Berbagai Jenis Antena, Fungsi dan Kegunaanya

Sering kali kita melihat macam-macam antena dipasang didalam maupun diluar rumah dengan berbagai jenis dan bentuk. Namun pernahkah terbesit dipikiran kita, kenapa harus ada antenanya? Untuk apa pakai antena? Apa Fungsi antena? Apa gunanya antena ini? dan sebagainya. Perlu kita tahu bahwa dengan adanya antena maka sinyal atau gelombang elektromagnetik dapat kita terima atau dipancarkan. 

Satuan kekuatan dalam memfokuskan gelombang elektromagnetik adalah dBi (decibel isotropic) dan secara umum jenis antena ada dua yakni Directional dan Omni Directional.
Antena Directional
Merupakan jenis antena narrow beam width, atinya hanya memiliki sudut pancaran yang kecil namun lebih terarah. Contoh antena directional adalah seperti antena satelit parabola, wajan bolic, Grid, Yagi, Antena Sectoral dan sebagainya. 
Antena Omni directional
Merupakan jenis antena wide beam width yang memiliki sudut pancaran yang lebih besar, namun jaraknya lebih pendek. Jadi antena ini digunakan untuk mengirim atau menerima sinyal kesegala arah. Contohnya seperti antena untuk pemancar hospot, Antena HP, Dipole san sebagainya.

Berikut adalah contoh berbagai macam antena dan kegunaanya

Antena Grid

antena grid
Antena ini banyak digunakan untuk menerima sinyal wifi, karena signal yang diterima difokuskan pada titik tertentu. Namun seiring dengan perkembangan zaman antena grid juga banyak dimodifikasi untuk menangkap jaringan EVDO, 3G atau HSPA.

Antena TV Parabola
antena parabola
Antena ini sering digunakan untuk menangkap sinyal dari satelit TV. Jadi signal elektromagnetik dipantulkan dan dikumpulkan pada titik fokus. Sehingga bisa kita gunakan untuk nonton TV, internet dan sebagainya melalui receiver parabola. Untuk jenisnya ada dua yaitu Prime fokus dan Offset.

Antena Yagi
antena yagi
Antena ini banyak dipakai untuk menerima sinyal elektromagnetik dari pemancar Radio atau TV Telestrial (UHF/VHF). Namun seiring dengan perkembangan zaman antena ini juga banyak dipakai untuk menguatkan sinyal Handphone maupun modem HSPA.

Antena Wajan bolic


Adalah jenis antena yang bisa kita gunakan untuk menangkap signal wifi maupun 3G dari BTS terdekat. Untuk proses pembuatannya bisa anda baca pada postingan sebelumnya mengenai cara merakit antena wajan bolic modem USB

Antena Omni
antena omni
Jenis antena ini banyak dipakai sebagai penerima atau transmitter (pemancar) FM. Pada TV jadul antena ini juga masih banyak digunakan. Hanya saja jika dipakai untuk menerima saya rasa kurang efektif. Karena belum terarah atau terfokus. Oleh sebab itu untuk antena ini sekarang sudah jarang dipakai sebagai penerima.

Antena Sectoral
Merupakan jenis antena yang banyak dipakai untuk access point. Jadi dengan antena ini kita bisa menerima atau mengirim signal hospot/ wifi.

Selain beberapa antena diatas sebenarnya masih banyak lagi, namun secara umum itulah yang sering digunakan. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda, Perlu kita tahu juga bahwa dizaman sekarang ini beberapa jenis antena sering dimodifikasi untuk kegunaan yang lain, misalnya antena parabola untuk menangkap jaringan wifi atau HSPA. Antena yagi untuk memperkuat sinyal HP/ Smartphone. dan sebagainya. Oleh sebab itu jangan heran jika melihat antena sectoral dipakai untuk menangkap signal Radio FM atau TV nantinya. Lihat juga cara memperkuat signal modem USB.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Berbagai Jenis Antena, Fungsi dan Kegunaanya"

  1. Artilel ini membantu, dan tulong ditambahkan jenis antena omni untuk wifi dan antena solid dish yang juga untuk wifi, dan juga antena" untuk radio amatir lainnya yang modelnya tentu banyak juga. Sebelumnya ma'af gan jika ada kata" yg salah pd krtikan saya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sarannya, nanti akan direvisi

    ReplyDelete
  3. jenis antena apakah yg baik untuk digunakan pada video sender ? mohon infonya

    ReplyDelete
  4. Jenis antena disesuaikan dengan frekuensi yang digunakan gan.

    ReplyDelete
  5. permisi mau nanya nih, antena yagi bisa untuk menerima sinyal wifi juga apa tidak? terima kasih

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.