Cara Memperbaiki Magic com/ Rice Cooker

Semua orang pasti sudah familiar dengan Magic com, yaitu alat untuk memasak dan menghangatkan nasi. Kalau dulu ada yang namanya magic jar yang hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi saja, kemudian ada rice cooker yang hanya memasak saja. Namun sekarang sudah bisa digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan, sehingga disebut magic com. Harganya pun cukup bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribu. Mulai dari yang ukuran mini hingga yang besar dengan berbagai merk, misalnya Miyako, National, Cosmos, Yongma, dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini masputz.com akan share tips memperbaiki magic com yang rusak, meski pada dasarnya komponen didalamnya hanya elemen, saklar dan otomatis saja. Namun jika belum pernah membongkarnya, pasti akan kesulitan saat memperbaikinya.

Jenis kerusakan Magic com dan cara mereparasinya.

1. Magic com rusak mati total
Kerusakan ini bisa jadi yang terparah atau bahkan yang termudah. Untuk memperbaikinya adalah dengan mengecek dahulu kabel steker dengan multimeter. Jika masih bagus selanjutnya kita cek bagian thermofuse, caranya juga sama dengan mengecek kabel steker. Jika sudah ditemukan kerusakannya selanjutnya adalah menggantinya dengan yang masih bagus.

Thermofuse
2. Magic com Tidak bisa Panas
Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena saklar tidak berfungsi dan Elemen pemanas yang putus. Perlu kita ketahui bahwa didalamnya ada 1 Elemen pemanas dan 2 buah elemen penghangat. Jadi jika elemen pemanas rusak, Magic com tidak bisa digunakan untuk memasak, namun masih bisa untuk menghangatkan. Begitu juga sebaliknya. Untuk mereparasinya, tentu harus kita ganti dengan yang baru pada bagian yang rusak. Selain itu ada juga yang disebabkan karena per tidak berfungsi dengan baik sehingga saat kita taruh panci didalamnya saklar tidak terpencet.

3. Magic com tidak bisa njeglek otomatis.
Biasanya hal ini disebabkan karena otomatis sudah rusak atau saklar tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaikinya tentu harus kita ganti otomatis magic com atau biasa disebut thermostat. Jika saklar rusak tentu harus diganti juga. Selain itu bisa juga disebabkan Led Panel tidak berfungsi.
4. Nasi mudah basi, meski baru dimasak.
Mengenai hal ini biasanya karena elemen penghangat rusak pada bagian tutup atau di bagian samping. Namun tidak menutup kemungkinan ada kabel yang putus pada element, untuk mengecek elemen yang putus bisa dengan menggunakan multimeter pada skala ohm. 

5. Nasi mudah kering.
Hal ini bisa disebabkan oleh bocornya tutup magic com atau bisa juga karena thermostat tidak bekerja dengan baik.

Cukup simpelkan?, karena pada dasarnya komponen pada magic com tidak banyak, jadi kerusakan biasanya ya cuma itu - itu saja. Yang penting kita harus teliti dan hati-hati saat mereparasinya. Semoga berhasil dan lihat juga Memperbaiki pompa air mengalir lambat

Berlangganan update terbaru secara gratis:

28 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Magic com/ Rice Cooker"

  1. Thankz gan,sangant membantu,, megicom dirumah ane rusak dan ane ganti termofuse nya,dan alhasil sukses bingit...
    Taapi nomer nya ga sesuai sama yg bawaan nya,ngaruh g y nanti nya,tkt g kuat!?

    ReplyDelete
  2. Kalau rice comnya berbau gosong/terbakar gimana ya ?

    ReplyDelete
  3. masang-termopuse-ygkseperti-kancing---bagaiana----kan-tepatnya-sepittt

    ReplyDelete
  4. Copot dan pasang pakai tang, dan jangan disolder

    ReplyDelete
  5. Cara bongkar magic jarnya gimana ya gan....

    ReplyDelete
  6. Ada baut dibawah 3 buah biasanya, lalu di congkel pake obeng pipih, tp hati2 jgn sampai patah pengaitnya

    ReplyDelete
  7. Gan, numpang tanya.... Magicom miyako 6 in 1 mcm 706 kenapa indikatornya menyala semua ya?
    Pernah ngga dipakai, pas dipakai normal tetapi tdk lama kemudian indikatornya nyala semua.... Nasi blm mtg. Di cabut listriknya dan dicolokoin lagi masih nyala semua...dipencet cook atau lainnya ngga bisa ... Masih nyala semua.. Tlg beri pencerahannya gan thanks...

    ReplyDelete
  8. Kemungkinan switch untuk menghangatkan dan memasak short atau sudah rusak gan.

    ReplyDelete
  9. Mas kl setelah nasi mateng itu udah gak mau panas mas...jd lama2 nasi dingin.apanya yg rusak ya mas.mohon pencerahan

    ReplyDelete
  10. Kemungkinan elemen penghangat rusak Mbak. biasanya ada dua yakni disamping dan dipenutup magic com.

    ReplyDelete
  11. gan mejic com aku gosong d buat nanak nasi, dan suami buka gak bisa karna bautnya d bawah ada dua, setelah d lepas tetep gak bisa d buka

    ReplyDelete
  12. kalau belum pernah dibuka sama sekali memang agak sedikit susah, coba setelah dibuka bautnya dicongkel pelan-pelan tepat dibawah saklar penanak nasi. Atau gunakan metode congkel ban motor.

    ReplyDelete
  13. Kalo lampu nya ga nyala gimana tuh?

    ReplyDelete
  14. Ya perlu dicek juga Mbak, Apakah lampu indikator yang mati atau putus jalurnya. Kalau lednya saja yang mati cukup ganti baru saja. Dengan catatan masih bisa untuk masak, cuma lampunya aja nggak nyala.

    ReplyDelete
  15. Mas m.com sya tiba2 terbakar kira2 apa ya yang rusak tp lampu indikatornya masih menyala semua. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Magic comnya apa masih panas saat diaktifkan?. Mungkin thermostat bermasalah. Sehingga tidak off ketika nasi sudah masak

    ReplyDelete
  17. Mas klo nasi mudah kering dan gosong kenapa ,thanks

    ReplyDelete
  18. Mungkin tongolannya rusak gan sehingga uap air dari nasi banyak yang keluar

    ReplyDelete
  19. Mas. rice cooker saya tidak bisa berfungsi total. Tidak bisa memasak nasi, lampu indikator mati. Itu apanya ya yang rusak mas? Tolong pencerahannya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
  20. kebanyakan itu karena thermofuse yang rusak. coba di cek

    ReplyDelete
  21. Magic com saya ngk bisa memasak. Tapi kalau menghangatkan bisa. Kira2 apa nya ya yg rusak. Mksh

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi elemen untuk masak rusak, thermostatnya rusak atau mungkin saklar didalamnya. Jadi cek satu2 dulu

    ReplyDelete
  23. Saya baru beli rice cooker, baru dipakai satu kali, ketika memasak nasinya tidak masak dan airnya tetap banyak (tidak mau kering). Itu kenapa ya kira2

    ReplyDelete
  24. Maaf Om..
    Klo magic com Miyako mcm 706 thermostatnya dmn ya,koq g ada,klo mau ganti bisa g?klo thermosfuse ada tp koq thermostatnya g ada..

    ReplyDelete
  25. Min. Magic com ku merk cosmos cjr 520. Setiap digunakan untuk masak nasi,pada saat air mendidih tiba2 tutupnya kebuka sendiri. Kaya kurang kenceng. Dan berasa banget kaya tekanan dr dalam bisa membuka tutup sendiri... padahal baru hlo. Gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan masak nasinya terlalu penuh gan, coba kurangi volume memasaknya

      Delete
  26. mas mau tayak ni. yongma saya lampu cook nya gk nyalah ya mas.. tapi tes ke multi meter hidup mas. dia gak mau masak nasi nya mas dan lampu nya juga mati mas tapi fuse nya mesik bagus mas.. jadi masala nya apa ya mas.. mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  27. coba cek thermostat atau saklarnya, apakah masih bagus

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.