Cara Modifikasi Baterai Untuk Tipe HP yang Langka

Mungkin bagi pengguna Handphone atau Tablet pernah mengalami yang namanya baterai soak, menggembung bahkan rusak. Saat kita hendak menggantinya ternyata ditoko tidak ada yang menjualnya. Hal ini tentu membuat HP tidak bisa berfungsi lagi karena tidak ada yang menyuplay tegangannya. Seperti misalnya HP cina, sony, android dan sebagainya. Untuk itulah berikut ini ada beberapa tips bagi anda yang sedang bingung karena belum juga mendapatkannya.

Seperti kita tahu setiap baterai HP memiliki tipe, tegangan, arus dan kapasitas yang berbeda. Untuk itulah sebelum kita membeli baterai yang baru tentu harus kita periksa dulu mengenai hal tersebut. Misalnya saat kita menggunakan HP blackberry tentu ada daya tampung atau kapasitasnya dalam satuan mAh. Semakin besar mAh, semakin tahan lama baterai tersebut. Meski begitu dizaman sekarang ini sudah banyak sekali barang ASPAL. Untuk itu kita harus pandai-pandai dalam memilihnya. Cara paling mudah adalah dengan memeriksa baterai original yang rusak sebelumnya pada HP, kemudian saat kita membeli baru, cobalah untuk melihat tipe dan mAh nya, cari yang mendekati nilai aslinya lebih sedikit juga tidak masalah. Kemudian samakan beratnya dan juga tegangan keluarnya. Semakin tinggi nilai mAh, maka semakin berat baterai tersebut. Jadi jika nilai mAh tinggi tapi lebih ringan dari yang kita punya. Sebaiknya tidak dipilih. Nah selanjutnya bagaimana jika kita cari - cari ternyata kita tidak menemukan tipe atau seri yang sama?

Cara Modifikasi Baterai HP
Jika demikian cobalah tips berikut, yaitu dengan memodifikasi konektor tegangan out dengan baterai yang sudah rusak sebelumnya. Dengan begitu baterai bisa dipasang pada HP yang susah untuk mendapatkan baterai aslinya. 

Cara modif konektor baterai HP

konektor baterai
  • Pertama cari dulu tipe baterai yang memiliki ukuran sama atau bisa lebih kecil sedikit, akan tetapi memiliki tegangan out yang sama. Mengenai mAh tentu semakin tinggi nilainya semakin bagus. 
mencopot konektor baterai
  • Bongkar isolator pada baterai lama dan juga yang baru
  • Kemudian untuk baterai yang sudah rusak ambil saja bagian konektor dan proteksinya saja.
konektor baterai
  • Selanjutnya pada baterai baru copot konektornya.
  • Kemudian kita pasang dan sambungkan konektor dari baterai yang rusak tadi ke baterai baru.
  • Saat pemasangan jangan sampai terbalik, artinya kutub positif dan negatif jangan sampai terbalik saat penyambungan.
  • Setelah itu bungkus kembali dengan isolator.
  • Lalu coba dipasang pada handphone.
memasang baterai

Cara diatas adalah alternatif jika memang baterai memang benar-benar susah didapat. Oleh sebab itu jika sudah mendapatkan yang sesuai sebaiknya diganti yang baru. Lihat juga mengenai solusi mengatasi HP yang tidak bisa sms.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Modifikasi Baterai Untuk Tipe HP yang Langka"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.