Memperbaiki Radio Penerima Am-Fm Mati Total

Radio Penerima AM dan FM sekarang ini sudah jarang sekali orang menggunakannya, palingan orang yang sudah tua saja yang sering memakainya untuk bernostalgia. Kalau anak muda mungkin sudah banyak beralih ke Handphone atau Smartphone, karena didalamnya juga ada fitur untuk radionya.

Beberapa waktu lalu saya pernah diminta memperbaiki Radio Am-Fm oleh seorang kakek, katanya radionya tidak bisa hidup sama sekali atau biasa disebut dengan mati total. Dicolok ke listrik tidak mau hidup, pakai baterai juga gak mau hidup. Kemudian saya lihat radionya, ternyata untuk selektor Am, Fm, Volume dan On/off sudah menggunakan sistem digital. Namun untuk tunnernya masih manual dengan menggunakan Varco (Variable Condensator).

Seperti pada gambar diatas itulah penampakan radio punya si mbah, dan berikut adalah tahapan yang saya lakukan untuk memperbaikinya.
Cara Memperbaiki Radio Fm Mati Total
  1. Memeriksa kabel steker dengan multimeter, ternyata masih bagus.
  2. Cek konektor AC/DC tidak ada masalah
  3. Kemudian cek trafo dengan multimeter skala ohm, ternyata tidak masalah.
  4. Cek Dioda penyearah dan elco pada power supply, tenyata ditemukan dioda putus
  5. Setelah ditemukan ada dioda yang putus kemudian segera saya ganti dan akhirnya radio bisa nyala kembali.
Dari beberapa tahapan diatas perlu kita ketahui juga bahwa kerusakan yang sama belum tentu penyebabnya juga sama, untuk itu beberapa hal diataslah biasanya yang menyebabkan mati total, Mungkin cukup sekian dulu, mungkin lain waktu akan disambung lagi, Jangan lupa lihat Penyebab Nasi cepat basi pada magic Com

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Radio Penerima Am-Fm Mati Total"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.