Mengenal Berbagai Macam Alat Elektronik Rumah Tangga

Peralatan elektronik rumah tangga sebenarnya banyak sekali macam dan jenisnya. Alat tersebut biasanya dipergunakan untuk membantu pekerjaan kita dirumah. Selain dipergunakan dirumah, tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk berdagang atau membuka usaha kecil-kecilan. Karena dengan bantuan alat rumah tangga maka pekerjaan yang kita lakukan jadi lebih mudah dan cepat. 

Banyak sekali produsen alat elektronik rumah tangga berlomba-lomba untuk menciptakan produk dan inovasi yang baru agar disukai dan dapat diterima oleh konsumennya. Karena kita tahu bahwa diIndonesia sendiri produk elektronik rumahan begitu banyak diminati, terutama untuk produk dengan harga yang murah. 

Nah berikut ini adalah beberapa perlatan elektronik rumah tangga yang banyak digunakan disekitar kita.
Macam Alat Elektronik Rumah Tangga
1. Mesin cuci
Mesin cuci menjadi alat elektronik rumah tangga yang begitu populer di masyarakat, karena alat ini bisa membantu kita untuk mencuci pakaian, piring dan sebagainya sehingga kita tidak terlalu capek saat mencuci pakaian maupun piring. Jenis mesin cuci pakaian juga banyak sekali ada yang menggunakan 1 tabung atau 2 tabung dengan menggunakan sistem manual atau digital. Sedangkan untuk mesin cuci piring saat ini masih tergolong minim penggunanya. Mungkin hanya untuk kalangan ekonomi atas. lihat juga harga mesin cuci dan laundry

2. Mesin Pendingin
merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan, makanan atau minuman. Mesin pendingin sendiri banyak sekali macamnya, misalnya untuk mendinginkan ruangan ada yang namanya AC (Air Conditioner). Sedangkan untuk mendinginkan makanan dan minuman adalah kulkas atau lemari es. Selain itu ada juga dispenser pendingin yang juga berfungsi untuk mendinginkan air dalam galon. 

3. Mesin Penghalus Makanan/ Minuman
Untuk yang satu ini biasanya orang memakai blender, yaitu sebuah alat yang bisa kita gunakan untuk menghaluskan bumbu masakan, buah-buahan, Es dan sebagainya. Peralatan ini juga bisa dikategorikan sebagai peralatan dapur. lihat juga daftar harga blender terbaru

4. Alat Pemanas
Magic com/ Rice cooker
Yaitu alat yang berfungsi untuk memasak nasi (rice cooker) sekaligus menghangatkannya agar bisa bertahan lama. Jadi dengan adanya alat ini kita jadi dimudahkan dalam menanak nasi, karena tinggal colok listrik, beras dan air yang kita masukkan akan otomatis masak dengan sendirinya.
Pemanas air
Pemanas air banyak sekali model dan bentuknya. Ada yang berbentuk seperti teko maupun model elemen yang dimasukkan ke air. Selain itu ada juga untuk memanaskan air dari galon yang disebut dispenser pemanas.
Pemanas makanan
Pemanas makanan biasanya berfungsi untuk memasak lauk pauk dan makanan lainnya. Kita tentu mengenal yang namanya microwave/ Oven yaitu alat pemanggang daging, roti, dan sebagainya. Jadi dengan alat tersebut kita tidak perlu lagi membuat bara api untuk memanggang ikan atau daging lainnya. Selain itu ada juga Kompor listrik yang sebenarnya juga sama, modelnya saja yang berbeda. Yaitu untuk memasak layaknya kompor gas atau minyak tanah.
Pemanas ruangan
Mungkin yang satu ini masih jarang digunakan, maklum saja diIndonesia yang beriklim tropis tentu tidak ada salju, meskipun ada udara dingin tentu tidak sampai minus derajat celcius.
Setrika
Siapa yang tidak tahu setrika, pasti semua juga sudah tahu. Sebenarnya alat ini juga pemanas, karena didalamnya memakai elemen pemanas juga. Namun fungsinya saja yang berbeda, yaitu menghaluskan pakaian biar tidak kusut.

5. Mesin jahit listrik
Kebanyakan alat ini banyak dipakai oleh penjahit rumahan. Karena dengan alat ini pekerjaan menjahit pakaian jadi lebih cepat dan memiliki hasil yang bagus.

6. Alat penyedot debu
Penghisap debu biasanya banyak dipakai oleh kalangan menengah keatas. Fungsinya adalah untuk membersihkan debu dirumah, bahkan yang ada disela-sela karpet atau lantai. Sehingga ruangan akan jadi lebih bersih dan nyaman.

7. Kipas Angin
Sebenarnya alat ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dirumah, makanya udara yang tertiup oleh kipas terasa dingin. Atau lihat harga kipas angin rumahan terbaru

8. Lain-lain
Maksudnya lain lain itu ya silahkan ditambahkan sendiri, karena kita tahu bahwa semakin hari tentu tekhnologi baru akan bermunculan. Misalnya perangkap nyamuk, pengharum ruangan, dan sebagainya

Lalu bagaimana dengan TV, DVD player, Speaker aktif, komputer dan sebagainya, apakah bukan termasuk alat rumah tangga? Silahkan anda jawab sendiri hehe.. Perlu kita tahu peralatan tersebut tergolong dalam home entertainment. yang berfungsi sebagai hiburan, informasi, dan sebagainya.
Semoga sedikit artikel ini bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Mengenal Berbagai Macam Alat Elektronik Rumah Tangga"

  1. Terimakasih atas infonya izin shaerd untuk belajar di rumah kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.