Cara Memasang Tone Control pada Power Amplifier

Memasang Tone control sebenarnya sangat mudah, karena kita tinggal menghubungkan input, output dan power supply. Jenis jenis tone control secara umum dibedakan menjadi dua yaitu tone control aktif dan pasif, keduanya sama-sama berfungsi untuk mengatur frekwensi audio pada amplifier, seperti bass, treble, midle, volume. Sehingga nantinya suara pada speaker lebih enak dan mantap didengar. 

Kit tone control banyak sekali dijual ditoko elektronik dengan berbagai model, mulai yang sederhana sampai yang terbaik. Umumnya kit tersebut memiliki 4 - 6 channel ada yang mono ada juga yang stereo. Biasanya yang sering digunakan untuk ampli standar seperti 100 watt sampai 500watt adalah tone control 5/6 channel dengan menggunakan IC. Untuk kualitas yang lebih bagus ada juga yang menggunakan jenis parametrik. Baiklah langsung saja berikut ini adalah contoh cara menghubungkan dan penyambungannya pada power amplifier. Merk tone control yang bagus sebenarnya sangat banyak, kita tidak bisa beranggapan bahwa tone control yang bagus akan selalu cocok dengan semua jenis power amplifier. Karena struktur rangkaian juga harus sesuai antara tone dengan power. Untuk hasil bagus sebaiknya jika kita menggunakan kit dari toko, pilihlah antara tone control dan power dengan merk yang sama.

Cara memasang Tone Control merk Bell Stereo

Kebetulan contoh gambar diatas adalah jenis tone control stereo yang sudah dilengkapi dengan power supply 15V simetris dengan menggunakan IC7815 dan 7915. Jadi tidak perlu lagi kita buatkan rangkaian power supplynya lagi, kita tinggal menghubungkan jalur kabelnya saja. Namun ada juga jenis tone control yang menggunakan tegangan + dan - saja. 

Langkah penyambungan
  • Hubungkan 18V, CT dan 18V Trafo dengan 15V, 0, 15V. Sebaiknya gunakan kabel serabut yang bagus.
  • Sambungkan Input Tone control yang terdiri dari Right (R) Left (L) dan Ground(0) dengan input panel.
  • Sambungkan Output Tone Control yang terdiri dari R, L, dan 0 dengan input power.

  • Sampai disini proses penyambungan sebenarnya sudah selesai.
  • Saatnya memasang tone control pada box ampli.
Hal yang perlu diperhatikan dalam memasang tone control
  • Gunakan kabel serabut yang bagus untuk jalur tegangan
  • Gunakan kabel skerm atau kabel yang isi 3 untuk jalur audio
  • Jika Potensio tidak sesuai dengan box, kita bisa menghubungkannya dengan kabel pelangi.
  • Jika box ampli tidak terbuat dari bahan konduktor, maka body potensio sebaiknya diground agar tidak ada noise.
  • Jika ditrafo tidak ada 18V kita bisa menggunakan 20V, kalau dibawah 15V sebaiknya jangan. Karena tone control tersebut menggunakan IC 7815 dan 7915.
Mungkin itu saja sementara yang saya ketahui, jika ada kendala mohon maaf karena terkadang setiap tone control memiliki struktur rangkaian yang berbeda, jadi sebaiknya kita teliti terlebih dahulu sebelum menyambungnya. Lihat juga skema rangkaian tone control sederhana

Berlangganan update terbaru secara gratis:

33 Komentar Untuk "Cara Memasang Tone Control pada Power Amplifier"

  1. Untuk tegangan power ampli gmana bos? maaf nih nubi

    ReplyDelete
  2. Lihat di daftar isi aja gan, udah ada diposting kmrn.

    ReplyDelete
  3. Maaf mas, kalo tone nya stereo trus powernya ocl 150 mono gimana masangnya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang salah satu saja, Pilih R (right) atau L (left), kemudian satunya dengan ground. Misalnya R dengan Ground atau L dengan Ground

      Delete
  4. Mas aku ada tone control,,rencana arusnya aku ikutin arusnya power ampli tp sumber arus cuma minta + dan - aja gk pake ground.,sedangkan power amplinya kn pake arus simetris Itu nyambungnya ke power supply gmn mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih + sama ground saja, tapi sesuaikan juga tegangannya. Tapi lebih bagus kalau yang ada tegangan extra pada trafonya.

      Delete
    2. Mas numpang nanyak saya kan pakek power dtk mono>tc parametrik trus untuk power travonya 5 amper murni dan tc.nya travo 1 amper. saya mau nambahin preamp mic yg jdi masalah selalu timbul dengung ..mohon solusinya.trmks.www.mojief.com

      Delete
  5. salam kenal dari kami
    artikelnya mantab gan.kami menyediakan perlengakapan sound system TOA dengan harga nett www.suryaelektronik.com

    ReplyDelete
  6. Mas numpang nanyak saya kan pakek power dtk mono>tc parametrik trus untuk power travonya 5 amper murni dan tc.nya travo 1 amper. saya mau nambahin preamp mic yg jdi masalah selalu timbul dengung ..mohon solusinya.trmks

    ReplyDelete
  7. masang preamp micnya dimana gan?.. Biasanya preamp mic tidak melalui parametrik.

    ReplyDelete
  8. Maaf gan tanya parametric pre amp noise sebab apa gan ya, tegangan ok, ic 7815-7915 ok, apa kabel2 yang ke potensio pengaruh9 ekarang yang lagi dipakai kabel head isi 3 -merah, putih ,serabut tembaga)
    terimaksah sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Kalau itu banyak kemungkinannya gan, bisa jadi frek input audio terlalu tinggi (tambahkan resistor 100K pada input) selanjutnya masing2 body potensio hubungkan ke ground, power supply bermasalah dan sebagainya.

    ReplyDelete
  10. Jumpa lagi sekalian mau nanya mas.... Bisakah 1 TC dipasang untuk 2 PA stereo. Moga aja bisa dah.., klo bisa bagaimana pemasangannya?

    ReplyDelete
  11. Kalau saya disuruh jawab, tentu saja bisa. Hal ini sama halnya menggunakan sebuah mixer untuk banyak power. Untuk caranya out TC r dan l dihubungkan ke masing2 power. hubungkannya pakai capasitor.

    ReplyDelete
  12. salam kenal mas. mas saya mau nanya ni, saya ada beli 2 unit power ampli blazer x6 mono. terus saya pakai tone contor stero. pertanyaan nya, bagaimana cara menghubungkan output L dan R tone contol kemasing2 power tsb ?
    jika ditambah kapasitor ukurannya berapa dan disambungkan kemana mas serta untuk groun nya di sambung kemana mas. trima kasi mas sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Salam kenal juga, untuk tone tentu dipasang sebelah- sebelah, artinya power A dengan tone R dan GND. Power B dengan tone L dan GND.. Pertanyaan saya itu kapasitor untuk apanya. APakah untuk power supply. Jika ya hal itu tergantung daya Powernya berapa watt. Kalau 500W minimal 10000uF dengan Trafo 10A. Untuk ground disambung ke CT trafo. Jika masih bingung silahkan kirim melalui menu contact form diatas.

    ReplyDelete
  14. Ask# saya punya power bekas speaker aktif kemudian sy mau ganti tone control simetrik... Bisakah power suplynya nggabung sama PA cara masangnya gimana gan... thank

    ReplyDelete
  15. Bisa saja mas, tingggal buatkan rangkaian penyearah lain khusus untuk tone controlnya. Namun Trafo yang digunakan sama.
    Biasanya kalau pada tone control speaker aktif tegangan diambilkan dari power supply yang sama namun khusus untuk tone diturunkan tegangannya.

    ReplyDelete
  16. Mas klo tone control nya di ganti pake kit sub 2.1 bisa ngk., trus arus buat input power ampli nya via output spk dari kit sub 2.1 .,nah klo emng bisa itu di parare,di seri atau pilih salah satu aja antara R atau L mas. Terimakasih atas ilmu2 yg udah di berikan., smoga panjang rizky nya . Aamiin

    ReplyDelete
  17. Wah kurang paham saya malahan dengan pertanyaannya masksudnya kit sub 2.1 itu sperti apa ya Mas

    ReplyDelete
  18. mas kalau memasang galaxy yang setero .trus tune controlnya mono .gimana mas?

    ReplyDelete
  19. gunakan sebelah saja gan pada galaxy nya

    ReplyDelete
  20. Mas.. Tolong di kasih penjelasan untuk pemasangan stereo tone kontrol C50 bell soalnya di kit tone control ad tulisan flat out dan equlize output L R G L R Yang di pakai yang mana..
    Driver nya pakai blazer 500 watt.

    ReplyDelete
  21. saya punya amplifier yg sudah satu pcb dengan tone control gan,trus saya ingin mnmbahkan input mic menggunakan tdk.
    apa bisa output dari tdk lgsung saya hubungkan ke input tone control?
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  22. saya punya amplifier yg sudah satu pcb dengan tone control gan,trus saya ingin mnmbahkan input mic menggunakan tdk.
    apa bisa output dari tdk lgsung saya hubungkan ke input tone control?
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  23. Bisa sebenarnya gan, tapi pengalaman saya dulu tidak bisa bersamaan dengan input musik, jadi harus ada mixer untuk menggabungkannya. paling tidak dibuatkan saja mixer mini gan.

    ReplyDelete
  24. gan speaker aktif ane yg mono.. suaranya ldang gde kdang kcil trus sring bledug2 gresek pdhal udah ane ganti potensio.nya tpi msh tetep kya gtu kira2 apa.nya ya gan mhon pencerahan.nya.. terimalasih

    ReplyDelete
  25. Mas klo tone control ct 12 volt trus sya pke inverter di mobil outnya jd 24 votl ct, ap bs mas buat tone control ct 12 volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gunakan yang 12 V saja, itu CT atau biasa kebutuhannya, klo CT pake inverter 12 V gan

      Delete
  26. Gan nanyak kalau amplimini 16 watt di input kan ke AUx ampli power 130 watt ,bisa ato enggak gan..

    ReplyDelete
  27. Mas saya bikin power kalo gak pake tune control keluar gak ya suaranya

    ReplyDelete
  28. Mas put, minta pencerahan dong, aku punya ampli nih (yg ada tone controlnya), di play suara oke" aja, cuman stelah saya tambah pake parametrik (rakitan) kenapa suara malah ga keluar, cuma kemresek dan dengung. Sedangkan parametrik itu kalo aku pasang di power aku satunya suara normal, kira" apa yg salah ya, tolong dong.
    Spek singkat ampli:
    .trafo murni 5A 32v
    .elco 10000uf 100v 2 buah
    .dioda kiprok 25A
    .driver power DTK pd.1000 400W stereo
    .dan, stereo tone control bifet by scorpion dg ic 78n15 & 7915

    Dan ada nomer atau pin yang bisa di hbungi ga?
    Nih pin aku D1718E85 tolong di invit

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin arusnya belum masuk ke parametrik, atau ada jalur yang kurang tepat di parametrik, coba di cek lagi gan

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.