cara memasang kapasitor pada mesin cuci

Mesin cuci yang lemah putarannya atau hanya mendengung bisa saja disebabkan oleh kapasitor yang rusak. Oleh sebab itu kita perlu menggantinya. Namun sebelum itu kita harus tahu dulu jenis mesin cuci tersebut, apakah menggunakan 1 tabung atau 2 tabung. Selanjutnya berapa Kilo gram kapasitas mesin cuci tersebut. Sehingga nantinya kita bisa tahu ukuran kapasitor yang akan dipasang. Karena biasanya Untuk ukuran mesin cuci kapasitas kecil seperti 6 kg tentu ukuran Kapasitornya lebih kecil dibanding ukuran diatasnya.

yang perlu kita ketahui adalah bahwa mesin cuci banyak sekali macamnya, akan tetapi semua ada kapasitornya, Untuk itu sebelum membeli kapasitor yang baru sebaiknya samakan saja nilainya dengan kapasitor yang rusak sebelumnya.
Mesin cuci 2 tabung

Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Perhatikan skema diagram berikut
Pada gambar tersebut dapat kita lihat yang ditandai merah adalah letak pemasangan kapasitor pada mesin cuci 1 tabung. Untuk pemasangannya cukup mudah karena hanya terdiri dari dua kabel saja dan boleh dibolak balik.

Selanjutnya coba perhatikan jenis kapasitor dibawah ini yang terdiri dari empat buah kabel. Kebanyakan kapasitor hanya ada dua kabel, namun jika terdiri dari empat atau tiga kabel berarti didalamnya ada dua buah kapasitor yang terintegrasi dalam sebuah body Kapasitor, Untuk itu biasanya disitu tertulis 2 nilai berbeda, misalnya 10uF dan 4uF beserta warna kabelnya. Nilai yang besar biasanya untuk motor pencuci dan yang kecil untuk motor pengering,
Selain itu untuk memasangnya sebenarnya sangat mudah, pertama kita buka dulu penutup mesin cuci yang biasanya ada dibelakang. Maka didalamnya akan kita dapati kapasitor yang menempel dibagian bawah.

Untuk warna kabel biasanya dibelakang mesin cuci sudah tertera, karena tidak semua warna akan sesuai dengan kapasitor yang dibeli maka yang perlu kita perhatikan adalah jika terdiri dari 4 kabel berarti kabel yang mengarah ke motor pencuci adalah dengan nilai besar, sedangkan untuk pengering adalah nilai dibawahnya, biasanya berkisar antara 3 - 5 uF.  Pemasangan kabel tiap nilai boleh dibolak balik. Lihat juga Memperbaiki mesin cuci Turbo Drum

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "cara memasang kapasitor pada mesin cuci"

  1. bolehka capasitor 6uf disambung dengan
    spin moto 5uf

    ReplyDelete
  2. salam succes gan&min,sya mau tanya,jika mesin cuci kapacitor lemah,apa ga masalah jika pake kapacitor baru ukuran sama,namun yg lemah tetap di pasang,intinya di dobel kapacitor?mohon jwban nya gan.

    ReplyDelete
  3. boleh kah mesin cuci pake dobel kapacitor?

    ReplyDelete
  4. Pada mesin cuci 2 tabung tentu menggunakan 2 buah kapasitor untuk pencuci dan pengering. Jika dalam satu motor listrik kapasitornya di dobel dengan ukuran sama itu tidak boleh gan, karena dikhawatirkan kapasitor yang lemah masih bisa menyimpan muatan. Sehingga kapasitas menjadi bertambah. Selanjutnya motor listrik akan menjadi panas dan bisa terbakar. Meskipun putaran bisa bertambah kencang.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.