Bolehkah Menutup LNB Parabola Dengan Timba Plastik?

Tidak sedikit orang menutup LNB pada parabola dengan timba, atau botol plastik dengan maksud agar tidak kehujanan atau tidak langsung terkena sinar matahari. Pada dasarnya penutup LNB sudah ada dijual dipasaran, akan tetapi tidak semua toko antena parabola menyediakannya. Hal inilah yang menyebabkan orang memasang apa saja untuk menutup LNB, entah itu agar awet atau agar LNB tidak mudah rusak. Lalu bolehkah hal ini dilakukan?

Baiklah sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya kita perhatikan dulu bagaimana kualitas sinyal sebelum dan sesudah menutup LNB menggunakan timba atau botol plastik. Lalu adakah pengaruh tentang keawetan menggunakan penutup LNB tersebut.

Penutup LNB
Dari beberapa kasus yang pernah saya alami, memang penggunaan penutup LNB (bukan aslinya) dari timba plastik atau botol plastik bisa membuat LNB lebih awet ketimbang tidak menggunakannya, terutama pada daerah yang sering hujan. Hal itu dapat dibuktikan saat saya membongkar LNB dari parabola konektor dan LNB masih terlihat bagus, itulah sebabnya menutup LNB memang direkomendasikan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Bahan yang digunakan untuk menutup bukan dari logam seperti besi, kuningan, aluminium dan sebagainya. Karena dapat menghalangi signal satelit
  2. Tutup yang digunakan tidak terlalu lebar, artinya dipresskan saja.
  3. Terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyang
  4. Bahan tidak terlalu berat
Nah selanjutnya, apakah menutup LNB memiliki pengaruh terhadap sinyal?
Pernah suatu ketika saya memasang antena parabola tanpa menutup LNB, setelah semua channel ter lock semua barulah saya tutup LNB menggunakan timba plastik, Setelah di cek ternyata tidak ada pengaruh yang signifikan mengenai penurunan sinyal, jadi hal ini boleh saja asalkan memenuhi ketentuan diatas. 

Lalu bagaimana jika LNB tidak ditutup?
Untuk masalah ini memang saya sering melakukannya, akan tetapi dalam pemasangan konektor LNB harus benar-benar kuat, selanjutnya diberi lakban (isolasi). Namun saya lebih sering menggunakan alumunium foil (lakban alumunium) untuk membalut konektor LNB, hal ini saya maksudkan agar antara ground kabel dan LNB bisa terhubung dengan kuat. Sehingga air tidak mudah masuk kedalam konektor maupun LNB parabola.
 
Jadi sekarang bagaimana dengan Anda lebih memilih menutup LNB parabola atau membiarkannya terbuka. Itu terserah anda karena resikonya juga anda tanggung sendirikan hehe.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Bolehkah Menutup LNB Parabola Dengan Timba Plastik?"

  1. Salam kenal mass... dari saya di jambi...
    postingannya bagus2... nambah ilmu
    mohon terus berkarya, menulis dan tinggalkan prasasti Blogging yang pasti akan sangat bermanfaat untuk generasi kita selanjutnya......
    Semoga tetap diberi keberkahan dalam umur, rezeki dan kehidupan yang bermanfaat,,, amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Agus, Terimakasih support dan do'anya.

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.