Manfaat dan Dampak Televisi Bagi Masyarakat

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa menonton Televisi tentu ada manfaat dan dampaknya bagi kita. Bagi masyarakat nonton TV pada umumnya hanyalah sebagai hiburan, karena kita tahu setiap acara yang ditayangkan di TV sangat bervariasi. Khususnya di Indonesia sendiri saat ini banyak sekali acara yang bagi sebagaian orang mendidik, kurang mendidik bahkan tidak mendidik. Seperti halnya Film atau Sinetron, Banyak orang berpendapat bahwa sinetron sekarang kebanyakan tidak mendidik. Karena adegan yang ditayangkan berbau kehidupan cinta para remaja, kenakalan remaja, kekerasan dan sebagainya. Selain itu seperti gosip dan juga tayangan dewasa justru banyak menjadi favorit bagi remaja dizaman sekarang. Untuk itu sebagai orang tua haruslah mendampingi atau paling tidak mengatur jadwal acara nonton TVnya. Apalagi acara tersebut ditayangkan pada jam prime time (waktu istirahat malam)
Manfaat dan Dampak Televisi Bagi Masyarakat

Untuk selanjutnya apakah manfaat menonton Televisi ?
1. Sebagai Media Belajar
Beberapa stasiun TV juga banyak yang menyiarkan acara yang edukatif tentang pembelajaran dan juga informasi dunia pendidikan. Hal inilah yang perlu kita manfaatkan dengan menyaksikannya agar anak-anak dan remaja zaman sekarang cepat tanggap dalam memperoleh informasi.

2. Sumber Informasi dan berita
Dengan menyaksikan berita dan informasi menarik lain di TV tentu kita akan banyak memperoleh informasi yang mungkin belum kita ketahui. Apalagi ditayangkan secara live di TV, sehingga fakta tentang informasi di TV bisa kita saksikan.

3. Hiburan keluarga
Memang selain sebagai media informasi Televisi juga menjadi hiburan dalam kehidupan keluarga. Dalam hal ini orang tua tentu harus pandai memilih acara yang cocok untuk di tonton bersama. Meski hanya sekedar hiburan akan tetapi jika bisa menontonnya bersama, tentu akan menambah keharmonisan dalam berumah tangga.

Selanjutnya apakah dampak menonton televisi?
Dampak Positif
Memperkaya Ilmu pengetahuan
Dengan menyaksikan acara mengenai hal yang berbau edukatif tentu akan memperkaya ilmu pemngetahuan bagi setiap orang.
Memperoleh hikmah  
Menyaksikan Sinetron/film yang mengandung hikmah, tentu bisa membuat orang sadar akan kehidupan didunia ini sehingga menjadikan diri kita hidup yang lebih baik.

Dampak Negatif
Mudah Malas
Seringnya menyaksikan acara tayangan TV bisa saja membuat orang malas, baik itu malas bekerja, malas belajar dan sebagainya sehingga hal ini bisa membuat pekerjaan tidak bisa tuntas.
Menjadikan orang lebih Konsumtif
Melihat banyak iklan bertebaran dengan produk baru yang mungkin saja sangat menggiurkan bisa saja menjadikan orang lebih konsumtif.
Mudah Lupa
Apa yang diingat hanya jadwal acara TV dan nonton TV saja. Sehingga apa yang menjadi tugas dan kewajibannya jadi terabaikan.
Bersifat Imitatif
Artinya apa yang banyak ditayangkan di TV menjadikan Orang ikut-ikutan dengan apa yang sudah ia tonton. Baik dari prilaku, sifat dan tindakannya.
Terserang Penyakit.
Mungkin secara fisik bisa saja menimbulkan banyak penyakit, akibat dari terus melototin TV mata jadi minus. Kurang Olah raga menjadikan orang gemuk dan sebagainya.

Nah itulah manfaat dan dampak dari nonton TV, mungkin bagi Anda yang membacanya silahkan menambahkannya sendiri jika ada yang kurang. Selanjutnya simak juga Cara Mudah Merekam acara TV . Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Manfaat dan Dampak Televisi Bagi Masyarakat"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.