Inilah penyebab noise pada Amplifier

Pada waktu yang lalu ada Bapak - bapak sambil membawa power amplifier rakitan, katanya saat dinyalakan suaranya selalu mendesis, kalau disentuh desis atau dengungan agak reda. Akhirnya saya coba sendiri, ya memang demikianlah kenyataannya. Amplifier dinyalakan suara desis agak mendengung terjadi sebelum dicolok ke audio input. Jadi kalau kita memutar musik tidak keras-keras, suara desis agak sedikit terdengar. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi kita yang mendengarkannya bukan?

Mendapati demikian, Amplifier saya bongkar dengan mencopot bautnya satu persatu. Ternyata dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini. Pemasangan yang amburadul dan pengkabelan yang tidak bagus tampak disini.
Dari penataan saja sebenarnya sudah bisa menjadi penyebab noise tersebut timbul. Ditambah lagi pengkabelan yang kurang kuat dan asal-asalan saja yang penting jadi. Untuk itu kita harus menata ulang kembali agar hasilnya bisa bagus.

Selain menata ulang kita juga bisa menambahkan resistor pada audio in sesuai dengan kebutuhan agar noise berkurang, Biasanya saya coba pakai 10K atau lebih pada bagian input audio, hal ini bisa juga di paralel dengan menggunakan elco kecil, jika dibutuhkan.

Memang kadang banyak orang menyepelekan hal ini, akan tetapi hasilnya tentu tidak akan bagus. Oleh sebaiknya kita menatanya sebaik mungkin. Biasanya saya juga agak menjauhkan antara trafo dengan power amplifier. Kabel yang digunakan juga yang bagus terutama untuk arus, line in & out.
Semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk melihat Cara mudah merakit power amplifier 200 watt

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Inilah penyebab noise pada Amplifier"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.