Mengatasi Remote Asli Receiver Parabola Sudah Tidak Berfungsi

Receiver digital satelit parabola saat ini sudah pasti dilengkapi dengan remote sebagai kontrol jarak jauh. Namun apa yang bisa kita lakukan jika alat tersebut sudah rusak dan tidak bisa berfungsi lagi?. Beberapa orang mungkin akan mencari atau membeli baru remote tersebut. Lalu bagaimana jika remote asli untuk receiver tersebut tidak ada yang menjual dipasaran?. Hal ini tentu akan membuat kita kerepotan apalagi, Jenis receiver tersebut memang langka dan susah dicari. Untuk itu cara lain untuk mengganti remote yang rusak tersebut adalah dengan membeli jenis remote universal atau biasa orang menyebutnya remote pintar. Dengan alat ini, kita bisa menggunakannya untuk semua merk receiver digital.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol set saja sambil ditahan dan menunggu hingga frekwensi remote sesuai dengan merk receiver yang diinginkan. Namun ada juga jenis remote pintar yang cara settingnya dengan memasukkan kode terlebih dahulu, Untuk ini caranya lihat pada postingan sebelumnya mengenai, Cara setting remote Universal

Memang terkadang saat kita menggunakan remote tersebut ada beberapa tombol yang tidak bisa difungsikan atau bahkan ada yang salah. Untuk itu sebelum membelinya tanyakan terlebih dahulu kepada penjual mengenai jenis receiver apa yang cocok untuk remote yang akan anda beli. Selain itu cari juga jenis remote yang memiliki banyak tombol. Karena pada dasarnya receiver terbaru terutama yang sudah MPEG4 dan full HD, memiliki tombol yang lebih banyak ketimbang jenis rx murmer mpeg2. 

Nah berikut ini adalah contoh setting remote universal yang cocok untuk segala jenis merk receiver digital parabola seperti; matrix, venus, primasat, technosat, goldsat, dan sebagainya.
  1. Hidupkan TV dan rx sebagaimana biasanya dan tunggu hingga channel muncul
  2. Arahkan remote universal pada receiver
  3. Tekan tombol set sambil ditahan
  4. Tunggu hingga channel berubah satu tingkat
  5. Jika sudah berubah lepaskan tombol
  6. Remote sudah siap digunakan
Cukup mudah bukan caranya, namun perlu anda tahu bahwa terkadang saat scanning frekwensi remote membutuhkan waktu agak lama untuk mendapatkan frekwensi yang pas. Untuk itu pastikan tombol langsung dilepas langsung setelah channel yang aktif berubah ke channel berikutnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk lihat cara memperbaiki remote yang rusak dengan mudah.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Mengatasi Remote Asli Receiver Parabola Sudah Tidak Berfungsi"

  1. Dear Masputz,

    Salam Kenal,... saya tertarik dengan dunia parabola... dan saya awam sekali dan hanya sebagai user saja. Sekiranya berkenan bolehkan saya dapat nomer HP Masputz.

    Salam kenal dan terima kasih sebelumnya.

    Salam

    Ircham

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga, silahkan lihat di FB saja mas

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.