Tips Membuka Usaha Loket Pembayaran Rekening Listrik Online

Membuka usaha pembayaran rekening listrik secara online memang sudah marak di Indonesia. Hal ini karena kemudahan metode pembayaran dan tidak ribet. Jenis usaha ini bisa dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok, seperti koperasi maupun komunitas tertentu. Usaha ini sangat cocok bagi seseorang yang hobi bekerja didepan laptop. Sebab transaksi dilakukan secara online kemudian bukti (struk) dicetak melalui printer. Biasanya tiap agen menyediakan aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran rekening listrik.

Cara Pembayaran listrik online ini biasa disebut dengan PPOB (Paiment Point Online Bank). Jenis usaha ini adalah legal sesuai dengan UU No 10 th 1998 jo No 7 th 1998 tentang perbankan (ps 1 butir 2) dan keputusan direksi PLN 021.K/0599/DIR/1995 tgl 23 Mei 1995. PPOB ini bisa untuk membayar tagihan listrik pasca bayar maupun prabayar (token listrik). Untuk itu sebelum melakukan registrasi atau mendaftar ke agen maupun bank, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan guna menunjang proses pembayaran listrik secara online ini.
Membuka Usaha Loket Pembayaran Rekening Listrik Online
Persiapan Sebelum Membuka Usaha
  • Menyediakan Tempat Usaha

Menyediakan tempat usaha adalah hal utama yang perlu dilakukan. Dengan begitu pelanggan bisa dengan mudah menemukan lokasi kita. Selain itu perlu disediakan spanduk atau pamflet yang berlogokan PLN. Agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak, ada baiknya menentukan lokasi yang strategis. Meski begitu sebenarnya bisa juga dilakukan dirumah saja, tanpa membuka kios atau kantor khusus.

  • Menyediakan Perangkat

Selain tempat hal lain yang perlu dipersiapkan adalah perangkat untuk memproses pembayaran listrik online. Diantaranya adalah:
PC atau Laptop
Tidak ada ketentuan mengenai spesifikasi laptop. Akan tetapi lebih bagus menggunakan versi terbaru. Yang penting tidak menggunakan jenis komputer publik.
Akses Internet
Masalah akses internet bisa melalui modem USB, Hospot (wifi), LAN dan sebagainya, Yang jelas akses internet lancar.
Alat Pencetakan
Untuk mencetak struk pembayaran listrik, maka kita membutuhkan printer. Untuk jenis printernya bebas, boleh menggunakan dot matriks, ink jet maupun laser jet.
  • Menyediakan Modal

Untuk menunjang proses pembayaran listrik online paling tidak kita harus memiliki modal. Masalah modal tidak harus banyak. Yang penting bisa diputar lagi setelah melakukan transaksi. Cara kerjanya hampir sama seperti menjual pulsa HP elektrik.  Bedanya kalau untuk pembayaran listrik uang didepositkan. 

Setelah persiapan diatas sudah tersedia, kini tinggal mendaftar ke agen loket pembayaran listrik online yang tersedia di kota atau daerah Anda. Jika tidak tahu coba tanyakan yang sudah membuka jasa pembayaran listrik online disekitar kita. Kalau bisa bertanya jangan pada dalam satu desa ya, nanti dikiranya ngajak saingan hehe. Namun jika ingin menjadi agen pembayaran listrik online, maka anda bisa datang ke bank terdekat yang menyediakan fasilitas ini. Seperti BNI, Bukopin dan sebagainya. Namun biasanya untuk menjadi agen memerlukan deposit yang lebih besar. Jadi kalau modal belum mencukupi sebaiknya dimulai dari bawah dululah. Yang penting dalam menjalani usaha tersebut selalu jujur kepada pelanggan, teliti dan juga telaten. Jangan lupa sering-sering berdo'a dalam menjalani tiap usaha, 

Keuntungan menjalankan bisnis pembayaran listrik online akan sangat bagus jika dijalani dengan benar. Biasanya setiap melakukan pembayaran akan mendapatkan fee dan juga keuntungan yang bisa ditentukan sendiri. Oleh sebab itu silahkan dicoba sendiri untuk proses dan pembuktiannya. Simak juga cara pembayaran rekening listrik via internet banking.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Tips Membuka Usaha Loket Pembayaran Rekening Listrik Online"

  1. Numpang promo ya Gan,
    Jika ada yang minat email ke banjarsyahbudin@gmail.com

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.