Cara Menambah Partisi di Windows dengan Mudah

Menambah partisi pada windows 7, 8 maupun 10 sebenarnya sangat mudah. Bahkan tanpa software tambahan untuk membuatnya. Meski begitu terkadang masih ada juga yang belum bisa melakukannya, untuk itu pada postingan kali ini masputz.com akan coba share mengenai caranya. Perlu kita tahu biasanya pada OS windows, Drive C digunakan untuk menyimpan software yang terinstall. Namun terkadang secara default Hardisk belum terpartisi menjadi beberapa bagian. Hal ini tentu saja sangat berbahaya jika terjadi sesuatu pada komputer/ laptop. Sebab data yang kita tersimpan secara otomatis masuk ke drive C yaitu my docoments. Namun dengan menambah drive baru, maka data bisa kita pindahkan ke partisi lainnya selain dari system. Agar nantinya saat diinstall ulang file kita terlindungi. Ok langsung saja berikut adalah langkah-langkah dalam mempartisinya.

Cara menambah partisi Hardisk di windows 8

Pertama buka dulu windows explorer, dan saya rasa semua sudah paham caranya, jadi tidak perlu dijelaskan secara detail. Kemudian pada This PC klik kanan dan pilih manage

Cara Menambah Partisi di Windows dengan Mudah
Maka akan muncul tampilan computer management. Pada Storage pilih disk management, maka akan muncul tampilan partisi yang ada pada komputer atau laptop. Selanjutnya adalah kita klik kanan pada salah satu drive yang akan kita partisi dan pilih Shrink Volume, Misalnya pada Drive D Maka akan muncul tampilan Shrink D
tampilan computer management

Pada Kotak enter the amount of space to shrink in MB, isikan kapasitas yang kita inginkan untuk partisi yang baru (Hal ini harus disesuaikan dengan kapasitas yang ada).
tampilan shrink D
Kemudian klik Shrink
Maka akan muncul partisi baru (unnalocated space), pada disk tersebut klik kanan dan klik new simple volume.
unnalocated space
Maka akan muncul New Simple volume wizard. Klik Next untuk membuat partisi baru
new simple volume
Maka akan muncul format partition seperti gambar dibawah ini. Pilih file system NTFS (untuk windows) dan Volume label isikan sesuai keinginan anda, karena itu adalah nama partisi yang baru nantinya, selanjutnya klik next.

wizard volume
Maka akan muncul tampilan Assign Drive Letter of path. Pada assign the following drivw letter tentukan urutan atau drive letter yang diinginkan, contohnya D, E, F atau G, lalu next lagi.

assign drive
Maka akan muncul tampilan akhir untuk membuat drive baru , Klik Finish untuk menyelesaikan.
finish
Setelah semua tahapan diatas selesai maka, anda akan melihat ada tambahan drive atau partisi baru di laptop/ komputer. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat anda. Silahkan lihat juga mengenai Tombol jalan pintas pada keyboard windows 10

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Cara Menambah Partisi di Windows dengan Mudah"

  1. thanks, by you infomasion god look for you and sucses

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.