Apa Pengaruhnya Jika Jarak antar LNB kurang tepat?

Beberapa orang terkadang mengabaikan hal ini, yaitu masalah jarak antar LNB. Mungkin jika yang dilock adalah satelit palapa dan telkom bisa saja kebetulan pas, akan tetapi jika yang dilock adalah satelit lain atau dengan 4 LNB maka pengaruhnya akan terlihat jelas. Contoh kecil saja misalnya kita memasang antena parabola mesh 7 feet dengan dua buah LNB, karena tidak tahu jaraknya kemudian dipasang saja pada bracket dengan posisi palapa dilobang fokus sedangkan telkom di lubang yang bisa disesuaikan. Nah LNB2 atau telkom dipasang ditengah-tengah. Mungkin hal ini masih bisa dengan catatan Satelit palapa terlock dengan maksimal namun telkom masih kurang. Karena kita tahu disat telkom yang paling sering dicari adalah channel Trans7, TransTV dan ANTV sedangkan yang lainnya diabaikan saja. Jadi dengan begitu channel lokal sudah bisa terlock semua.

Hal ini tentu berbeda jika kita menggunakan 4 buah LNB. Jaraknya kurang sedikit saja bisa-bisa satelit yang lain akan hilang, misalnya satelit palapa,telkom,asiasat3/7 dan asiasat5. Saat kita tracking palapa dengan maksimal kemudian asiasat 5 hilang sinyal, saat kita maksimalkan asia5 gantian palapa yang hilang. Itulah salah satu pengaruhnya jika jarak antar LNB tidak tepat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Perhatikan ilustrasi berikut
jarak lnb yang kurang tepat
 Pada gambar diatas dapat kita lihat satelit asiasat5 pantulan signal tidak tepat mengenai LNB sehingga saat parabola dimaksimalkan ke palapa, maka sat asiasat5 hilang sinyal. Begitu juga sebaliknya.
lnb yang tepat
Selanjutnya pada jarak yang tepat, sinyal akan maksimal pada masing-masing LNB. Lalu bagaimana biar jaraknya bisa tepat?
Sebelumnya sudah diposting mengenai cara menentukan titik fokus parabola. Silahkan dibaca dulu, selanjutnya mengenai jarak tentu semakin kecil antena parabola semakin merapat jarak antar LNB, semakin besar dish maka semakin jauh jaraknya. Oleh sebab itu berikut adalah tipsnya versi masputz.com:
  1. Lock dahulu satelit termudah yaitu palapa dan telkom sampai maksimal
  2. Kemudian ukur jaraknya dengan penggaris, misalnya kita dapatkan 3 cm, maka dapat kita kalkulasikan bahwa 113 derajat ke 108 adalah 2,5 cm. 
  3. Kemudian coba kita kurangi 113 - 108 = 5 derajat
  4. Berarti tiap 5 derajat jaraknya 2,5 cm.
  5. Kalau begitu 1 derajat jaraknya adalah 0,5 karena 2,5 : 5 = 0,5
  6. Sekarang jarak telkom ke asiasat3/7 adalah 108 - 105 = 3 berarti sekitar 1,5cm karena 0,5 x 3 = 1,5
  7. Selanjutnya jarak asiasat3 ke asaiasat5 105 - 100 = 5 berarti sekitar 2,5
Nah begitulah tips singkat untuk mengetahui jarak antar LNB. Selain jarak hal yang berpengaruh adalah mengenai arah LNB dan juga parabola. Sebab jika jarak sudah pas kalau arah LNB tidak tepat ya sama saja. Makanya untuk lock keempat satelit tersebut biasanya saya lock dulu palapa dan asiasat5 atau LNB ujung dengan ujung. dengan begitu yang lain tinggal menyesuaikan jaraknya saja. Bagi yang sudah berpengalaman mungkin hal ini tidak diperlukan lagi, namun bagi yang belum pernah semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

12 Komentar Untuk "Apa Pengaruhnya Jika Jarak antar LNB kurang tepat?"

  1. Artikel yg menarik. Akan lebih afdhal jika ilustrasi gambarnya dikoreksi. Refleksi sinyal parabola bisa digambarkan sebagai sifat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan... Terima kasih atas sarannya. Mohon bimbingannya juga.

      Delete
  2. artikel menarik nech masputz. dari ilustrasi yg ada, sy jd bingung apa fungsi dish dibuat berbentuk parabola dengan berbagai ukuran (feet). kalo semua sinyal satelit DATANG, TEPAT di titik dasar parabola, berarti kita bisa gantiin dish parabola dengan flat ukuran 1x1 cm aja. mohon pencerahannya mengenai Skema Pantulan Sinyal Satelit di Dish Parabola ? trmksh

    ReplyDelete
  3. Untuk ukur jarak antar lnb pakai cara otomatis saja biar lebih mudah download saja disini http://bisskeyterbaru.blogspot.co.id/2014/08/rumus-otomatis-hitung-jarak-multi-lnb-parabola-dalam-1-dish.html bisa hitung jarak lnb lebih dari 4 sekaligus dan sangat akurat gan.. Coba saja

    ReplyDelete
  4. Salam mas putz.. Saya ada masalag dengan reciver drumah. Merk goldsat,twin knb dengan 6 ft disc.
    1. Siaran di palapa khususnya sctv dan indosiar loadingnya kok lama ya. Sementara ganti ke yang lain langsung dapet.
    2. Pada siang hari, siaran di telkom perlahan lahan sinyalnya melemah dan sampai hilang semua, jam 4 sore dapet lagi.
    .Ohon pencerahannya mas putz.

    ReplyDelete
  5. Untuk no. 1 Memang beberapa receiver model lama, banyak yang mengalami hal tersebut. Untuk mengatasinya ya migrasi ke rx yang baru.
    No.2 Bisa jadi LNB, antena parabola bisa juga receiver. namun kebanyakan karena antena parabola yang baling dan LNB lemah.

    ReplyDelete
  6. aq y ngalami sinyal brgantian gan.. trz gmn cra atasinya

    ReplyDelete
  7. ohh, berarti sistem parabola itu mantul ya mas,,, dari satelit mantul ke dish lalu baru ke lnb... yayayaya

    ReplyDelete
  8. Selamat siang mazputz. Brp jarak antar 4 lnb dlm dish 7ft jaring utk lock palkom asiasat7 n asisat5.dan lnb fokus yg mn. Mohon pencerahannya. Maaf masih pemula. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AGak dempet gan, yang fokus adalah telkom dan siasat 7 gan. Jadi urutannya adalah palapa, telkom asiasat 7 dan asiasat 5

      Delete
  9. Selamat malam Mas Putz. Saya sudah berhasil ngelock palkom,asiasat7,asiasat5. Sy rencana mau ngelock intelsat17 n nss12 dlm satu dish 7ft jaring. Yg ingin sy tanyakn, sat mana yg menjadi fokus dan brp jarak antara kedua lnb tsb. Terima kasih atas semua pencerahannya.

    ReplyDelete
  10. Sebaiknya yang menjadi fokus adalah satelit yang kualitas sinyalnya lemah gan, Mungkin agan mau lock channel Sport24 sama sony HD ya. Jadi dilokasi agan mana yang lebih lemah sinyalnya taruh di fokus. Masalah jarak tergantung dish dan selisih derajat satelitnya gan. menurut saya dicoba dulu saja.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.