Tips Mengatasi suara hilang di Laptop/ Komputer

Pernahkah anda saat memutar musik atau video di laptop/PC namun tidak ada suaranya, meskipun volume sudah dibesarkan. Untuk mengatasi penyebab tidak adanya sound/ suara di laptop harus kita cek terlebih dahulu, apakah dikarenakan software (perangkat lunak) atau hardwarenya (perangkat keras). Oleh sebab itu berikut ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu.

Seperti yang kita ketahui agar PC/Komputer bisa berbunyi perlu adanya perangkat keras dan software pendukungnya yaitu driver sound. oleh sebab itu sebelum kita masuk ke hardware, sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah Driver sudah terinstal dengan baik di Laptop/ komputer, caranya perhatikan pada gambar device manager dibawah ini.

Untuk menampilkan gambar tersebut langkah-langkahnya adalah, klik kanan my computer / This PC - kemudian klik properties - klik device manager, maka akan muncul tampilan seperti diatas. selanjutnya cek di bagian sound apakah driver sound sudah terinstal atau belum, jika belum anda perlu menginstalnya terlebih dahulu atau lihat posting saya sebelumnya mengenai mencari tempat download driver terbaik.

Jika masalah diatas sudah teratasi namun laptop belum bisa mengeluarkan bunyi juga, berarti masalah ada
di hardware, jadi wajib kita bongkar Laptopnya, jika pada PC harus di cek dulu apakah menggunakan Speaker Internal atau tidak jika tidak yang perlu di cek adalah sound card komputernya. Namun jika yang diperbaiki adalah laptop, maka cek dibagian speaker yang biasanya ada dua buah. Untuk mengeceknya kita bisa minta bantuan sama multimeter, dengan saklar selector diarahkan ke ohm meter. Jika masih baik maka Jarum akan menunjuk mendekati 0, Jika sampai disini belum ketemu juga masalahnya, berarti ada masalah di bagian sound card laptop.
Berhubung Suond Card pada laptop sudah menjadi satu dengan Mesin ( Mother Board) maka jika belum menguasai areal itu, lebih baik bawa ke tukang service laptop saja, hehe. Maklum penulis juga kurang paham mengenai mesin laptop wkwk, semoga artikel ini bisa membantu atas apa yang anda cari. Jika ada tambahan mengenai kerusakan sound speaker laptop silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Tips Mengatasi suara hilang di Laptop/ Komputer"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.