Cara Mengetahui Jangkauan (beam) satelit TV Parabola

Sebelum kita melakukan proses tracking tentu kita harus tahu dulu jangkauan atau beam dari satelit yang akan kita lock. Dengan begitu kita tahu bahwa didaerah kita termasuk dalam area atau tidak. Karena jika tidak dalam jangkauan maka jangan heran jika ternyata kita belum berhasil menangkap satelit yang akan dilock.

Masing-masing satelit memiliki jarak pancar yang berbeda-beda. Itulah sebabnya jika kita berada diindonesia ini jika ingin menangkap satelit luar negeri, tentu harus memperhatikan hal ini. Selanjutnya bagaimanakah cara yang paling mudah untuk mengetahui beam satelit TV Parabola?

Untuk mengetahui beam sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita terapkan, namun cara paling mudah menurut saya adalah dengan mencari diinternet dengan mengetikkan kata kunci seperti:
Beam satelit Palapa, beam Satelit yamal 202, beam satelit intelsat 19, Jangkauan satelit Optus D1, Ses 8 , Zamjari dan sebagainya. Dengan begitu kita akan mendapati beberapa blog atau situs diinternet yang menginformasikannya. 

beam satelit tv parabola
Selain cara ini cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs yang menyediakan fasilitas satelit map. Seperti yang biasa saya lakukan caranya adalah:
  1. Kunjungi http://www.satbeams.com/satellites
  2. Selanjutnya akan anda lihat daftar seluruh satelit yang ada didunia. 
  3. Setelah itu carilah satelit yang akan dilock kemudian klik. 
  4. Maka akan muncul peta atau map mengenai jangkauan pada satelit tersebut.
  5. Hasilnya dapat anda lihat seperti gambar diatas, yang ditandai warna ungu adalah areanya.
Nah selain hal diatas, hal yang paling penting juga adalah kita wajib mengetahui peta lokasi kita sendiri. Karena percuma saja kita mencari beam satelit, jika kita tidak tahu area kita. Semoga sedikit artikel ini bisa membantu anda dalam proses menangkap sinyal satelit. Untuk selanjutnya silahkan baca juga mengenai Tips belajar tracking parabola bagi pemula.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengetahui Jangkauan (beam) satelit TV Parabola"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.