Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Baik dan Benar

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa menghidupkan dan mematikan komputer atau laptop adalah tinggal pencet dan cabut saja stekernya. Hal ini tentu sangat berbahaya sekali bagi yang belum memahami tata cara yang baik dan benar. Mungkin untuk mengaktifkannya saja saya kira semua orang sudah bisa. Akan tetapi bagaimana dengan mematikannya, apakah sama? jawabannya tentu saja tidak. Karena kita tahu laptop atau komputer terdiri atas software dan hardware yang saling berkaitan. Tidak sama seperti kita menghidupkan blender, magic com, dispenser dan sebagainya. Karena peralatan tersebut tidak membutuhkan perangkat lunak dalam bekerja. Berbeda dengan PC Desktop, Laptop, Smartphone, Tablet yang membutuhkan proses booting sebelum benar-benar bisa digunakan. Untuk itu berikut sedikit pengarahan yang baik dan benar mengenai caranya
Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Baik dan Benar

Menghidupkan PC (Personal Computer) Sesuai Prosedur

PC zaman dulu perangkatnya tentu banyak yang terpisah, diantaranya adalah sebagai berikut:
Monitor
Berfungsi menampilkan informasi yang dikirim oleh CPU
CPU
Berfungsi untuk memproses data yang kita perintahkan melalui perangkat input
Keyboard
Berfungsi untuk menginput perintah ke CPU. Biasanya terdiri atas tombol huruf, angka dan fungsi lainnya.
Mouse
Berfungsi untuk menggerakkan kursor yang terdiri atas scroll, tombol kiri dan kanan
Perangkat tambahan
Yakni perangkat lainnya sesuai kebutuhan misalnya
  • Stabilizer/ Stavol , yang berfungsi untuk menyetabilkan tegangan listrik
  • UPS, berfungsi untuk menyetabilkan sekaligus penyimpanan energi listrik.
  • Scanner, untuk menyalin objek nyata menjadi objek digital
  • Printer, untuk mencetak hasil kerja komputer.
  • dan sebagainya
Kok banyak sekali ya?
Seiring dengan berkembangnya zaman tentu tekhnologi semakin maju. Sekarang ini semua perangkat tersebut sudah terintegrasi. Misalnya untuk mencetak foto, dokumen, scan, fax dan sebagainya sudah bisa dijalankan dengan satu alat. Begitu juga dengan PC, keyboard, CPU, Mouse, Monitor tergabung dalam sebuah laptop.

Oke sekarang kita lanjutkan lagi mengenai cara menghidupkan dan mematikan Komputer. Bagi para master mungkin artikel ini hanya sekedar gurauan saja, jadi yang sudah paham berikan koreksinya ya. Perlu kita tahu setiap barang elektronik memiliki simbol tertentu  pada tombol Power (ON/OFF) yang dipakai diseluruh dunia untuk mengaktifkannya. seperti gambar dibawah ini.
tombol power
Jadi kalau lihat simbol seperti diatas pada perangkat elektronik, bisa dipastikan itu adalah untuk menghidupkannya. Seperti halnya komputer cari simbol tersebut pada CPU dan Monitor untuk mengaktifkannya. Berikut tahapan yang perlu dilakukan sebelum memencet tombol tersebut:
  1. Periksa kabel steker pada CPU dan Monitor apakah sudah tersambung dengan arus listrik atau belum, jika belum maka colokkan dulu pada stabilizer/ UPS (Jika menggunakannya) .Dibeberapa kasus ada CPU yang langsung nyala dengan sendirinya meski belum dihidupkan, berarti ada masalah dengan CPU. Mungkin karena power supply, masalah motherboard atau bagian switchnya.
  2. Periksa kabel Keyboard dan Mouse apakah sudah tersambung dengan CPU atau belum, jika belum ya colokkan saja. Perlu kita ketahui juga bahwa colokan untuk Mouse dan Keyboard dulu masih berbentuk bulat sekarang sudah model USB.
  3. Periksa juga apakah ada perangkat external yang masih terhubung atau tidak. Seperti flashdisk, Printer, Memori card dan sebagainya. Jika ada cabut dahulu sebelum dihidupkan.
  4. Sekarang saatnya untuk mengaktifkan CPU dan Monitor dengan menekan tombol Power ON. Pada beberapa model monitor sekarang ini sudah tidak menggunakan saklar DPDT atau langsung mematikan arus listrik, akan tetapi menggunakan tombol tekan. Sehingga jika kabel steker terhubung ke arus listrik, monitor dalam posisi stanby.
  5. Setelah itu tunggu hingga proses booting dan muncul tampilan desktop. Hal ini juga tergantung dari Sistem Operasi yang dipakai, jika menggunakan windows tentu tampilannya akan berbeda dengan OS Linux atau Mac OS.
Nah begitulah tahapan yang baik dan benar mengenai cara menghidupkan komputer, sedangkan untuk PC Desktop zaman sekarang CPU sudah tergabung dengan Monitor bahkan ada yang menggunakan layar sentuh (Touch Screen). Untuk menghidupkannya apakah sama?
Jawabannya tentu saja sama yang berbeda adalah kita cukup menekan satu tombol saja pada komputer tersebut. Karena CPU dan Monitor sudah tergabung. Selanjutnya kita tunggu proses bootingnya. Mengenai Keyboard dan mouse sekarang ini banyak yang menggunakan wireless bluetooth. jadi cukup kita colokkan saja external bluetooth adapternya ke USB komputer. Jadi tidak pakai kabel lagi seperti tahapan sebelumnya. 
Artikel terkait lainnya 10 Komputer desktop terbaik saat ini
Selanjutnya bagaimana dengan Laptop atau Notebook? Caranya juga sama saja sebenarnya yaitu cukup kita tekan Power ON dan tunggu hingga proses booting selesai. Untuk laptop kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan menghubungkan kabel Keyboard, Monitor, Mouse dan sebagainya. Karena semua itu sudah terintegrasi. Artinya semua sudah tergabung menjadi satu. Meski begitu sebenarnya bisa saja kita tambahkan Keyboard, Monitor, Mouse External pada laptop.

Jadi sebenarnya mudah sekali mengenai cara menghidupkan PC/ laptop. Yang berlu kita perhatikan adalah saat menghidupkan kita cek dahulu apakah ada perangkat external yang masih terhubung, karena beberapa laptop/PC akan mengalami gangguan booting saat ada perangkat tambahan tersebut. Selanjutnya adalah tentang mematikannya, apakah sama dengan cara menghidupkannya? Jawabannya tentu saja tidak, hal ini karena adanya perangkat lunak (software) yang mungkin masih berjalan pada Komputer tersebut. Untuk itu kita harus menonaktifkannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik ikon close yang biasanya ada di pojok kanan atas. Biasanya disimbolkan dengan gambar dibawah ini.
klik close
Setiap aplikasi kebanyakan ada ikon tersebut. Jika tidak ada cobalah dengan menekan Alt + F4 pada aplikasi yang dibuka. Nah pastikan juga pada taskbar tidak ada aplikasi yang masih aktif, jika ada coba klik kanan kemudian pilih close window.
gambar taskbar windows8
Nah itulah cara menutup semua aplikasi untuk sistem operasi pada windows, sedangkan untuk OS yang lain caranya juga sama yaitu mengklik ikon close seperti gambar merah diatas. Setelah tahapan tersebut diselesaikan, maka selanjutnya adalah proses shutdown. Pertama yang perlu kita perhatikan adalah jenis Sistem operasi yang dipakai, Jika kita menggunakan windows maka versi berapa yang diinstall. Misalnya windows 7 kebawah. Maka caranya adalah pilih start kemudian pilih shutdown atau Turn off, jika muncul tampilan pilih simbol power seperti gambar sebelumnya. Maka Komputer/ Laptop akan mati dengan sendirinya, tanpa kita harus menekan tombol power (ON/OFF) atau OK pada pilihan shutdown. Kemudian tunggu hingga sampai led indikator pada CPU atau laptop padam. 
proses shutdown
Sedangkan untuk Windows 8 caranya juga tidak jauh berbeda, kita bisa klik kanan pada tombol start kemudian pilih shutdown or sign out barulah kita klik shutdown
cara shutdown windows 8
Selanjutnya bagaimana dengan OS yang lain apakah sama?. Jawabannya tentu ada yang sama ada juga yang berbeda. Untuk sistem operasi yang antar muka seperti windows, Linux, Mac OS dan sebagainya mungkin tidak jauh berbeda. Akan tetapi jika menggunakan kode tertentu yang belum berbasis antar muka, maka butuh pembelajaran baru tentunya. Karena hal ini berhubungan dengan bahasa pemrograman. Mungkin itulah beberapa tips sebelum atau sesudah menggunakan komputer sesuai dengan prosedur yang ada. Semoga bisa bermanfaat buat anda. Silahkan baca juga mengenai tombol jalan pintas keyboard di Windows 10

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.