Pertimbangkan hal berikut sebelum membawa ke tukang servis

Setiap barang maupun alat rumah tangga baik elektronik maupun otomotif yang rusak, tentu harus ada pertimbangan terlebih dahulu sebelum membawanya ketukang servis atau bengkel. Seperti TV, Sepeda motor, Magic com, Blender, Lampu dan sebagainya. Kadang kita harus berfikir apakah barang yang rusak tersebut sebaiknya diperbaiki atau beli yang baru saja. Meski begitu kadang ada saja yang tanpa pertimbangan langsung membawanya ke tukang servis. Oleh sebab itu berikut ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat sebelum anda membawa perangkat yang rusak ke bengkel.

1. Perbandingan biaya servis dengan harga baru
Saat kita menyerviskan barang tentu akan ada biaya yang harus kita bayar, Seperti :
  • Biaya pergantian onderdil/ komponen
  • Biaya tukang servis
  • Biaya Transport dan sebagainya
Oleh sebab itu jika assesoris/ onderdil yang harus diganti harganya lebih mahal, sebaiknya kita beli baru bukan? belum lagi ongkos teknisinya.

2. Lokasi Servis
Selain biaya servis tentu kita juga harus pertimbangkan apakah lokasi tukang servis jauh dari tempat kita, atau dekat. Jika jauh tentu akan memakan biaya transportasi dan juga capeknya itu? Membawa kesana kemari. Lalu bagaimana sebaiknya, jika bisa cari tukang servis panggilan. Meski biayanya agak mahal tapi kalau masih bisa dijangkau dibanding beli baru, kenapa tidak?

3. Jenis kerusakan
Setiap barang yang rusak tentu ada penyebab kerusakannya, entah itu TV, HP, Komputer dan sebagainya. Misalkan sebuah Televisi rusak terbakar mesinnya, apakah kita akan bawa ketukang servis, itu terserah anda. Jika TV tersebut memiliki harga yang jauh diatas biaya perbaikan, justru akan lebih bagus diservis.

4. Garansi barang
Jika barang yang rusak masih memiliki garansi, tentu akan lebih bagus dibawa kemana saat kita beli sebelumnya. Karena kita akan mendapat petunjuk bagaimana menangani hal tersebut. Namun kita juga harus mempertimbangkan lama pengerjaan dan juga pengiriman barang (jika ada).

5. Kondisi keuangan
Jika kondisi keuangan kita sedang menurun, tentu harus dipikirkan dulu, takutnya yang dirumah bisa tidak kebagian nantinya. hehe

Nah dari kelima hal tersebut sebenarnya masih banyak namun secara umum yang penting kita bisa mengetahui bahwa setiap barang yang diservis belum tentu akan selalu bisa kembali normal seperti sedia kala. Makanya perlu adanya pengetahuan mengenai barang yang akan diservis tersebut. Untuk itu mari kita belajar tentang tekhnologi agar tidak tertinggal dari negara yang lain. Terimakasih.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Pertimbangkan hal berikut sebelum membawa ke tukang servis"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.