Tips memperbaiki Gambar TV Kabur (Blur)

Gambar yang blur atau tidak fokus pada televisi seringkali terjadi pada TV model lama atau tabung CRT. Oleh karena itu sebelum kita memperbaikinya sebaiknya kita cek terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Meski sebenarnya dijaman sekarang ini sudah menjadi musimnya TV LED atau LCD, namun banyak juga yang masih menggunakan TV jenis tabung. Berikut beberapa Cara yang bisa dipraktekkan.
Penyebab Gambar TV Kabur
  1. Tabung TV bocor atau sudah rusak
  2. Socket tabung CRT sudah kotor, berkarat, aus, bahkan patah.
  3. Pengaturan fokus flyback rusak.
  4. Elco bertegangan tinggi disekitar flyback rusak
Setelah kita cek televisi yang akan diperbaiki, dan kita temukan penyebabnya maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya

Cara Memperbaiki TV Blur (tidak fokus)
  • Langkah awal sebelum diperbaiki kita cek dahulu dipengaturan remote kita coba atur sharp, brightness dan sebagainya. jika tidak ada masalah lanjut ke langkah berikutnya.
  • Buka casing TV kemudian hidupkan, setelah itu coba atur fokus pada playback sambil memperhatikan ke layar TV apakah ada perubahan atau masih tetap blur, jika tetap. 
  • kita lanjut memeriksa komponen sekitar ply back apakah ada yang mencurigakan, jika tidak langsung saja ke bagian Socket Tabung CRT. Cabut secara perlahan-lahan agar kawat konektor tabung tidak patah. kemudian cek apakah ada kotoran yang menempel atau tidak. Coba bersihkan kemudian cek dengan multimeter apakah ada jalur yang putus. Jika ada segera diperbaiki. 
  • Setelah semua kita cek dan diperbaiki mari kita coba hidupkan TV. Jika belum juga berhasil. berarti anda harus bersabar. mungkin di lain waktu akan dipost jika saya pernah menangani hal selain yang disebutkan.
Jadi pada dasarnya saat mereparasi TV yang buram, Blur, tidak fokus yang penting harus bersabar dan berdoa semoga penyakitnya bisa ditemukan, namun saya sendiri paling sering jika mengalami kerusakan tersebut akibat socket yang kotor atau sudah tidak layak pakai lagi. Oleh karena itu selain yang sudah disebutkan, saya belum menemukan yang lain. Mungkin anda pernah mengalami penyakit yang lain silahkan tuliskan di komentar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

11 Komentar Untuk "Tips memperbaiki Gambar TV Kabur (Blur)"

  1. ya saya juga baru mengalami seperti ini

    ReplyDelete
  2. Mas saya mau tanya tv saya di.rumah lampu idektor kedap kedip suara sepeker bunyi seses tapi layar gelap

    ReplyDelete
  3. wah kalau itu harus dicek dulu. Tapi biasanya itu masalah regulator TV bermasalah gan

    ReplyDelete
  4. Mas, kalau blur-nya hanya terjadi ketika tv baru dihidupkan/masih dingin, penyebabnya apa ya mas? Mohon pencerahannya. terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Wah saya juga masih pemula, tapi saya pernah mengalami hal tersebut penyebabnya adalah elco tegangan tinggi disekitar plyback. Gambar tidak bisa fokus gejalanya

    ReplyDelete
  6. Samsung 29" g mau fokus. udah stel di fbt. ttp g mau. NB: Kondisi Mesin baru. mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  7. Wah klo saya blm pernah ngalami gambar tidak fokus setelah ganti mesin. Coba cek socket rgb dan tabung crt gan

    ReplyDelete
  8. Thanks gan infonya, setelah dicoba tips dari agan ternyata TV saya sudah benar kembali.

    ReplyDelete
  9. mas apa penyebab str power supplay cepat panas.

    ReplyDelete
  10. Banyak kemungkinannya gan, coba copot dulu jalur B+ nya lalu hidupkan apakah masih tetap panas, jika ya berarti masalahnya di PSU, jadi coba cek dulu komponen aktif disekitarnya apakah ada yang rusak atau tidak.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.