Cara Menambah Siaran/ Channel di Receiver Parabola

Pada dasarnya saat kita memilih dan membeli receiver parabola, setiap rx sudah ada setting siaran/ channel defaultnya. Jadi tanpa di scan otomatis atau menambah siaran sudah ada daftar channel didalamnya. Namun kadangkala frekwensi default yang ada tidak sesuai dengan sekarang ini. Itulah sebabnya perlu kita tambahkan Ch baru agar bisa masuk.

Mengenai cara menambah siaran tentu setiap receiver akan berbeda cara settingnya, misalnya pada receiver Goldsat, Primasat,Venus,Tanaka murmer/ mpeg2 kita pilih menu  kemudian tambah saluran, berbeda venus tucxon,  Matrix prolink/Starlink, Tanaka HD, dansebagainya kita tekan tombol menu di remote lalu pilih jenis satelit dan tambah transponder. Jadi ada yang sama ada yang tidak  Oleh sebab itu berikut contoh menggunakan Matriks Starlink V HD Ethernet

Cara Menambah Siaran Parabola

  • Pertama tekan menu pada remote lalu pilih Instalasi
  • Jika diminta password isikan 0000 kemudian kita pilih daftar transponder, dan sesuaikan dengan satelit yang akan ditambah TPnya dengan menekan tombol kotak, 
  • Selanjutnya tekan tombol merah untuk menambah transponder. Lalu isikan frekwensi, Simbol Rate dan Polarisasi dari channel yang akan dimasukkan, kemudian tekan OK. 
  • Maka akan ada frekwensi baru yang sudah masuk, sekarang tinggal kita scan saja frekwensi tersebut dengan menekan tombol biru (cari jaringan). 
  • Tunggu hingga channel tersebut muncul, 
  • Jika tidak muncul ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi yaitu:
  1. Parabola kurang tepat dalam pemasangannya, sehingga kualitas signal kurang, lihat cara memasang parabola dengan mudah
  2. Kesalahan memasukkan Transponder
  3. Receiver sudah lemah/ rusak
  4. LNB lemah atau rusak
Nah dari beberapa tahap diatas mudah-mudahan bisa membantu, yang terpenting dalam menambahkan siaran adalah dengan memasukkan transponder baru ke dalam receiver tersebut kemudian discan, maka channel yang diinginkan akan masuk. Namun jika kesulitan kita bisa scan otomatis saja. Agar semua channel bisa diperbaharui.  Untuk lebih lengkap lihat pada cara setting receiver parabola digital

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Menambah Siaran/ Channel di Receiver Parabola"

  1. sy sudah coba cara diatas menggunakan Receiver Matrix Starlink V HD Ethernet tp ko ga bisa ya / zoonk alias ga ada yg nyangkut, itu kenapa ya....? sy pake dish bekas aora.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Cara diatas berlaku jika satelit yang dituju sudah tertangkap. Selanjutnya Satelit yang di lock agan apa, Kalau bekas aora saran saya lock aja satelit chinasat 11 dengan LNB ku band, kemarin saya sudah post caranya.

    ReplyDelete
  3. Maaf mas mau tanya... sy punya reciver aora.sy lock satelit chinasat11,sinyalnya ngunci,tapi gak mau scan dan nyantol siaran.(reciver aora tidak dilengkapi menu scan,baik otomatis maupun manual)
    Mohon dibantu ya mas... gmn caranya biar siaran ninmedia bisa sy nikmati dengan receiver aora.
    Terimakasih sblumnya.,,

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah pakai rx aora jadi mohon maaf belum bisa kasi jawaban

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.