Frekuensi Global TV Hilang di Palapa D, Coba Solusi ini

Akhir - akhir ini sinyal channel Global TV menjadi gelap, entah apa sebabnya saya sendiri juga kurang tahu. Yang jelas frekuensinya  tidak hilang atau pindah dari palapa D. Biasanya sinyal yang paling minim adalah SCTV dan Indosiar. Namun kali ini justru Global TV yang hilang timbul signalnya. Channel ini berada pada freq 3933 H 6500 di satelit Palapa 113 namun saat ini sudah berpindah frekuensi dengan format mpeg4. Channel ini banyak diisi acara film-film luar negeri baik action maupun animasi. Untuk itu bagi yang mencoba cari solusi tapi belum ketemu, mudah - mudahan kali ini masputz.com bisa membantu.

Cara Mengatasi Global TV Gelap/ Hilang di TV Parabola

Update cara terbaru mencari siaran channel global TV yang hilang. Kemarin 7 Mei 2016 masputz.com mengamati channel ini hilang begitu saja di TV, namun sinyal masih ada, tetapi gambar tidak muncul. setelah itu saya lakukan scan ulang pada transponder channel tersebut. PID channel tersebut berubah yakni:

  • Video PID 033
  • Audio PID 032
  • PCR PID 033
Cara Mencari Siaran Global TV Service Tidak Tersedia

Biasanya akan ada tulisan servis tidak tersedia (service not available). Ini menandakan ada kesalahan setting Video PID. Untuk mengatasinya cukup lakukan scan manual saja pada transponder global TV. Namun jika belum ada fitur scan otomatis, cukup edit pid saja di receiver. Setelah dilakukan scan otomatis maka akan muncul frek channel GTV(mpeg2). Apabila tidak ada informasi sinyal maka lakukan langkah selanjutnya berikut ini.

Update lagi tanggal 2 Agustus 2016
Saat ini Global TV dengan frekuensi mpge2 lama sudah no signal, saat saya scan ulang yang muncul sudah ada format mpeg2 dan mpeg4. Untuk itu jika anda menggunakan receiver mpeg2 saat ini sudah bisa lock global TV. Namun jika receiver anda mpeg2 atau sudah mpeg4/ HD silahkan masukkan frekuensi terbaru GTV mpeg4 berikut;

Nama channel : GTV (H.264)
Frekuensi : 3934
Polariasasi : Horizontal
Simbol Rate : 7200
Video PID : 1210
Audio PID : 1220
PCR PID : 1210
Format Mpeg4/ FTA

Transponder GTV(MPEG-2)
Frekuensi : 4186
Polarisasi : Vertikal
Simbol Rate : 8800
Sid : 003
Format : Mpeg2/ FTA

Coba masukkan frekuensi terbaru Global TV tersebut dan lakukan scan ulang, jika kesulitan anda juga bisa lakukan blind scan pada receiver parabola.

Solusi selanjutnya jika no signal adalah dengan mengecek channel lainnya di palapa apakah ikut lemah atau tidak. misalnya channel RCTI atau metro TV. Perhatikan kualitas sinyal apakah. Jika ikut lemah maka pengecekan bisa dimulai dengan mencoba receiver lain, misalnya dengan pinjam punya tetangga dulu. Kalau hasilnya sama saja bisa dipastikan permasalahan ada di parabola. Untuk mengatasinya coba lihat mengenai cara memperkuat signal parabola yang lemah.

Frekuensi : 3933 
Pol  : Horizontal 
Simbol Rate : 6500

Sinyal Global TV Lemah di Palapa D

Namun jika sinyal RCTI atau channel lainnya kualitasnya masih bagus. Maka kita cukup lakukan sedikit pointing antena parabola. Caranya sama seperti kemarin waktu SCTV lemah, Untuk itu lihat cara tracking sctv dan indosiar.

Perlu diketahui bahwa saat melakukan pointing dish terkadang ada yang kesulitan, bahkan tidak jarang sinyal yang tadinya bagus justru jadi hilang. Oleh karena itu sebelum melakukan pointing dish, coba cek dulu kondisi antena parabola, apakah masih dalam kondisi bagus, tidak baling, tidak berlubang dan sebagainya. karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap sinyal. Khususnya pada frekwensi channel yang lemah sinyal.

Selain itu besar kecilnya dish, titik fokus LNB, Kualitas LNB, lokasi juga mempengaruhi kualitas sinyal. Untuk lokasi, kalau masih berada di seluruh wilayah Indonesia masih bisa dibilang aman. Karena termasuk posisi beam terkuat. Namun jika berada di negara lain seperti kemarin mas ivan dari new caledonia yang bertanya melalui email. Tentu hasilnya akan berbeda, apalagi untuk sinyal yang sangat minim, sudah pasti akan sulit untuk ngelock nya.

Jadi sebenarnya solusi untuk mengatasi sinyal global tv lemah caranya sama saja dengan mengatasi channel lainnya. Untuk itulah dalam memperbaikinya saya cantumkan link yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Jika ada pertanyaan atau masih ada yang bingung silahkan berkomentar?

Update terbaru 2 mei 2016
Saat ini Global TV menayangkan Formula 1 Grand Prix 2016, namun diacak dengan bisskey. Untuk menangani masalah lemah atau hilangnya sinyal diatas silahkan baca cara mengatasi masalah dalam menggunakan twin LNB parabola.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

57 Komentar Untuk "Frekuensi Global TV Hilang di Palapa D, Coba Solusi ini"

  1. freq sctv dan indosiar di tempat saya selalu ilang timbul pdhl sinyalnya kuat ap mslhnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kelemahan terletak pada disk parabola gan, coba agan cek parabolanya. sebelumnya pastikan disk para bola tidak terhalang oleh apapun, jika agan menggunakan jaring dan menggunakan dish para bola lama usahakan agan bersihkan dish dari karat dan lumut dan pastikan jaring terhubung semua tidak ada yang putus jika ada yang putus usahakan disambung lagi, dan coba tracking, dan jika agan menggunakan jaring2 plat perhatikan sudah berkarat gak disk para bolanya dan bentuk serta masih simetris nggak diameternya linkarannya, kalau dish plat yang sudah berkarat usahakan di chat lagi gan dengan arna cerah, putih atau silver dan jika dish tidak simetris lagi maka betulkanlah diskh paraola itu yang tidak simetris agar simetris kembali, karena dulu tetangga saya ada juga yang mengalami masalah yang sama seperti agan saya lihat disk para bola sudah tidak simetris dan banyak peot maka saya sarankan untuk chat silver dan saya ganjal posisi dish dengan kayu agar simetris dan ternyata hasilnya memuaskan gan transtv bisa lock sinyal 56% global 50 % dan indosiar 48 % sctv sama saja 50 %. untuk cara lain untuk mengatasi sinyal yang lemah agan bisa coba tips berikut karena panjang sekali kalau di jabarin disini http://computer-informatika.blogspot.co.id/2014/07/cara-memperbaiki-sinyal-channel.html

      Delete
  2. Memang dibeberapa jenis receiver ada yang spt itu, coba dulu dengan rx lain

    ReplyDelete
  3. Kalau teman ada yg kesulitan mentracking siaran pada satelit palapa&telkom coba gunakan reciver yg sdh mp 4,asal kondisi parabola tdkada kerusakan dijamin lebih mudah dlm tracking sinyal. Kalau semua sinyal sdh di dptkan pasang Kembali reciver aslinya kalau nanti ada siaran/sinyal yg hilang/lemah berarti kemungkinan besar reciver aslinya sdh nggk beres

    ReplyDelete
  4. bang bisa minta freq global tv...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk tracking sinyal memang sbnrya susah apa lagi klo kita sama sekali buta dengan pengaturan kemiringan parabola. Sblm me tracking sinyal langkah2 yg biasa saya lakukan adalah 1. tanam tiang parabola tegak lurus,pasang sekur spy tiang tdk goyang sewaktutracking 2. pasang prbla pd tiang usahakan ujung tiang tmpt mengencangkan 4 buah baut jgn kempot,klau kempot di potong ssaja lalu di isi kayu bulAt yg ngepres sama lobang tiang panjang kayu cukup 1 jengkal 3. Kencangkan 4 buah baut dengan tangan tdk perlu kencang yg pntng payung tidak goyang 4. Arahkan payung ke timur pakai kompas 5. Atur kemiringan kearah utara sktr 3,5° (ini di tmpt saya kota lahat, utk di tmpt anda silahkan cari di google kata kunci : letak geografis ....nama kota anda) 6. Mulai tracking dgn sinyal yg terkuat kalau saya sering pake NETTV. Biasanya dr tanda yg sdh saya buat (payung arah ketimur lalu ditandai dgn spidol) paling jauh saya memuta payung 3 jari dr tanda sdh dpt sinyal,posisi saya menghadap ke timur jg. Klau net tv sdh dpt mulai lihat sinyal yg lain klo ada yg lemah lgsg diperbaiki. Kalau semua sinyal sdh dpt tetapi global tv hilang itu berarti kemiringan arah utara blm pas. Frequensi global trans freq 3934 simbol rate 6500 polaritas H 22 k off

      Delete
  5. Tv global terkadang gak bisa, tp terkadang yo bisa, saya pake mpeg4 hd

    ReplyDelete
  6. signyal trans saya gan yang lemah gimana tuh

    ReplyDelete
  7. KalAu chanel Rcti sudah bagus.
    Tp global tv belum kelihatan padahal frekuensinya sdah benar.
    Apakah perlu menggerakan disk???

    ReplyDelete
  8. Dari tdi siang smpay sore tetap ajha, susah dapat kualitas tinggi GlobalTv, paling tinggi sinyalnya 20.. Gambar pun jadi acak-acak an..!!

    ReplyDelete
  9. Mungkin butuh kesabaran gan hehe.. dicoba lagi mudah2an bisa

    ReplyDelete
  10. Kalo yg lain gk bisa ya yg bisa aja. Saya suka trans tv telkom, kalo palapa global teman saya nanya rcti padahal sinal baik tapi super tlaten dan sabr muterin pipa lnb, miringkan payung kalo mau satu persatu bisa diliat. Gak bisa kompak kaya demo buruh jakarta haha. Capek deh"!

    ReplyDelete
  11. Banyak yg hilang krn hujan angin yg lmyn kenceng...
    yg no signal:
    PalapaD=globaltv no signal
    Telkom1=ok
    Asiasat5= 60% sinyal kurang kuat
    Asiasat7=95% ga nangkep sinyal (fail)
    Solusi...please?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya gmn? Mungkin Parabola berubah arah atau Baling

      Delete
  12. Mas harga receiver apa mnjamin kuatnya signal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga tidak menjamin, biasanya harga menyesuaikan fitur dan kualitas yang diberikan

      Delete
  13. Global TV tiada siginal langsung kat Kuching, Sarawak, Malaysia...

    ReplyDelete
  14. Admin pencerahanya cara mengatasi sinyal global tv dengan transtv.,tempat saya kalau globaltv yg bagus transtv hilang begitu sebaliknya, jika di buat tengah-tengah keduanya lemah, minta pencerahanya.

    ReplyDelete
  15. Mungkin jarak antar LNB kurang tepat, atau arah LNB kurang pas, btw berapa feed parabolanya?, kalau 6 feed dempet, 7 feed jarak 1cm dst.

    ReplyDelete
  16. Update terbaru bln mei, channel global tv pindah video pid = 033
    audio pid = 032
    pcr pid = 033
    frekwensi masih sama. Dengan nama GTV(MPEG2). Jadi solusinya adalah scan ulang transponder tersebut atau ubah manual vpid,apid dan pcr pid nya

    ReplyDelete
  17. terima kasih atas infonya...bermanfaat sekali gan..akhirnya tv favorit anak muncul lg..hehe

    ReplyDelete
  18. Rcti 19 mei 2016 hilang gan, gmna solusinya? Kualitas sinyal 50% intensitas siyal 73%

    ReplyDelete
  19. Thanks Gan skrang Global, y sdah Clink Lagi ga Gelap lagi...

    ReplyDelete
  20. Makasih infonya. Berhasil. GlobalTV muncul lagi :D

    ReplyDelete
  21. Terimakasih juga buat semuanya

    ReplyDelete
  22. glbal tv punya ane hilang. mohon minta frekuensinya gan?

    ReplyDelete
  23. baca lagi dengan posting diatas.

    ReplyDelete
  24. Bagi yg masih bingung, Penyebabnya ada pada 2 frekwensi dengan polarisai horizontal yg berada di depan Global TV. Coba cek di lyngsat.com, jarak mereka terlalu berdekatan. Teorinya bila dalam lokasi transponder yang sama, dan polarisasinya sama ada penggunaan frek yg berbeda-beda dan jaraknya hanya berkisar sekian "Mhz" maka bisa dipaspastikan sinyal nya akan saling mengganggu. Dan ujung-ujungnya SQ yg diterima pasti akan tidak bagus atau bahkan hilang bila ukuran dish kurang memadai.

    ReplyDelete
  25. Gan ini global sma mmc hilang gambarnya gmna cra ngatasinya (matrix turbo 3)

    ReplyDelete
  26. Makasi min atas saran dan infonya, akhirnya global tv nongol lg tuuh.....mantap!!!

    ReplyDelete
  27. Sama-sama mudah-mudahan blog ini bisa bermanfaat buat semua

    ReplyDelete
  28. Vidionya sob di sini hilang, resifet APPLE III

    ReplyDelete
  29. Tunggu besok gan, kayaknya masih perbaikan

    ReplyDelete
  30. PCR PID nya mana ?? ! nanggung ngasih infonya

    ReplyDelete
  31. maaf mau tanya, pada globaltv udah diganti frekuensinya tapi tetap tidak gambar, sinyalnya kuat dan ada suaranya... dan juga setelah saya scan hanya saluran radio yang muncul mpeg4, ada apa ya dengan parabola saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, milik saya juga setelah disetting frekuensi seperti di atas yg muncul radio Global TV.

      Delete
  32. bro gwe bisa ngembaliin tapi cuma suara2 aja,kaga ada gambarnya,mohon solusinya broo...

    ReplyDelete
  33. Saat ini yang aktif hanya untuk receiver mpeg4 / HD saja jadi pengguna receiver mpeg2 bersabar dulu mungkin beberapa hari kedepan sudah aktif.

    ReplyDelete
  34. Gan matrik burgerS2 ane dh mepg4 koq tetep g ada gambar,cuma suara aja

    ReplyDelete
  35. Nihil hasilnya,jika ad yg bru kbri ya

    ReplyDelete
  36. Bgaimna cara mngembalikan siaran rcti yg kehapus....di matrix apple111 gan

    ReplyDelete
  37. Tambahkan saja transponder baru RCTI atau bisa juga dengan blind scan

    ReplyDelete
  38. Ok siiipppp smua chanel MNC GROUP sudah kmbali normal,d mpeg2.hatur nuhun MNC,,,,,

    ReplyDelete
  39. Vidio audio pid berapa bos difreq 4186 smbl rate 8800

    ReplyDelete
  40. Gan apakan untuk recvr mpg2 sudah bisa untuk global tv rcti dan MNCTV ?? Mohon bantuannya min

    ReplyDelete
  41. SUdah gan, silahkan masukkan saja frekuensi mpeg2 diatas

    ReplyDelete
  42. SUdah gan, silahkan masukkan saja frekuensi mpeg2 diatas

    ReplyDelete
  43. kalau cuma pakai antena gmana solusinya min??
    yang diatas ane kurang ngerti, seriusan

    ReplyDelete
  44. Maksudnya UHF ya, klo itu arahkan antena ke BTS terdekat dan pake booster jika kualitas gambar buram jika kurang tinggikan antenanya, kalau diatas hanya khusus untuk antena parabola.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.