Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat Dalam Waktu Lama

Terkadang menonton televisi bisa menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Akan tetapi pernahkah kita menyadari kalau Nonton TV terlalu dekat sangat berbahaya bagi kesehatan?  Seperti yang dilansir dari Life's Little Mysteries (01/09), ada waktu ketika menonton televisi dalam jarak dekat akan mempengaruhi kesehatan mata. Mitos tersebut berawal pada tahun 1960-an. Saat itu perusahaan General Electric (GE) mengeluarkan produk satu set televisi yang memiliki pancaran radiasi 100.000 kali lebih banyak dari yang disarankan oleh ahli kesehatan.GE pun menarik kembali produknya dan memperbaiki pancaran radiasi televisi tersebut.

Di Indonesia sendiri tidak sedikit orang menyaksikan acara TV secara langsung dari dekat dalam waktu yang lama. Entah itu karena ada tayangan favorit atau ada even olah raga yang sedang dinantikan. Hal inilah terkadang jarang sekali orang menyadarinya. Meski sudah banyak orang yang tahu bahwa menonton TV terlalu dekat bisa merusak mata. 

Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat

Kalau dulu Televisi kebanyakan masih menggunakan tabung CRT, Namun TV Zaman sekarang ini sudah banyak yang menggunakan layar LCD, Plasma atau LED. Dengan adanya produk tersebut dimaksudkan agar resiko kerusakan mata akan berkurang. Meski begitu Menonton TV dekat-dekat dalam waktu yang lama tentu bisa memicu terjadinya penurunan fungsi pada bagian tubuh manusia. Apalagi bagi bayi, anak-anak maupun remaja tentu efek yang lebih buruk bisa saja terjadi. Seperti dikutip dari health.kompas.com bahaya atau akibat dari tindakan tersebut adalah sebagai berikut:

Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat
1. Resiko Sakit jantung
 Hal ini berdasar atas penelitian yang melibatkan 8800 laki-laki dan perempuan di Australia. Peneliti mengemukakan bahwa setiap satu jam dapat memicu resiko kematian akibat sakit jantung sebesar 18% hal ini berarti bahwa menonton TV lebihd ari 4 jam memiliki resiko kematian sekitar 80%.

2. Ganguan Tidur
Kadar melatonin akan berkurang jika terlalu sering nonton TV. Sehingga hal ini bisa menyebabkan tidur menjadi tidak teratur dan lelah.

3. Obesitas
Terlalu sering nonton TV bisa juga menyebabkan otot jarang bergerak. Hal ini tentu menggangu metabolisme dalam tubuh, sehingga penambahan berat badan bisa terjadi.

4. Resiko Asma
Di Inggris, sebuah penelitian mempelajari kebiasaan menonton TV lebih dari 3.000 anak-anak mulai usia bayi sampai 11 tahun. Hasil penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang menghabiskan 2 jam atau lebih menonton televisi per hari, dua kali lebih berisiko menderita asma.

5. Sakit Mata
Terlalu lama nonton TV bisa membuat mata terus terfokus pada Televisi, sehingga otot mata akan jadi tegang. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penurunan fungsi mata. Apalagi nonton TV dalam ruangan gelap. Resiko sakit mata jauh lebih besar.

6. Kurang bersosialisasi
Sering di depan TV tentu membuat orang jarang keluar rumah untuk bersosialisai. Hal ini bisa mengurangi interaksi sosial dimasyarakat, dan keluarga. Sehingga memicu terjadinya fobia sosial.

Dari beberapa bahaya akibat menonton TV tersebut, tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebab dizaman sekarang ini orang tua justru lebih memilih anak-anak mereka untuk nonton TV dirumah ketimbang bermain diluar bersama teman-temannya. Untuk itu jika Anda adalah sebagai orang tua harus lebih bijak dalam mengatasi hal ini. 

Selanjutnya bagaimana dengan Anda? 

Apakah Anda juga menonton TV terlalu dekat? 
Nonton TV sambil tiduran?
Nonton TV terlalu lama? 
Nonton TV dalam gelap?

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat Dalam Waktu Lama"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.