Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air yang Tidak Bisa Berputar

Memperbaiki atau servis pompa air sebenarnya sudah masputz.com share sebelumnya, baik itu karena mengalir lambat atau mendengung saja. Namun pada kesempatan kali ini admin menambahkan tentang perbaikan pompa air dengan foto atau gambar secara detail, dan kebetulan gejala kerusakannya adalah dinamo pompa air tidak bisa berputar, tidak ada dengung namun jika di hubungkan ke arus listrik ada percikan api yang menunjukkan bahwa adanya arus yang mengalir ke mesin pompa air.

Proses reparasi pompa air ini sebelumnya admin lakukan saat kemarin diminta memperbaiki pompa air ditempat tetangga. Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki pompa air / sanyo.

Menanyakan kepada pemiliknya mengenai kerusakan
Menurut si empunya pompa air tidak nyala sama sekali atau bisa dibilang tidak bunyi maupun berputar padahal sudah dicolokkan ke arus listrik. Selain itu ada bau terbakar didaerah dekat pompa air. 

Mengambil pompa air dari tempatnya
Setelah dapat petunjuk dari pemilik akhirnya pompa air langsung admin ambil saja dari sumurnya, kebetulan pompa airnya merk sanyo dan berada didalam sumur. Nah inilah kegiatan yang butuh tenaga ekstra, yaitu mengambil mesin pompa air didalam sumur. Mengenai caranya mungkin tidak perlu dijelaskan lebih dalam ya. Tinggal potong kabel terus copot kedua pipa paralon, yaitu untuk penghisap dan mengeluarkan air.

Identifikasi kerusakan dan memperbaikinya
Setelah pompa air diambil selanjutnya adalah mengidentifikasi alias mencari kerusakan yang terjadi. Berikut adalah langkah yang admin lakukan.

Bongkar penutup kapasitor pompa air kemudian kita cek secara fisik bodi kapasitor apakah membengkak atau rusak. Kebetulan tidak ada cacat dibodinya, jadi saya anggap saja mungkin masih bagus.
kipas pompa air
Membongkar bagian kipas, Biasanya ada 3 buah baut yang menguncinya. Setelah dibuka saya putar saja kipasnya ternyata seret dan tidak mau berputar sama sekali. 

dinamo mesin pompa air
Membongkar bagian impeler, biasanya juga ada 3 buah baut pengunci ukuran 12. Setelah dibuka saya putar - putar masih belum juga bisa.
impeler pompa air
Membongkar bagian spul / gulungan mesin dinamo pompa air. Setelah dibongkar ternyata memang didalamnya klahar terlihat berkarat begitu juga as dinamo. Akhirnya saya beri saja minyak pelicin pada bagian klahar dan as kemudian diputar - putar lagi ternyata sudah bisa berputar.
spul dan klahar pompa air
Menutup kembali dan Mencobanya. Langkah selanjutnya adalah menutup kembali penutup dinamo lalu dicoba dengan menghubungkan ke arus listrik. Hasilnya mesin pompa air bisa berputar kembali.
memperbaiki pompa air

Dari langkah diatas sebenarnya hanyalah sekedar ilustrasi hasil perbaikan pada pompa air kemarin. Hal tersebut bisa saja berbeda dengan yang Anda alami. Karena macetnya dinamo pompa air bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut:
  • Impeler kotor atau lengket
  • Kapasitor Rusak (biasanya ukuran 8uF - 12uF/ 400V)
  • Ada kotoran di As dinamo atau ada yang berkarat.
  • Klahar macet (Jika parah sebaiknya diganti)
  • Putusnya Jalur atau Gulungan/ Spul dinamo pompa air.
  • Konslet pada Gulungan/ spul dinamo pompa air.
Jadi dalam menangani pompa air tidak bisa berputar meski arus sudah masuk bisa kita lakukan dengan tahap-tahap diatas. Semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda semua. Selamat berkarya dan lihat juga mengenai cara memperbaiki pompa air mengalir lambat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

18 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air yang Tidak Bisa Berputar"

  1. mantap maz..di lanjut.n siap nyimak..tambah bekah...aamiin.

    ReplyDelete
  2. Trims infonya sangat manfaat gan !!

    ReplyDelete
  3. mas putz,tolong di share dong detail menggulung Dinamo 1 fasa dan 3 fasa trims

    ReplyDelete
  4. Kalok pompa abis kerendem itu masih bunyi dengung. Tapi gg bisa berputar itu apany gan...? Implor bagus. Klaker bgus.. Lok d putar jga bisa tpi lok d nyalain ttep dengung.. Solusinya gmna gan..?

    ReplyDelete
  5. ya di cek satu-satu dulu gan, biasanya karena kapasitor rusak, spul ada yang putus atau short (kalau parah serviskan aja di tukang gulung dinamo, ada kotoran di as rotor, kurang arus dansebagainya.

    ReplyDelete
  6. Gan punya ku klo dinamo di tes gak disambung apa2 hidup tp waktu di pasang ke pipa gak mau hidup harus di bantu putar kipas nya bru bisa hidup dan kadang gk hidup jg,cuman dengung aja n gk bisa mutar walau sdh di bantu putar kipas nya,apa kapasitor nya yg perlu di ganti apa gmn gan

    NB:kapasitor nya bru diganti yg baru tp msh ttp sama, ukuran nya 8uf+_5% 370/400 VAC 50/60Hz
    Tks atas jawaban nya.... :)

    ReplyDelete
  7. Mungkin impeler/ as rotornya kotor gan, tapi bisa juga karena kurang arus. Tapi coba cek panas ndak bodynya. kalau panas banget biasanya ada spul yang putus atau short di bagian stator

    ReplyDelete
  8. Pak kenapa pompa air saat hidup putar pelan lalutak adatenaga putar.apa penyebabnya?

    ReplyDelete
  9. Mungkin kapasitor rusak gan? atau tegangan kurang, coba dicek dulu

    ReplyDelete
  10. Mas mau kalau melepas satator nya sanyo harus lepas lilitan nya kah??

    ReplyDelete
  11. Mas dinamo mesin cuci saya juga tidak berputar klo ga dbantu dg tangan. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  12. Kemungkinan kapasitor mesin cuci rusak/ as motor seret..

    ReplyDelete
  13. Pak pompa airku sering mati sendiri kipasnya, ini tadi saya hidupkan pompa awalnya kipas berputar, trus saya tinggal, pas saya kebelakang ada bau gosong dan saya lihat kipasnya sudah copot.. Sepertinya waktu saya tinggal kipasnya mati, Bagaimana cara memperbaikinya?? Apakah bisa dg cara mengganti kipas? Adakah yg jual kipas pompanya?

    ReplyDelete
  14. wah sebenarnya tanpa kipas juga masih bisa muter, jadi coba dibongkar saja dulu motor listriknya, kemudian periksa seperti tahapan diatas.

    ReplyDelete
  15. Pompa air merk san-ie baru setelah dipasang tiba2 macet kipasnya keras kira2 knpa ya bang, mohon solusinya bang

    ReplyDelete
  16. Thanks for sharing here
    I am very happy to read your review
    I hope you give a useful topic for everyone.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.