Membuat Rangkaian Anti Maling Sepeda motor sederhana

Rangkaian anti maling sangatlah berguna bagi kita yang ingin mengatisipasi terhadap pencurian kendaraan bermotor, untuk membuatnya tidaklah terlalu susah, kita hanya membutuhkan sebuah relay sebagai saklar dan rangkaian bel seandainya ada orang yang hendak mencuri sepeda atau kendaraan lainnya. Oleh karena itu jika kita bisa membuatnya sendiri kan apa salahnya. Apalagi ekenomi yang semakin sulit ini banyak yang belum mampu membeli perangkat anti maling tersebut.

Prinsip kerjanya adalah jika relay terhubung dengan tegangan aki maka bel akan terhubung dengan tegangan (jika pakai bel) atau jika dihubungkan dengan klakson, maka kita akan mendengarkan bunyi klakson berkepanjangan. Meski sangat sederhana jika kita buat sendiri tentu hasilnya akan memuaskan dan menjadi yang terbaik tentunya. Untuk masalah pemasangan saklar relay kita bisa numpang pada kunci kontak, jadi saat kontak dinyalakan maka relay akan terubung aki. Nah berikut contoh skema relaynya.

Pada gambar tersebut dapat kita lihat bahwa yang penting anda harus menyembunyikan saklar DPDT yang nantinya akan digunakan untuk mengaktifkan relay atau kontak starter, Jadi ada dua pilihan, misalnya jika kita tekan maka kontak sepeda motor berfungsi sebagaimana biasa, lalu jika kita offkan maka yang bekerja adalah relay yang nantinya akan menghidupkan klakson atau sirine, yang penting suara yang dihasilkan keras dan dapat didengar orang-orang disekitarnya, Selain itu kalau bisa sembunyikan saklar agar tidak diketahui orang lain. Sehingga motor tetap aman terkendali.

Bagaimana mudah bukan, Jika ingin mempraktekkannya sekarang tinggal anda bongkar-bongkar saja sepeda motornya kemudian belikan relay 12VDC dengan harga sekitar 12 ribuan kalo ditempat saya, nanti silahkan dirangkai seperti gambar diatas, Selain untuk motor, bisa juga diterapkan untuk mobil atau kendaraan lainnya. Untuk Alarm/bel anda bisa coba membuat rangkaian sirine polisi biar malingnya pada kaget hehe.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Membuat Rangkaian Anti Maling Sepeda motor sederhana"

  1. Itu relay 4 kaki atau 5 kai yg di pakai? N kaki yg msuk ke klakson itu kaki no brp, soalnya gambar simbol relaynya kurang jelas... mhon bgt pencerahannya...untuk tugas kuliah

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.