Utamakan Keamanan dan Keselamatan Kerja dalam Reparasi Elektronika

Dalam mereparasi barang-barang elektronika maupun peralatan rumah tangga, tentu kita harus memperhatikan beberapa hal yang harus kita waspadai saat pengerjaannya. Oleh sebab itulah kita wajib mengutamakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki maupun merakit barang elektronika. Jadi setelah anda membaca dan ingin mempraktekkan apa yang sudah dipublikasikan di blog ini maupun yang lainnya, maka saya pribadi menekankan beberapa hal yang perlu dilakukan demi keamaanan dan menghindari segala bentuk kecelakaan kerja. Hal ini karena banyak sekali ancaman bahaya kesehatan yang bisa saja terjadi tanpa kita sadari. Terutama bagi pemula dan belum berpengalaman dibidangnya.

Berikut ini adalah beberapa hal untuk menghindari kecelakaan kerja saat merakit dan mereparasi barang Elektronika.

Biasakan berdo'a sebelum dan sesudah mereparasi atau perakitan.
Hal ini bertujuan agar kita tidak sombong, sok tahu, sok pintar dan sebagainya sehingga membuat kita lupa diri dan tidak ingat siapa yang memberikan ilmu kepada kita. Selain itu juga bertujuan agar kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME. 

Dalam keadaan sehat dan tidak ada catatan kesehatan yang buruk
Saat bekerja pastikan anda dalam keadaan sehat dan tidak ada catatan kesehatan yang menimbulkan terjadinya hal buruk saat bekerja. Misalnya alergi debu, Jantung lemah, Buta warna, Mata minus, Tidak dalam keadaan stress, trauma dan sebagainya.

Gunakan pakaian khusus praktek.
Saat bekerja pergunakanlah pakaian dan perlengkapan khusus untuk kerja, misalnya 
  1. Baju yang memiliki isolator yang bagus, tidak mudah terbakar, ringan dan enak dipakai.
  2. Memakai Sandal atau sepatu memiliki penghantar listrik yang sangat buruk, seperti sandal atau sepatu karet.
  3. Menggunakan kacamata khusus praktek jika diperlukan.
  4. Menggunakan sarung tangan, jika berhubungan dengan barang yang mengandung bahan kimia berbahaya dan sebagainya.
Pergunakan peralatan kerja yang berkualitas baik, tidak cacat atau rusak.
Dengan menggunakan perlatan kerja yang memiliki kualitas bagus, maka pekerjaan akan lebih mudah dan terhindar dari bahaya kecelakaan kerja.  Misalnya kita gunakan obeng yang memiliki isolator buruk, maka bahaya tersengat listrik bisa terjadi. Selain itu kerusakan pada peralatan bisa menimbulkan kesalahpahaman dalam mereparasi elektronika.

Tempat kerja yang memadai
Pastikan tempat kerja yang bagus seperti:
  1. Instalasi listrik memadai
  2. Ruangan yang luas dan fentilasi udara yang baik.
  3. Meja kerja dan tempat duduk sesuai standar.
Konsentrasi dalam bekerja
Ketelitian dan keseriusan dalam menangani kerusakan maupun perakitan adalah hal utama agar barang yang kita servis cepat selesai dan normal kembali. Tidak bergurau, bercanda, iseng-iseng dan sebagainya. Dengan begitu kita lebih waspada saat bekerja.

Tidak sendiri saat bekerja
Sebaiknya saat bekerja tidak dilakukan sendiri, akan tetapi ada orang dewasa yang menemani. Hal ini bertujuan agar ada pertolongan jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Tersedia kotak P3K
Jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kita cepat bisa memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, sehingga tidak menjadi lebih parah.

Bersihkan dan Rapikan tempat kerja
Setelah selesai bekerja, jangan ditinggal begitu saja, terutama jika ada solder atau perlatan listrik lainnya yang belum dicabut kabel stekernya dari arus listrik. Selain itu agar kita tidak lupa menaruh peralatan atau komponen saat dibutuhkan.

Semoga K3 yang saya susun ini bisa dimengerti dan tidak diabaikan saat bekerja. Karena saya tahu di masputz.com ini, rata-rata berhubungan dengan panduan praktek, oleh sebab itu jika ada kegagalan dan hal yang tidak diinginkan, admin tidak bertanggung jawab atas semua kejadian yang anda alami. Sebagai saran sebaiknya dikerjakan dengan ditemani oleh orang yang ahli dibidangnya. Dengan begitu mudah-mudahan kita juga bisa mengantisipasi keberadaan faktor penyebab dan melakukan pencegahan sebelumnya. Terimakasih atas perhatiannya dan Semoga bermanfaat

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Utamakan Keamanan dan Keselamatan Kerja dalam Reparasi Elektronika"

  1. aku jadi senang bisa sering mampir ke blog ini.. kagum dgn adminnya yg profesional tp tetap rendah hati.. maju terus boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas atas supportnya, tapi menurut saya terlalu berlebihan kayaknya kalau adminnya profesional dan rendah hati. hehe

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.