlunya saja 
Jika dirumah anda ada Televisi, Komputer, Kulkas, Pompa Air, Lampu, Setrika dan sebagainya, maka gunakan sesuai keperluan saja. berikut lebih detilnya. Baca Juga Cara memperbaiki lampu hemat energy
  • Jika anda menonton TV maka gunakan saat sedang ingin menonton, jika sudah selesai langsung dimatikan. Namun jika masih stanby, maka cabut saja kabel stekernya, karena TV yang stanby masih memakai arus walau sedikit. 
  • Selanjutnya jangan menggunakan Alat-alat yang memiliki watt tinggi secara bersamaan, misalnya kulkas, setrika, Pompa air dinyalakan bersama maka arus yang mengalir cukup besar. 
  • Jangan suka bermain-main dengan saklar yaitu sering menghidupkan dan mematikan barang-barang elektronik tersebut sering-sering dalam waktu yang singkat, karena saat kita menghidupkan kulkas, maka arus yang mengalir pada detik-detik pertama cukup besar, sehingga arus yang terpakai juga besar. Oleh sebab itu hindari hal-hal tersebut.
  • Cabut carger HP, Laptop dan sebagainya yang tidak dipakai, karena arus tetap mengalir meski tidak dicolokkan ke perangkat elektronik.
  • Gunakan Lampu hemat energy, karena dengan begitu arus yang dipakai lebih irit namun hasilnya maksimal
  • Jika anda suka memasak dengan Magic com maka gunakan air panas untuk memasakknya, hal ini dimaksudkan agar beras lebih cepat masak. sehingga proses memasak tidak butuh waktu yang lama.
  • Hidupkan lampu saat malam hari saja, jadi atur fentilasi rumah agar cahaya bisa masuk keruangan atau jika menggunakan genteng, pakai genteng kaca di salah satu bagiannya untuk menerangi ruangan.
  • Hindari memasang steker secara bersamaan dalam satu kabel, hal ini bertujuan agar satu kabel tidak dipakai untuk mengaliri arus barang elektronik secara bersamaan. karena akibatnya sangat fatal.
4. Gunakan Kwh Prabayar Jika anda kerepotan mengontrol penggunaan listrik dirumah
Kwh Pulsa saat ini banyak diminati oleh kalangan menengah kebawah, karena arus bisa mengalir jika ada pulsanya, oleh karena itu anda bisa lebih mudah mengontrol penggunaan daya listrik dirumah. Karena biaya yang dikeluarkan tidak tiap bulan, sehingga penggunaannya juga sesuai kebutuhan saja, biasanya saat memakai arus listrik kita akan terpikir "bagaimana jika pulsanya nanti habis" sama dengan menggunakan handphone, saat menelpon anda akan cepat-cepat memutus pembicaraan, agar pulsa tidak banyak berkurang.

Mungkin itu saja lain waktu kalau ingat ditambah lagi hehe. Selanjutnya buat anda jika ada tambahan lain silahkan berkomentar. mudah-mudahan artikel ini sesuai dengan yang anda cari. baca juga cara memasang saklar tunggal dan ganda



Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Menghemat Energi Listrik yang perlu dicoba"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.