Pengertian Modem, Fungsi dan jenis-jenisnya

Sering kali saat seseorang hendak mengkoneksikan PC/ laptop dirumah menggunakan modem. Alat ini terdiri atas rangkaian Modulator dan Demodulator, itulah sebabnya disingkat menjadi modem. Namun tahukah anda apa itu modem?
Pengertian Modem adalah alat komunikasi yang memiliki sistem dua arah, Modulator berfungsi untuk mengubah signal digital menjadi signal analog, sedangkan demodulator berfungsi mengubah signal analog menjadi digital. Itulah sebabnya kita bisa mengirim dan menerima data dari internet menggunakan perangkat ini.

Kalau kita lihat dari proses pemasangannya, modem dibedakan menjadi dua, yaitu:
Modem Internal
Yaitu modem yang diletakkan didalam komputer, biasanya dipasang pada motherboard CPU/ Laptop. Jadi modem ini tidak bisa dipindah-pindah atau dicabut dari posisinya, karena letaknya yang didalam CPU, kecuali anda seorang teknisi ahli.
Modem External
Yaitu modem yang dipasang diluar komputer, artinya modem ini bisa kita pindah kemana-mana atau dicolokkan ke PC/ Laptop satu ke yang lainnya. Biasanya dicolokkan ke konektor USB, itulah sebabnya terkadang orang menyebutnya modem USB.
Pengertian Modem, Fungsi dan jenis-jenisnya
Sedangkan kalau kita lihat dari jaringan atau medianya ada beberapa macam diantaranya:
1. Modem Kabel
Yaitu jenis modem yang proses penggunaannya menggunakan jaringan kabel. Biasanya melalui jalur kabel telepon. Biasanya untuk bisa menggunakan jenis ini kita harus daftar dan berlangganan terlebih dahulu ke ISP atau penyedia layanannya. Kalau dulu masih ada telkomnet instan yang harus dial up dahulu saat mau konek, Namun sekarang sudah jarang model  seperti itu. Yang ada sekarang kebanyakan adalah jenis modem ADSL, karena bisa terhubung nonstop 24 jam tanpa batas waktu atau kuota, dengan tagihan bulanan tetap.

2. Modem Wireless/ Tanpa kabel
Yang kedua adalah jaringan tanpa kabel, artinya modem dihubungkan tanpa harus disambungkan ke kabel telepon atau lainnya. Itulah sebabnya jenis modem seperti ini kebanyakan bisa dibawa kemana-mana.

Selanjutnya mengenai macam-macam modem yang banyak digunakan untuk pribadi saat ini adalah jenis dial up, seperti pada modem GSM, CDMA, EVDO dan sebagainya. Sedangkan untuk jasa warnet, perusahaan, perkantoran, kebanyakan berlangganan ke Penyedia jasa Internet atau biasa disebut ISP (Internet Service Provider) maka modem yang digunakan adalah jenis DSL baik itu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) maupun SSL(Symmetric Digital Subscriber Line) . Karena cara penggunaannya tidak perlu dial up lagi, namun langsung terhubung terus - menerus 24jam setiap hari. Hal ini tentu berbeda dengan dial up, yang kebanyakan dibatasi kuota atau waktu.

Mungkin sampai disini dulu mengenai jenis modemnya, lain waktu dilanjutkan lagi, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Tips memilih modem terbaik untuk laptop

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Pengertian Modem, Fungsi dan jenis-jenisnya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.