Inilah Satelit Terbaru Asli Buatan Indonesia

Seperti yang sudah banyak diberitakan diberbagai media, bahwa Indonesia saat ini sudah memiliki satelit asli yang dibuat oleh anak bangsa, lebih kerennya lagi satelit tersebut dibuat langsung di dalam negeri. Satelit terbaru buatan Indonesia tersebut diberi nama LAPAN A-2 yaitu  satelit ekuatorial pertama Indonesia yang sepenuhnya hasil pengembangan para peneliti dan perekayasa Lapan. Seluruh kegiatan perancangan, pembuatan, dan pengujiannya telah selesai pada Agustus 2012 yang lalu di dalam negeri. Bobot satelit ini mencapai 78kg dan berdimensi 500 x 470 x 380 milimeter.

Lapan-A2 diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan Bumi. Dengan orbit dekat ekuatorial, LAPAN-A2 akan melintasi wilayah Indonesia 14 kali setiap hari dengan periode orbit 100 menit. Satelit ini diluncurkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan menumpang roket milik India Astrosat.

Satelit Lapan A-2
Satelit ini difungsikan sebagai pemantauan wilayah NKRI , yakni untuk menjalankan misi pemantauan lalu lintas kapal, operasi keamanan laut, perikanan, dan eksplorasi sumber daya kelautan Indonesia. Selain itu juga sebagai komunikasi pada kondisi darurat bencana dan kegiatan radio amatir dalam mendukung kepentingan nasional. Dengan bisa membuat satelit sendiri tentu akan menjadikan Indonesia jadi lebih maju dalam bidang pertahanan keamanan serta dalam memantau seluruh wilayah di Indonesia.

Bagaimana kerenkan Indonesia sekarang. Jadi kita wajib bangga sebagai warga negara Indonesia. Kalau Indonesia sudah bisa membuat satelit sendiri tentu kedepannya akan membuat stasiun roket juga. Seperti yang sudah banyak diberitakan oleh banyak media. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi sendiri situs resminya di lapan.go.id

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Inilah Satelit Terbaru Asli Buatan Indonesia"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.