Memperbaiki Dispenser Tidak Bisa Panas/ Dingin

Pada umumnya dispenser digunakan untuk mengalirkan air dari galon ke gelas. Namun seiring berkembangnya zaman dispenser sudah dilengkapi dengan pemanas  dan pendingin, sehingga air yang keluar dari kran dispenser bisa panas atau dingin. Diantara kebanyakan orang dispenser merk miyako lebih banyak di gandrungi, karena harga yang murah dan banyak dijual dipasaran. Untuk itu berikut ini akan di share mengenai berbagai kerusakan pada dispenser.

Kerusakan pada dispenser yang sering terjadi dan cara mereparasinya.

1. Dispenser tidak menyala atau mati total
Hal ini ditandai dengan tidak menyalanya lampu LED merah atau hijau saat dinyalakan. Biasanya disebabkan adanya kabel yang putus, saklar rusak atau thermofuse putus jika menggunakannya. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter pada skala ohm. Jika sudah ditemukan bagian yang rusak tinggal kita ganti saja.

2. Dispenser tidak mau panas
Bisa jadi disebabkan oleh elemen pemanas putus, atau thermostat rusak. Cara mengeceknya sama seperti diatas yaitu dengan menggunakan multimeter skala ohm.


3. Dispenser tidak mau dingin
Beberapa jenis dispenser sekarang ini sudah dilengkapi dengan pendingin. Jika mengalami kerusakan biasanya disebabkan oleh thermostat rusak, namun cek dulu apakah thermostat dalam posisi naik, atau tidak. Selain itu cek juga bagian kompresor apakah maasih bisa bekerja atau tidak. Jika tidak coba periksa Relay dan Overload yang menempel pada kompresor.

3. Dispenser Bocor
Hal ini bisa disebabkan seal pada kedua kran rusak, selang dan tabung stainless didalam dispenser bocor. Untuk itu perlu ditambal atau diganti jika memungkinkan.

Dari beberapa kerusakan tersebut. Sebenarnya untuk dispenser pemanas sistem kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan pemanas air lainnya. Mohon maaf jika gambar masih kurang, lain waktu akan diupdate (jika tidak ada halangan) Terimakasih sudah berkunjung dan lihat juga Cara memperbaiki magic com/ Rice cooker

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Dispenser Tidak Bisa Panas/ Dingin"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.