Bagaimana Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas?

Dulu saya mengira laptop yang bagus adalah yang modelnya keren dan harganya mahal. Tapi tidak salah juga memang, namanya juga masih anak-anak ya begitu adanya. Namun seiring dengan berjalannya waktu sedikit demi-sedikit akhirnya saya sedikit tahu bagaimana sih cara memilih laptop yang bagus?. Hal itu bermula dari beberapa pasien yang kebetulan nyerviskan laptopnya ketempat saya (meski saya belum begitu menguasai servis laptop). Hampir semua laptop yang beredar diIndonesia sudah pernah saya pegang (cuma megang doang). Untuk hardware yang sering rusak adalah Baterai, keyboard, RAM, dan Motherboard. Baterai laptop memang menjadi kendala pertama bagi pengguna laptop, karena mudah sekali low bat atau short. Oleh sebab itu saya anjurkan baca dulu mengenai penyebab baterai laptop cepat habis.

Selain hardware software juga menjadi kendala bagi pengguna laptop, entah itu terinfeksi virus, crash, blue screen, hang dan sebagainya. Yang jelas permintaan utama adalah install ulang (meski tidak semua). Namun Install ulang adalah salah satu jalan utama agar laptop bisa fresh kembali. Meski pada dasarnya kerusakan softwarenya tidak begitu parah, tapi kebanyakan tukang servis laptop langsung menginstallnya. 
Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas
Images: geforce.co.uk
Dari beberapa masalah diatas, terkadang orang berpikir kenapa sih laptop saya koq cepat rusak, lalu merk dan tipe laptop apa yang paling bagus?. Nah disitulah timbul sebuah pertanyaan yang belum tentu setiap orang akan sama jawabannya. Untuk itu berikut masputz.com akan share mengenai tips memilih laptop yang bagus.

1. Untuk apa Laptop itu digunakan?
Yang pertama adalah mengenai penggunaan si laptop itu sendiri mau dipakai untuk apa, misalnya untuk design grafis, main game, atau perkantoran. Jika hanya untuk perkantoran, rata - rata laptop sekarang semuanya bagus dan cocok untuk perkantoran. Karena paling-paling digunakan untuk Mengetik, menghitung dan mencetak dokumen. Berbeda jika kita gunakan untuk main game atau mengolah grafis seperti foto atau video. Untuk main game yang berat sebaiknya kita gunakan jenis laptop khusus gaming atau lihat postingan sebelumnya mengenai laptop untuk main game, Hal ini karena untuk main game berat, membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Baik itu RAM, Processor, graphics dan sebagainya. Begitu juga untuk mengolah grafis atau video tentu kualitas dan hasil video yang bagus sangat dibutuhkan, oleh sebab itu jika untuk mengolah video sebaiknya menggunakan PC /komputer saja, apalagi jika harus ON terus. Kalau pakai laptop biasanya panas berlebih bisa terjadi. Sehingga laptop mudah panas dan cepat hang. Namun jika hanya untuk mengolah foto saja laptop gaming juga cocok.

2. Siapa pengguna laptop tersebut?
Memang terkadang kita tidak berpikir sampai disitu, dipakai untuk anak-anak, remaja atau dewasa. Kalau untuk anak-anak mending kita belikan yang standard saja, namun bermerek sebab anak-anak biasanya hanya digunakan untuk menggambar dengan aplikasi standard, mengetik dan sebagainya. Sedangkan bagi remaja ini kalau nggak main game, internetan ya memutar musik/ video. Jadi laptop yang pas tentu memiliki spesifikasi yang tinggi. Sebab remaja terkadang suka yang aneh-aneh dan mencoba hal baru. Makanya hal spec yang bagus tentu sangat dibutuhkan. Berbeda kalau bagi orang dewasa khusunya para pekerja. Maka pilihan laptop tergantung dari penggunaan itu sendiri seperti point nomor 1.

3. Sesuaikan dengan Kondisi keuangan
Yang ketiga untuk memilih laptop yang bagus juga harus disesuaikan dengan budget yang tersedia, jangan sampai kita beli laptop, kredit dan tidak mampu mengangsurnya. Wah bisa berabe akhirnya. Untuk itu pilihlah merk dan tipe laptop sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Kalau kita bisa beli laptop dengan spesifikasi Prosessor intel atom, RAM 1 GB Hardisk 160GB ya, itu dulu. Namun perlu kita perhatikan juga penggunaanya, jangan sampai spesifikasi segitu tapi di Install yang aneh-aneh, bahkan spesifikasi yang dibutuhkan software lebih tinggi ketimbang spesifikasi laptop anda.

4. Pilih merk yang sudah terkenal berkualitas
Setiap orang kalau ditanya mengenai jenis laptop yang bagus itu apa, belum tentu jawabannya sama. Namun kita bisa melihat merk dan tipe laptop apa yang paling banyak digunakan oleh orang disekitar kita, Selanjutnya kita cermati mana yang masih awet dan mana yang cepat rusak. Kalau saya biasanya ya melihat dari banyaknya pengguna yang sering datang kesaya, kalau misalnya merk A sering diservis, maka tentu merk tersebut bukan menjadi pilihan yang bagus.

Itulah beberapa tips mengenai cara memilih laptop, selanjutnya, bagaimana cara kita melihat spesifikasi laptop agar kita bisa sesuaikan dengan point diatas. Kebetulan Laptop saya pakai OS Windows 8, namun caranya juga tidak jauh berbeda dengan versi OS sebelumnya. Nah berikut adalah caranya:
  • Klik kanan pada Start (gambar windows), Pada Win 7, XP, Vista klik kiri
  • Kemudian klik run
 
Klik kanan pilih run
  • Maka akan muncul tampilan RUN
  • Ketikkan dxdiag pada kotak open lalu klik OK
kotak run
  • Selanjutnya anda akan melihat tampilan spesifikasi laptop/ PC anda yang terdiri dari menu System, Display, Sound dan Input.
dxdiag
Bagaimana mudah bukan, Jadi dalam memilih laptop tips diatas adalah sebagai pertimbangan saja, namun tidak ada keharusan anda untuk menerapkannya. Oleh sebab itu cara terbaik adalah sering mencari informasi baik dari internet, teman atau para ahli dibidangnya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Bagaimana Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.