Cara Mengganti dan Memasang Spul Speaker Corong (TOA)

Speaker corong biasanya banyak dipakai sebagai pengeras suara di masjid atau acara khusus. Kebanyakan yang dipakai adalah merk TOA, Kebetulan kemarin saya diminta perbaiki speaker corong punya masjid yang kata orangnya tidak bisa berbunyi lagi alias rusak, tidak tahu sebabnya kenapa yang jelas tiba-tiba saja speakernya rusak. Kalau dilihat dari bentuknya memang sudah begitu usang, kemungkinan speaker tersebut dipasang diluar ruangan terbuka tanpa ada diberi penutup/ payung. sehingga ada bagian yang berkarat atau lapuk.

Speaker TOA yang rusak sebaiknya tidak dibuang dulu, karena bisa saja yang rusak cuma spulnya, entah karena putus atau terjadi short. Untuk itulah pada kesempatan kali ini, masputz.com akan berbagi tips mengenai cara mengganti dan memasang spul pada speaker tersebut

speaker toa
Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengeceknya menggunakan multimeter pada kedua kabelnya dengan skala ohm. Apabila jarum bergerak mendekati 0 berarti speaker TOA masih bagus, namun jika tidak bergerak sama sekali, maka dapat dipastikan sudah rusak. Jika sudah rusak tentu kita harus membongkarnya terlebih dahulu, caranya adalah dengan membuka bautnya terlebih dahulu. 
Cara mengganti spul speaker corong
Perhatikan gambar diatas pada poin pertama buka keempat baut dibagian belakang, kemudian buka juga keempat baut dibagian depan seperti pada poin 2. Dengan begitu kita bisa mengambil spul dan magnet speaker corong tersebut. Buka lagi empat baut untuk membuka spul speaker yang masih menempel di magnet seperti pada poin 3. Dan yang terakhir kita ambil spul yang masih menempel pada magnet tersebut.
Cara memasang spul corong

 Untuk selanjutnya Coba kita ukur dulu spul speaker dengan multimeter apakah masih bagus atau sudah putus, dan saya kira tidak perlu diulang lagi caranya. Kemudian kita solder kedua kabel spul untuk mencopotnya. Perhatikan poin 3 dan 4, untuk membongkarnya kita bisa menggunakan cutter atau pisau tipis untuk mengupas lem yang melekat pada daun spul. pada poin 4 bisa kita lakukan jika besi magnet sudah tidak presisi dan tidak tepat ditengah akibat magnet bergeser. Namun jika terlihat masih bagus dan tidak kotor maka poin 4 tidak perlu kita lakukan.

Spul Speaker
Selanjutnya kita ganti saja dengan spul yang masih bagus atau yang baru. Caranya tentu lebih mudah dari pada memasang pada spul untuk speaker woofer atau full ring. Hal ini karena spul speaker corong memiliki daun, sehingga kita lebih mudah mengaturnya agar bisa tepat berada ditengah.

memasang spul toa
memasang toa
Dan yang berikutnya adalah mengelem bagian daun spul kemudian barulah kita menyoldernya dengan benar di kedua kabel spul dengan terminal. Setelah itu biarkan terlebih dahulu sampai lem mengering dan spul terpasang dengan kuat. Kalau sudah begitu tentu tinggal kita pasang lagi seperti semula. Untuk selanjutnya saya kira lebih mudah. Masak bisa bongkar tapi tidak bisa masangnya hehe. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara Mengganti dan Memasang Spul Speaker Corong (TOA)"

  1. kemarin magnet speaker toa di masjid hancur krn jatuh dari ketinggian atap ketika dibenahi di atap masjid,kira2 ada gk ya yg jual magnetnya?

    ReplyDelete
  2. Wah klo itu saya belum pernah maas. Coba cari di toko online

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.