Bagaimana Menggunakan Fitur IPTV Pada Receiver HD Ethernet?

IPTV merupakan kependekan dari Internet Protocol Television, yakni layanan dimana data dari signal TV Digital dikirim melalui Internet Protocol. Tekhnologi ini dibangun guna mengurangi infrastruktur pada pemasangan televisi seperti TV Parabola maupun Telestrial. Sehingga dalam penggunaannya cukup menggunakan akses internet yang cepat saja. Pada beberapa merk Receiver Digital MPEG4 HD dan sudah support Internet. Tekhnologi ini sudah ditanamkan didalam jenis rx tersebut. Misalnya pada kaonsat imax, Matrix starlink HD Ethernet, Openbox X5 dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia yang termasuk salah satu negara dengan kecepatan akses internet terlambat?

Mengenai hal ini tidak perlu dijawab lagi, karena kita tahu bahwa didaerah-daerah yang ada ditempat kita ini masih banyak yang belum bisa menikmati akses internet, meskipun ada belum tentu aksesnya bisa cepat. Untuk itulah menggunakan IPTV akan terasa sangat sulit, apalagi nonton IPTV dengan kualitas HD. Minimal kecepatan data untuk kualitas HD adalah 12 MBps. Oleh sebab itu kualitas gambar yang rendah mungkin menjadi satu-satunya jalan untuk bisa menikmati tayangan melalui IPTV ini. 
fitur iptv pada receiver

Fitur IPTV pada receiver HD Ethernet memang sudah banyak beredar. Namun kebanyakan fitur tersebut masih jarang dipakai oleh penggunanya. Penyebabnya tentu hal diatas tadi, selain itu IPTV juga masih belum familiar di daerah kita. Karena pada dasarnya sama saja dengan kita nonton streaming via Internet. Karena yang saya tahu sumber alamat url yang dimasukkan pada receiver  juga tidak jauh berbeda dengan proses pemasangan streaming di website atau Blog. 

Layanan ini bisa kita aktifkan dengan cara menghubungkan internet terlebih dahulu pada receiver. Seperti pada Matrix Starlink V HD Ethernet kita cukup tekan tombol biru pada remote maka akan muncul tampilan multimedia dan kita pilih IPTV. Secara otomatis akan muncul beberapa channel bawaan. Namun jika kita ingin menyaksikan tayangan premium seperti olahraga sepak bola, film terbaru dan sebagainya, kita masih harus tetap berlangganan ke penyedia jasa layanan tersebut.
Apakah bisa kita nonton IPTV secara gratis via receiver parabola?
Jawabannya tentu saja bisa, hanya saja kita harus mendapatkan url yang akan kita masukkan nantinya pada receiver. Selanjutnya biaya akan dibebankan pada akses internet saja. Untung - untung kalau ada wifi gratis diarea kita. Jadi tidak perlu biaya lagi untuk akses internetnya. Tinggal kita hubungkan Router dan kabel LAN Rj45 ke receiver.

Mungkin itulah sedikit yang saya ketahui mengenai IPTV ini, lain waktu akan dilanjutkan lagi jika ada yang terbaru atau menarik lainnya. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat buat anda. Lihat juga Fitur multimedia receiver matrix Starlink HD Ethernet

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Bagaimana Menggunakan Fitur IPTV Pada Receiver HD Ethernet?"

  1. mas mau tanya dong, saya penggu na matrix starlink v. internet dah konek n untuk play youtub juga lancar jaya.
    tapi untuk masuk ke iptv kok ga bisa jalan ya. muncul tulisan "downloading source tv-chanelinfo, pleasewait a moment". tapi saya tunggu sampai lama sekali (hampir 1/2jam) tidak muncul apapun..
    Cara mengatasinya bagaimana ya mas,

    ReplyDelete
  2. Coba upgrade versi terbaru firmwarenya. Jika masih sama kemungkinan konfigurasi server iptv kurang pas. Coba dicek dulu

    ReplyDelete
  3. saya sudah upgrade ke firmware terbaru kok IPTV malah tidak bisa ya mas.apa Karena di update?

    ReplyDelete
  4. Masukkan manual alamat IPTVnya, klo upgrade cari firmware yang terbaru gan.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.