Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Memutar File Video

Pernah suatu ketika seseorang datang ketempat saya kemudian beliau mengatakan bahwa laptopnya tidak bisa untuk memutar file video, padahal laptop masih bagus dan baru saja beli. Kemudian saya coba cek dengan mengaktifkan laptop tersebut. Sistem Operasi yang dipakai adalah OS Windows 7 dengan spesifikasi processor intel atom RAM 1 GB dan HDD 250GB. Lalu saya coba putar file video didalamnya yang kebetulan waktu itu adalah 3GP. Dan memang benar file tersebut tidak bisa diputar. Hal ini karena tidak adanya software atau aplikasi pemutar video format 3GP. Makanya video tersebut tidak bisa diputar. Biasanya format 3gp adalah video untuk Handphone atau smartphone. Namun file tersebut juga bisa diputar melalui laptop atau komputer.

Banyak orang beranggapan bahwa video tidak bisa diputar di laptop adalah karena laptopnya tidak support atau bahkan rusak. Hal ini memang bisa saja terjadi, namun sebelum mengklaim bahwa laptop rusak atau tidak support, maka sebaiknya kita cek dulu apakah memang benar laptop yang bermasalah atau adanya software yang tidak mendukung. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan jika mengalami kendala seperti diatas:

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Memutar File Video
Install software pemutar video yang support dengan file ekstensinya.
Banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk memutar jenis file video di laptop baik itu .3gp, .mpeg, .avi, .flv, .swf, .mp4, .vob, .mp4 dan sebagainya. Aplikasi yang akan kita install sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang kita gunakan. Untuk pemutar video ada yang versi gratis maupun versi berbayar. Contoh dari versi gratisan adalah :
  1. VLC media player
  2. Gom Player
  3. FLV player
  4. KMPlayer
  5. Quick time player
  6. Zoom Player
  7. Media Player Classic
  8. Dan lain-lain
Belum disetting aplikasi default pemutar video
Terkadang saat hendak memutar file video ternyata format tidak terbaca artinya saat kita lihat filenya cuma polos saja seperti gambar dibawah ini

Jika demikian maka kita bisa setting default pemutar video dengan cara sebagai berikut
  • Klik kanan file tersebut dan pilih properties
  • Klik Change lalu pilih aplikasi pemutarnya
  • Klik OK
tampilan properties

Dengan perintah seperti diatas berarti kita sudah menyetting pemutar video default untuk ekstensi file tersebut. Namun jika ternyata file tidak bisa dibuka dengan aplikasi pemutar video tersebut maka kita bisa coba dengan aplikasi lainnya. Jika tidak ada pemutar video aplikasi lainnya yang mendukung maka kita perlu menginstall aplikasi lainnya yang sudah support.

Aplikasi pemutar video rusak atau crash
Hal ini sering terjadi akibat terinfeksi oleh virus atau karena crash. Cara paling mudah adalah dengan menguninstall aplikasinya kemudian kita install aplikasipemutar video tersebut kembali. Mudah-mudahan masalah kenapa laptop tidak bisa memutar video bisa kita atasi. Lihat juga mengenai Cara cepat mengetik dengan 10 Jari pada keyboard.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Memutar File Video"

  1. kalau di windows 7, gimana yah gan? video saya formatnya pake mkv. saya pakai VLC Media playaer dan kmp player, tapi semua ngak ada yg bisa, selalu error gan. gimana yh gan?

    ReplyDelete
  2. coba install pemutar video yang support dengan extensi mkv, banyak koq di internet

    ReplyDelete
  3. Di laptop saya WMP tidak bisa memutar semua file media. Saya mencoba pakai media player lain seperti GOM, MPC, dan KMP, bisa diputar tapi suaranya tidak keluar, kira2 kenapa ya? Mohon bantuannya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. kemungkinan driver audionya belum terinstall gan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.