Mengenal Elemen Pemanas Listrik dan Penggunaanya

Elemen pemanas listrik (Electrical Heating Element) Sebenarnya banyak kita jumpai pada peralatan kita dirumah. Seperti halnya Magic com, Setrika, Pemanas air listrik, Solder dan sebagainya. Semua itu memiliki komponen dasar yang sama yaitu elemen. Selain pada peralatan rumah elemen juga banyak dipakai pada mesin industri. Oleh karena itu elemen pemanas listrik memiliki fungsi yang sangat banyak dalam kehidupan kita.

Perlu kita tahu bahwa panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas listrik ini bersumber dari kawat yang memiliki tahanan listrik tinggi (Resistance Wire), Itulah mengapa saat terjadi panas kawat tersebut tidak leleh atau terbakar. Bahan yang sering dipakai adalah Niklin yang dialiri arus pada kedua ujungnya. Selanjutnya dilapisi oleh bahan isolasi yang dapat meneruskan panas dan aman untuk bisa kita gunakan.

Dari bentuknya elemen pemanas listrik ada dua macam yaitu:
Elemen Pemanas Listrik bentuk Dasar yaitu elemen pemanas dimana Resistance Wire hanya dilapisi oleh isolator listrik, macam-macam elemen pemanas bentuk ini adalah : Ceramik Heater, Silica Dan Quartz Heater, Bank Channel heater, Black Body Ceramik Heater

Elemen Pemanas Listrik bentuk Dasar
Elemen Pemanas Listrik Bentuk Lanjut merupakan elemen pemanas dari bentuk dasar yang dilapisi oleh pipa atau lembaran plat logam untuk maksud sebagai penyesuain terhadap penggunaan dari elemen pemanas tersebut. Bahan logam yang biasa digunakan adalah : mild stell, stainless stell, tembaga dan kuningan. Heater yang termasuk dalam jenis ini adalah : Tubular Heater Catridge Heater Band, Nozzle & Stripe Heater
Elemen Pemanas Listrik Bentuk Lanjut
sumber : http://penjualheater.blogspot.com/p/tentang-heater.html 

Hingga saat ini elemen pemanas (heater) sudah banyak sekali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk memasak, menyolder, menghangatkan air, bahkan sampai pada pengobatan. Untuk mengetahui bahwa elemen sudah rusak bisa kita ukur sama seperti mengukur spul atau coil pada umumnya.  Baca juga mengenai cara memperbaiki solder dengan mudah.
 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

10 Komentar Untuk "Mengenal Elemen Pemanas Listrik dan Penggunaanya"

  1. salam kenal masputz.
    saya gak punya basic di bidang kelistrikan nih, tp rencana saya mau membuat pemanas air menggunakan elemen pemanas yang disebutkan di atas. airnya tidak akan sampai mendidih, hanya untuk menghangatkan air saja.
    lalu elemen pemanas yang mana ya yang cocok? cara membuatnya apakah elemen tersebut tinggal di sambungkan ke kabel listrik?
    lalu apakah kalau pemanas tersebut sedang memanaskan air, airnya dapat menyetrum tangan apabila tangan dicelup ke air?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Kalau itu coba mas beli elemen untuk penghangat magic jar/ magic com. Nanti tempelkan di panci dan hubungkan ke listrik. Kalau masangnya benar tidak nyetrum gan . Selesai gan

    ReplyDelete
  3. Mao nanya gan kalo pengen bikin pemanas yang suhunya bisa dikontrol pake termostat, elemen langsung diberi dg thermostat atau perlu lewat telah dulu ? Kalo untuk oven pakai elemen jenis apa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Klo maslaah itu kita bisa mengntrol dibagian konsumsi daya/tegangan, artinya kita kontrol saja tegangan yang masuk ke elemen. Jadi dibuatkan saja rangkaiannya, dah banyak yang share gan

    ReplyDelete
  5. mau tanya nih gan.. saya selama ini bingung.. cara kerja elemen kan cuma di aliri arus listrik.. nah kok nggak konstlet ya..? kan di situ kutub negatif di pertemukan langsung dengan positif.??

    ReplyDelete
  6. agan bantuain donk element apa ya yg cocok buat pemanas plastik kemasan. speprti kmasan rokok gitu. tolong ya trims

    ReplyDelete
  7. Maksudnya sperti apa gan, kurang paham saya

    ReplyDelete
  8. Mau tanya Gan..
    rumus menentukan besaran watt yg dikeluarkan kawat filamen dg daya 220v.
    SyaratSyarat & ketentuan kawat bagaimana ya..?
    Trimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. Untuk membuat impulse sealer (press plastik) ukuran panjang 30cm dihubungkan langsung pada arus listrik 220v atau pake transformer stepdown bro?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.