Cara Memperbaiki Remote yang Rusak dengan Mudah

Pada perangkat elektronik zaman sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan remote control, hal ini untuk mempermudah kita saat mengontrol alat tersebut dari jarak jauh. Namun bagaimana jika remote tersebut rusak?. Bagi orang yang sudah terbiasa memakai remote saat nonton TV, DVD player, Receiver digital Parabola, mengontrol Kipas angin, Lampu dan mainan anak-anak hal ini tentu akan merepotkan. Karena biasaya kalau sudah pakai remote mau mencet secara manual jadi malas. Begitulah tekhnologi yang bisa memudahkan seseorang dalam melaksanakan kegiatannya.

Remote control yang rusak bisa saja diperbaiki asalkan tidak terlalu parah. Karena komponen didalamnya hanyalah IC (chip), resistor, elco dan lainnya. Untuk itu berikut ini adalah step by step dalam memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Remote Rusak

  • Pertama pastikan baterai yang digunakan masih berfungsi dengan baik selanjutnya gunakan Kamera HP atau digital untuk mengecek lampu remote apakah masih menyala atau tidak. 
  • Caranya adalah dengan mengarahkan lampu ke kamera dan lihat pada layar HP saat dipencet apakah ada nyala lampu di remote. Jika tidak ada berarti remote memang rusak. 
  • Kemudian jika menyala tetapi saat digunakan  remote tidak berfungsi. maka kita perlu mengeceknya terlebih dahulu.
  • Bongkar casing pada remote dan kebanyakan tidak ada bautnya, jadi kita bisa mencongkelnya dengan hati-hati menggunakan alat pencongkel jika ada, atau gunakan besi tipis yang agak lebar agar casing tidak rusak.
  • Berikut contoh gambar remote kipas angin merk miyako, saya pilih karena jenis remote ini yang paling simple tidak banyak tombol, meski begitu isinya juga tidak jauh berbeda dengan remote lainnya.

  • Bersihkan bagian dalam remote dengan thinner atau pembersih lainnya. Untuk keypad kita bisa bersihkan dengan kuas saja, karena kadang kala pada keypad ini yng menyebabkan tombol hanya berfungsi sebagaian saja.
  • Pada jalur (layout) tombol periksa apakah ada yang putus atau tidak dengan menggunakan multimeter skala ohm. Jika ada yang putus segera disolder.
  • Namun jika setelah diperiksa semua aman-aman saja tapi remote tidak berfungsi. besar kemungkinan yang rusak adalah kristal 455Hz, biasanya ada yang berkaki 2 atau tiga, bentuknya seperti capasitor keramik.
Mungkin itu saja cara mudah dalam mereparasi remote ini, Pada jenis remote lainnya cara memperbaikinya juga tidak jauh berbeda. Untuk itu mohon maaf jika ada kekurangan dalam postingan kali ini. Jikalau kita tidak mau ribet sebenarnya bisa saja kita belikan remote universal yang bisa untuk segala TV , DVD atau receiver,. Namun kadangkala tombolnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Maka tidak ada salahnya jika kita mencoba cara diatas. Lihat juga cara setting remote universal TV, DVD dan receiver

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Remote yang Rusak dengan Mudah"

  1. wah sangat membantu gan thanks

    ReplyDelete
  2. Mas, remote receiver merk Matix Turbo III Spark tidak bisa digunakan, sudah ditest pakai kamera digital lednya nyala, setelah dibongkat tidak ada kristal 455 Khz, yang ada komponen IC dan Elco, apa mungkin komponen penerima sinyal remote di receiver yang rusak ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. bisa jadi gan, jadi coba dulu pakai remote lain apakah sama, karena saya juga pernah ngalami dibagian penerima yang rusak

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.