Cara Membersihkan Catridge Printer dengan Baik dan Benar

Catridge pada printer kalau sudah lama tidak digunakan biasanya akan menimbulkan kerak pada bagian bawah. Hal ini disebabkan karena tinta pada lubang tersebut kering atau ada debu yang menempel disitu. Untuk itulah perlu penanganan khusus untuk membersihkannya. Karena jika tidak segera dibersihkan, lama-lama akan rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini masputz.com akan share mengenai cara memperbaikinya dengan baik dan benar.

Perlu kita ketahui bahwa catridge merupakan komponen penting yang harus ada pada printer, Jika tidak ada alat ini, dapat dipastikan printer tidak akan bisa digunakan. Karena fungsinya yang menuliskan apa yang diperintahkan oleh laptop maupun komputer. Jenis catridge banyak sekali macam dan jenisnya. Seperti Merk Cannon dengan tipe MP258, 287, MP140, ip2770, ip1900, MX  dan sebainya atau dengan merk HP, Brother, Epson dan lain-lain. Semuanya menggunakan komponen ini. Lalu apa yang terjadi jika tinta tersumbat kotoran atau tinta kering tidak dibersihkan?
  • Garis-garis kosong pada hasil cetakan
  • Hanya dua atau 1 warna saja yang berfungsi
  • Pada kasus yang sangat parah, tinta tidak mau keluar sama sekali 

Untuk itu berikut cara membersihkannya:
  1. Siapkan air hangat atau pembersih tinta dan tisu halus yang tidak berbekas.
  2. Ambil Catridge dari printer
  3. Tuangkan atau teteskan air hangat pada tisu lalu usapkan pada bagian bawah catridge yang mengeluarkan tinta.
  4. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga tinta benar-benar bisa keluar dengan sempurna
  5. Pasang kembali catridge pada printer dan lakukan percobaan
Cara diatas merupakan hal mendasar yang bisa kita lakukan secara berkala, meski printer jarang digunakan. Selain itu biasanya jika kita tempelkan tisu pada bagian bawah catridge akan terlihat bekas tinta yang rata dan tidak terputus. Karena kita tahu sendiri bahwa harga catridge cukup mahal, apalagi pada merk canon. Untuk itu merawat catridge juga cara terbaik agar printer tetap awet dan tahan lama.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Membersihkan Catridge Printer dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.