Inilah Penyebab Receiver TV Parabola Cepat Rusak

Pada kesempatan sebelumnya sudah dibahas mengenai tips memperbaiki receiver digital yang mati total. Kali ini adalah mengapa rx tersebut cepat rusak. Bahkan dibeberapa kasus ada juga yang belum lama membeli sudah bermasalah. Oleh karena itu kita kenali dulu penyebabnya kenapa receiver bisa cepat rusak, dengan begitu paling tidak kita bisa mencegah terjadinya permasalahan atau kerusakan.

Receiver memang banyak sekali merk dan jenisnya, dari segi format AV ada Mpeg2, Mpeg4 dan HD. Saat ini receiver full HD memang banyak diminati para pengguna TV satelit. Hal ini karena kualitas gambar dan juga fitur yang diberikan lebih bagus dibandingkan dengan mpeg4 atau mpeg2. Selain itu dengan receiver HD kita bisa menikmati channel yang sudah berformat tersebut. 

Baiklah untuk selanjutnya kembali mengenai penyebab dan berikut ulasannya:
Penyebab Receiver TV Parabola Cepat Rusak

Penyebab Receiver digital parabola cepat rusak

Masalah Tegangan Listrik dirumah naik turun
Hal ini banyak terjadi pada daerah yang kekurangan energi listrik, Nah jika didaerah anda mengalami hal ini, sebaiknya gunakan stabilizer tegangan agar arus yang masuk ke receiver tetap stabil.

Pemasangan konektor kabel Coaxial ke Receiver
Sering saya temui saat memasang konektor dengan kabel coaxial ada sedikit kesalahan yang bisa menyebabkan hubung singkat atau receiver panas sehingga kerusakan bisa saja terjadi. Untuk itu lihat pada cara memasang konektor pada kabel coaxial

Pemasangan Konektor pada Switch atau LNB
Kadangkala saat memasang switch ada yang tidak diberi isolasi atau penutup dibagian konektor, hal ini tentu akan mempermudah masuknya air atau kotoran dan bisa saja menimbulkan konsleting arus pada out antena receiver.

Terkena benturan benda keras
Hal ini tentu bisa berakibat buruk pada receiver, entah itu karena dibanting, dipukul, terjatuh, atau tidak sengaja kejatuhan sesuatu. 

Meletakkan receiver pada tempat yang tertutup atau ditindih benda berat
Inilah yang menyebabkan receiver mengalami panas berlebih dan jika diteruskan bisa mengakibatkan receiver terbakar.

Stop kontak  atau Pencabang listrik yang longgar
Beberapa kasus bisa disebabkan karena pencabangan listrik yang kurang bagus, atau longgarnya lubang untuk kabel steker, sehingga menyebabkan bunga api dan arus yang masuk ke receiver bisa tersendat-sendat. Karena receiver juga butuh proses booting. Jadi jika sering-sering seperti itu, bisa juga menyebabkan hang pada receiver.

Upgrade receiver yang kurang tepat
Maksudnya saat kita upgrade dengan versi baru, terkadang ada kesalahan baik itu via USB, RS232, Satelit. Maka bisa menyebabkan mati suri, alias tidak bisa booting.

Pergantian spare part yang kurang tepat
Biasanya terjadi pada receiver yang sebelumnya pernah diperbaiki. Kadang saat diganti sparepartnya kurang bagus, sehingga menyebabkan komponen atau alat tidak bisa bertahan lama.

Adanya hewan atau cairan yang masuk ke receiver
Tidak sedikit kasus ini bisa menyebabkan receiver mati total, karena bisanya bagian power supply sering rusak jika ada hewan masuk. Namun jika air yang masuk ketika dalam posisi on, maka tidak menutup kemungkinan receiver akan sulit diperbaiki.

Penggunaan Receiver yang tidak sesuai aturan pemakaian
Inilah salah satu kasus yang melibatkan pemakai, yakni penggunaan receiver itu sendiri, baik saat melakukan scan, menambah channel dan pengaturan lainnya. Oleh sebab itu sebaiknya kita bertanya kepada yang sudah paham sebelum menggunakannnya.

Mungkin itulah beberapa penyebab yang sering terjadi pada receiver digital parabola. Meski begitu tidak menutup kemungkinan juga pada peralatan lainnya juga karena hal ini, misalnya TV, HP, Radio dan sebagainya.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

13 Komentar Untuk "Inilah Penyebab Receiver TV Parabola Cepat Rusak"

  1. kalo misalnya, Listrik di rumah mati setelah Matrix tadi di hidupkan, biasanya apa penyebabnya......? tolong infonya mas

    ReplyDelete
  2. Kemungkinan besar PSU receiver short/ konslet, ganti saja 1 kit PSU nya byk yang jual ditoko elektronik. Cara pasangnya kmrin sudah saya post lihat di daftar isi.

    ReplyDelete
  3. Min...saya mau tanya, kenapa setelah saya pasang splitter dengan output 2 tv, receiver saya langsung hang dan lost signal.padahal sebelumnya signal bagus.kondisinya saya lagi mau setting ninmedia ke tv yang satunya.harus dicabut kabel power dulu di receiver saya, dan kabel output di splitter yang lain dicabut juga baru mau normal kembali....terima kasih

    ReplyDelete
  4. Wah kalo untuk sistem TV kabel saya belum ada pengalaman, jadi mohon maaf belum bisa kasi solusi

    ReplyDelete
  5. Min saya mw tanya reciver saya tiba2 mati total dan ngk mw nyala lagi sblm nya ada indikasi ketika menghidupkan tombol on off harus berulang2..lama kelamaan mati total...kira kira ap penyebabnya ug harus diperbaiki

    ReplyDelete
  6. Biasanya PSU yang rusak, coba dicek

    ReplyDelete
  7. Min klau mau ganti receiver apa harus ganti parabolanya jg min, klau ganti receiver doank mau bekerja lg gak min parabolanya ?

    ReplyDelete
  8. Tidak perlu ganti parabola gan, kecuali jika parabolanya sudah rusak dan tidak layak pakai. CUkup rx saja trus setting sesuai pemasangan LNB dan parabolanya.

    ReplyDelete
  9. Min mau tanya
    Sy pake rx matrix burger s2 mpeg 2
    Kok sinyal palapa D yg vertikal pd gak ada sinyal ya?

    ReplyDelete
  10. Bisa jadi masalah pada receiver atau LNB. Jadi coba dulu di parabola lain, jika sama hasilnya bisa dipastikan receiver bermasalah.

    ReplyDelete
  11. Mas kl error 064 pada receiver tanaka t-21 sky gimana solusinya

    ReplyDelete
  12. Wah saya belum pernah ngalami gan, jalan terakhir di upgrade gan

    ReplyDelete
  13. Tanya min.. reseiver saya setelah dihidupkan 30 mnit matisendiri. Setelah beberapa menit. Dihidupkan kembali nyala.. terus begitu seterusnya.. apakah PSU minta ganti ya?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.