Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Beserta Fungsinya

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak sekali macam-macam dan jenisnya. Apalagi dizaman sekarang ini perkembangan teknologi semakin maju dan terus berkembang, misalnya pada perangkat TIK tradisional kita mengenal adanya alat hitung nah sekarang ini alat tersebut sudah tergantikan dengan yang namanya kalkulator maupun Komputer. Keberadaan komputer juga mengalami perkembangan yang begitu pesatnya, sehingga muncullah komputer ukuran mini yang multi fungsi seperti notebook, laptop, tablet dan sebagainya. Semua itu adalah perangkat canggih yang juga termasuk dalam kategori Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.

Perlu kita tahu bahwa perangkat Teknologi Informasi adalah perangkat atau sarana yang menampilkan informasi kepada kita. Sedangkan Perangkat teknologi komunikasi adalah perangkat/ sarana untuk bisa saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini sudah banyak perangkat yang mampu menampilkan informasi dan juga sebagai komunikasi. Contohnya seperti Tablet, Smartphone android dan sebagainya. Bahkan yang namanya komputer saja jika kita tambahkan perangkat eksternal seperti modem, wifi dan sebagainya, maka komputer tersebut akan menjadi perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Karena kita bisa internetan, browsing sana-sini dan melakukan komunikasi seperti chatting, YM atau video call.

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Beserta Fungsinya
Selanjutnya yang namanya komputer tentu juga bervariasi ada komputer pribadi atau disebut PC, ada juga komputer server dan sebagainya. Itu semua adalah bentuk dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Nah untuk selanjutnya masputz.com juga akan share mengenai berbagai macam perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada disekitar kita.

Contoh Perangkat Teknologi Informasi
PC/ Laptop
Merupakan perangkat yang bisa kita gunakan untuk menampilkan Infomasi yang terdiri dari software dan Hardware, Komputer atau Laptop dapat bekerja karena adanya kita sebagai pengguna. Pengguna memerintahkan komputer untuk melakukan proses yang kita inginkan sehingga pengguna akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Kalkulator
Merupakan alat hitung yang banyak dipakai oleh para pengelola keuangan atau para pedagang untuk menjumlahkan, mengurangi, mengalikan dan sebagainya. Seiring perkembangan zaman kalkulator juga dilengkapi dengan perhitungan trigonometri, pangkat dan akar, sehingga banyak juga dipakai para pelajar.
Televisi
Merupakan media informasi audio dan visual yang banyak kita temukan disetiap rumah. Anda pasti juga sudah mengenalnya. Fungsinya adalah menyiarkan informasi dari stasiun Televisi. Tayangan pada TV juga bervariasi seperti, Berita, film, olahraga, musik dan sebagainya. Oleh sebab itu perangkat ini selain sebagai media informasi juga sebagai hiburan.
Radio
Mungkin saat ini radio sudah mulai banyak ditinggalkan karena perangkat ini hanya dapat menginformasikan suara saja. beda halnya dengan TV, oleh sebab itu untuk menunjang keberadaan teknologi, radio saat ini juga banyak di share melalui media online seperti radio streaming bahkan melalui satelite. Sehingga jangkauannnya menjadi sangat luas. Fungsinya juga hampir sama dengan TV hanya saja tidak ada visualnya
Koran dan Majalah
Kalau Radio saja sudah menurun apalagi dengan koran atau majalah. Untuk saat ini majalah juga bisa kita dapatkan secara online. Sehingga koran atau majalah cetak sekarang banyak dipublikasikan untuk kalangan tertentu saja. Fungsinya adalah menampilkan informasi, baik berita, olahraga, politik dan sebagainya dalam bentuk media cetak.
Kamera Digital
Kamera digital dulu menggunakan klise yang pencetakannya agak rumit. Berbeda dengan sekarang yang proses pencetakanannya banyak yang menggunakan printer. Fungsinya adalah untuk mengambil gambar/ memotret.

Contoh Perangkat Teknologi Komunikasi
Telepon
Merupakan alat untuk berkomunikasi melalui suara. Biasanya setiap telepon memiliki nomor sendiri-sendiri. Jadi untuk menggunakannya kita harus melakukan dial ke nomor yang dituju.
Walky Talky/ handy Talky
Sama halnya dengan telepon walky talky juga alat komunikasi melalui suara, hanya saja tidak menggunakan nomor dial dalam penggunaannya. Alat ini banyak dipakai oleh para petugas kepolisian, maupun suatu tim/ kelompok untuk bisa saling berkomunikasi.
Faximilie
Biasanya disebut dengan Fax saja. Yaitu alat komunikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima teks secara tercetak. Printer zaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan perangkat ini. jadi teks yang dikirim bisa langsung tercetak melalui printer.
Dan lain-lain seperti surat elektronik, telegraph

Contoh Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Smartphone dan Tablet
Smartphone, handphone atau tablet merupakan perangkat yang bisa dikatakan multi fungsi, hal ini juga tergantung dari fitur yang diberikan oleh perangkat tersebut. Namun secara umum alat ini bisa kita gunakan untuk:
  • Menelpon dan menerima
  • SMS (Short Message)
  • Internet
  • MMS
    Kamera
  • Memutar Video/ Musik
Bahkan dibeberapa ponsel atau smartphone zaman sekarang sudah lebih mirip dengan yang namanya komputer/ laptop. Sehingga bisa juga untuk mengetik surat/ tugas, nonton TV, Radio, GPS dan sebagainya sehingga perangkat inilah yang saat ini banyak digemari oleh setiap orang karena fitur yang diberikan sudah mencakup sebagian besar perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu PC/ Laptop zaman sekarang juga sudah memiliki fitur informasi dan komunikasi. Sehingga saat ini perangkat sudah semakin canggih dan saling terintegrasi. Itulah beberapa pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat buat anda semua. Baca juga mengenai Tinggal dipedalaman bukanlah alasan untuk tidak kenal internet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Beserta Fungsinya"

  1. semoga dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju akan memberikan dampak yang lebih positif dibanding negatifnya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.