Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker

Kita tentu tahu yang namanya speaker aktif yang biasanya digunakan sebagai pengeras suara didalam ruangan. Sehingga suara yang dihasilkan bisa jadi lebih keras dan enak untuk didengar. Didalam speaker aktif tentu ada speaker pasif yang terintegrasi dengan power amplifier dalam sebuah box. Makanya untuk mengaktifkannya kita tidak perlu lagi menambahkan amplifier lagi.

Sering kita lihat bentuk dari speaker pasif ini ada yang bulat, lonjong bahkan corong. Ada yang menggunakan magnet ada juga yang menggunakan kumparan saja didalamnya. Selanjutnya kalau kita lihat dari jenis speaker pasif ini ada beberapa hal yang harus diketahui, diantaranya adalah:
Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker

Jenis-Jenis speaker dilihat berdasarkan frekwensi

1. Sub Woofer
Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan frekwensi suara 20Hz - 200Hz, Sehingga kita dapat mendengarkan nada rendah atau full bass. Biasanya sub woofer dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, speaker aktif ruangan dan sebagainya. Untuk pemasangannya tentu membutuhkan box terpisah dengan speaker lainnya. Karena getaran yang dihasilkan cukup tinggi, makanya dibuatkan box tersendiri.

2. Woofer
Merupakan jenis Speaker yang dapat menghasailkan frekwensi rendah yaitu sekitar 40Hz - 1000Hz. Maka suara yang dihasilkan juga akan ngebass. Jenis ini banyak sekali kita temukan di hampir semua jenis speaker aktif ruangan. Jenis ini banyak sekali dijual ditoko-toko elektronik. Disamping itu speaker ini memiliki ukuran yang bermacam-macam, misalnya 4 Inch, 6 Inc, 8 Inc, 10 Inc, 12 Inc dan sebagainya. Untuk hasil suara yang bagus tentu harus dipasang pada box dan biasanya digabung dengan midrange dan tweeter.
speaker 3 way
speaker 3 way

3. Midrange
Jenis speaker ini mampu menghasilkan frekwensi menengah sekitar 500Hz - 5000Hz. Oleh sebab itu suara yang dihasilkan terdengar jelas seperti suara kita. Biasanya jenis ini banyak kita temukan pada speaker aktif 3 way.

4. Tweeter
yaitu jenis speaker yang menghasilkan frekwensi sekitar 5000Hz-20.000Hz. Sehingga suara yang dihasilkan akan sedikit melengking. Hampir semua speaker aktif juga dipasang jenis ini agar bunyi seperti melodi gitar, angklung bahkan kaca pecah bisa terdengar dengan jelas. Selain itu speaker jenis ini tanpa menggunakan box juga sudah bisa berfungsi dengan baik.

5. Full range
Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan nada rendah, menengah maupun tinggi. Oleh sebab itu jenis ini sering digunakan untuk speaker sound system atau luar ruangan. Karena suara yang dihasilkan dapat terdengar dikejauhan. Untuk ukurannya juga bervariasi seperti 10 inch, 12 inc, 15 inc, bahkan 18 inc.

Sering kita mendengar atau membaca adanya speaker 2 way atau 3 way. Lalu apa perbedaan speaker 2 way dan 3 way?
speaker 2 way
speaker 2 way

Speaker 2 way merupakan speaker yang memiliki 2 sistem frekwensi rendah dan tinggi. Untuk itu dalam pemasangannya kita bisa menggunakan jenis speaker woofer dan tweeter. Speaker 3 way berarti memiliki 3 jenis frekwensi yakni rendah, menengah dan tinggi. Sehingga lebih lengkap dan mampu menghasilkan audio frekwensi sekitar 20Hz - 20KHz. 

Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Mengenai speaker lainnya silahkan lihat pada artikel sebelumnya mengenai Speaker mobil terbaik tahun ini

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.