Tips Agar Mesin TV Tidak Mudah Panas

Kebanyakan setiap rumah sudah dilengkapi dengan Televisi (TV), namun pernahkah anda sentuh bagian body TV ketika dalam keadaan hidup, terasa panas atau tidak?. Jika tidak maka anda tidak perlu melanjutkan lagi membaca posting ini, sebab tidak ada masalah dengan TV anda, hehe. Oke lanjut lagi mengenai TV yang panas setelah beberapa lama dihidupkan sebenarnya merupakan hal yang wajar, hal itu pertanda bahwa Televisi sedang bekerja, Tapi jika panas yang terjadi sangatlah berlebihan, hal inilah yang patut anda waspadai. Sebab panas yang berlebihan bisa menyebab TV akan cepat rusak, mungkin komponen akan mudah terbakar, elco menjadi kering atau solderan yang retak. Oleh sebab itu butuh penanganan khusus agar hal tersebut tidak terjadi.
Cara Mengatasi TV yang terlalu panas versi masputz.com
  1. Pertama yang harus anda periksa adalah tempat dimana TV itu di letakkan, Jika didalam Almari tertutup, maka sebaiknya hal ini dihindari, karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk maupun keluar, Namun jika anda memaksa maka didalam rangkaian TV harus anda pasang kipas.
  2. Jika dari segi penempatan ternyata tidak masalah maka pemeriksaan selanjutnya adalah di bagian dalam TV, Bongkar casing TV dan bersihkan semua kotoran yang menempel di rangkaian, Jika ingin hasil maksimal gunakan saja tinner A untuk membasuhnya. Selanjutnya coba hidupkan beberapa saat, apakah masih panas, Jika ya berarti ada komponen yang setengah rusak.
  3. Periksa apakah ada percikan api yang keluar dari kop tabung, jika ada maka segera di rapikan kopnya, bisa jadi karena sudah usang atau longgar, berikan saja lem mudah-mudahan selesai permasalahan.
  4. Jika masih tetap panas juga maka jalan terakhir jika anda malas untuk bongkar pasang komponen maka pasang saja kipas AC atau DC di dalam rangkaian, Untuk kipas DC bisa anda ambilkan arus 9 -12VDC dari keluaran trafo AC matic regulator TV. dan pasang dekat rangkaian yang mudah panas.
Tips Mengatasi TV Agar Tidak Mudah Panas
Dari beberapa hal tersebut yang terpenting adalah bagaimana kita menggunakan TV tersebut, apakah dihidupkan tiap hari nonstop atau sehari cuma 3 jam dan sebagainya, jadi jika anda sering nonton TV, mudah mudah tips ini bisa membantu. karena pada dasarnya TV yang dihidupkan lama tanpa dimatikan pasti komponen akan menjadi panas.
Memasang DC fan
Baca juga Cara merakit TV
Saya sendiri setiap kali mengganti TV bekas dengan mesin baru, biasanya saya tambahkan kipas DC didalamnya, karena kita tahu mesin baru pabrikan cina biasanya mudah panas dan cepet rusak, oleh sebab itulah saya pasang kipas didalamnya. Mungkin bagi anda yang belum pernah bongkar TV sebaiknya hal ini jangan dilakukan sendirian sebab bahaya besar ada didalamnya. Cari orang yang ahli dibidangnya sebagai pendamping/ pengajar anda. Terimakasih Semoga membantu.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

6 Komentar Untuk "Tips Agar Mesin TV Tidak Mudah Panas"

  1. saya punya tv LED sharp yg sering ngadat pada tampilan gambarnya,..renyek mirip semut berwarna yg lg ngumpul,..

    coba di bawa ke tukang servis, tpi ga ada yg bisa,..meskipun ada tapi tarifnya lumayan mahal,..trus saya coba2 liat di youtube dan kebetulan ketemu solusi yg cukup sederhana..

    pada bagian konektor kabel fleksibelnya, saya bersihkan dg penghapus,..alhamdulillah sampai skarang normal dan bening seperti baru..



    ReplyDelete
  2. Wah berarti mas teguh ini selain ahli seo bisa juga nyervis TV LED ya, salut deh sama mas nya?

    ReplyDelete
  3. Maaf saya punya tv led merek tosiba 32 inchi
    Layarnya rusak akibat terjatuh.
    Dimana bisa dapatkan layar tersebut dan berapa kisarannya klo diperbaiki jadi normal kembali

    ReplyDelete
  4. COba cek di toko online mas biasanya banyak yang jual, biasanya harga diatas 1 jutaan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.