Cara Mengecek Saklar yang Rusak dengan Mudah

Saklar menjadi salah satu alat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik, pada setiap peralatan elektronika maupun listrik saklar pasti sangat dibutuhkan. Coba bayangkan jika tidak ada saklar maka lampu akan menyala terus, TV, tape, amplifier akan ON terus. Untuk itulah jika saklar ini rusak akan mengakibatkan arus tidak masuk, atau bahkan arus akan terus masuk (jika short).

Sebelum mengecek saklar pastikan dulu jenis saklarnya seperti apa, apakah DPDT atau saklar ON/OFF saja dengan 2 pin. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter dengan mengarahkan saklar selector ke posisi ohm meter. kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.
Cara Mengecek Saklar yang Rusak dengan Mudah

Untuk saklar tiga kaki tanpa lampu indikator berarti jika saklar diarahkan kekiri, maka yang terhubung adalah bagian kiri, begitu juga sebaliknya. Untuk mengeceknya,
Mengecek Saklar yang Rusak
  • pertama tempelkan salah satu probe (boleh merah/ hitam) ke kaki yang tengah. 
  • Kemudian probe satunya ke kaki kiri
  • Selanjutnya arahkan ke kiri, maka jarum harus bergerak ke 0. Jika tidak berarti saklar putus (rusak)
  • Selanjutnya arahkan saklar kekanan, maka jarum tidak boleh bergerak, jika gerak berarti saklar sudah short (rusak).
Mengecek Saklar

Selenjutnya adalah untuk saklar DPDT doubel pin. Artinya ada 3 kaki atas dan bawah, seperti gambar diatas. Untuk mengeceknya juga sama sebenarnya seperti diatas. Ibaratnya kita mengukur 2 saklar sekaligus. Perhatikan gambar diatas.
  • Nomor 1 2 dan 3 kita cek seperti saklar tiga kaki diatas.
  • Nomor 4 5 dan 6 juga sama seperti diatas.
Jadi tidak perlu panjang lebar lagi ya, karena mengecek saklar itu mudah sebenarnya

Lalu bagaimana dengan saklar lampu rumah atau saklar pada blender, dan sebagainya?
Caranya juga sama bahkan lebih mudah, karena biasanya terdiri dari 2 kaki saja. Untuk mengeceknya caranya kita tempelkan probe multimeter di kedua kaki, kemudian pencet ON pada saklar, maka jarum harus bergerak. Selanjutnya OFF kan maka jarum tidak boleh bergerak. Mungkin sampai disini dulu mudah-mudahan membantu. Lihat juga ya mengenai cara mengukur hambatan dengan multimeter

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengecek Saklar yang Rusak dengan Mudah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.