Tips Membeli dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar

Lampu merupakan penerangan utama di zaman sekarang, oleh sebab itu berikut ini ada beberapa tips versi masputz.com yang mungkin bisa diterapkan dirumah. saat malam tiba setiap orang pasti menyalakan lampu listrik, tapi apakah instalasi saklar dan lampu sudah terpasang dengan baik dan benar.

Artikel lain

Kebanyakan orang berpendapat bahwa memasang lampu itu yang penting bisa nyala terang dan awet, tanpa memperhatikan apakah kabel atau saklar yang dipakai sudah memenuhi standar nasional. Jawabannya tentu berbeda-beda, sebab orang lebih memilih membeli saklar on/off dan kabel dengan harga yang lebih murah namun kualitas belum bisa terjamin. Meskipun pada dasarnya bukan harga yang murah menjadi patokan utama mengenai kualitas. namun kebanyakan harga yang murahan kualitas juga kurang bagus. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips memilih saklar dan kabel yang baik.

Membeli Saklar
Usahakan memilih saklar yang terbuat dari bahan mika dan konektornya minimal menggunakan bahan kuningan, ada logo SNI di body saklar. 

Membeli Kabel
Usahakan menggunakan kabel kawat jika lampu yang digunakan membutuhkan watt tinggi di tegangan 220V AC miisalnya ukuran 2,5 mm dan pastikan isolasi kabel juga tebal. Ada logo SNI di isolasi kabel.

Cara memasang Saklar Lampu
  • Sebelum dipasang alangkah baiknya didesign/ dirancang terlebih dahulu dimana saklar dan lampu akan dipasang.
  • Tentukan berapa panjang kebutuhan kabel, banyak saklar dan jumlah lampu.
  • Buatlah Jalur dimana kabel akan di pasang.
  • Pasang Kabel terlebih dahulu di bagian atap dan dinding rumah sesuai dengan letak saklar dan lampu yang sudah ditentukan.
  • Pasang fitting lampu di atap yang sekiranya bisa menerangi seluruh ruangan
  • Pasang Saklar lampu dengan ketinggian minimal 1,5 m dari lantai. tujuannya agar jauh dari jangkauan anak-anak dan menghindari banjir.
  • Selanjutnya adalah mencobanya, yang penting jika dipasang dengan benar maka lampu akan menyala.
Tips lainnya
  • Saat menghubungkan kabel kesaklar usahakan pilih yang fuse ( nyala saat di tespen), sedangkan yang ground tidak perlu di saklar.
  • Gunakan bahan yang berkualitas agar tahan lama dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Gunakan pipa paralon 1/2 inc sebagai isolasi tambahan kabel, hal ini bertujuan agar kabel awet dan terhindar dari kontak langsung dengan hewan/ air, selain itu juga bertujuan agar mengurangi bahaya kebakaran.
Mohon maaf jika gambar belum dilengkapi, mudah-mudahan dilain waktu bisa di lengkapi

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Membeli dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.