Memperbaiki Power Supply AC Matic DVD, Receiver

Power Supply merupakan rangkaian utama yang wajib ada pada setiap alat elektronika, oleh sebab itu jika rangkaian ini tidak ada dapat dipastikan barang elektronika tersebut akan mati dan tidak bisa digunakan lagi. Dulu power supply biasa menggunakan transformator step down, namun seiring dengan perkembangan zaman sekarang banyak yang menggunakan sistem AC matic, sehingga arus yang dihasilkan lebih stabil dan irit biaya. Meskipun di input pada tegangan 100 - 240 Volt AC masih mampu untuk mensupplay dengan normal sesuai kebutuhan.

Power supplay AC Matic menjadi rangkaian yang lebih banyak digunakan, apalagi dengan banyaknya daerah yang kekurangan arus listrik, itulah mengapa meski arus turun kita masih bisa menghidupkan DVD, Receiver Digital, Charger HP/ Laptop, Komputer, TV dan sebagainya, berbeda dengan power supplay yang hanya menggunakan Transformator step down yang jika arus turun maka tegangan keluaran juga ikut menurun. Nah seandainya rangkaian tersebut yang rusak pada barang elektronika dirumah, apa yang bisa anda lakukan, apakah dibawa ke tempat service atau diperbaiki sendiri?. Mungkin bagi para pemula bisa mengikuti beberapa tips berikut.
Penyebab Kerusakan Power Supplay AC Matic
  • Adanya arus naik melebihi batas kemampuan power supplay. Hal ini sering terjadi saat tegangan inputnya di supplay tenaga jenset atau diessel yang kurang stabil.
  • Terkena air, yang menyebabkan konslet
  • Ada hewan masuk saat rangkaian bekerja, misalnya cicak, kelabang, dsb
  • Terkena petir, biasanya itu sih yang sering dibilang orang. Namun bukan terkena secara langsung, tapi melalui penghantar kabel atau instalasi listrik.
  • Karena usia sehingga kemampuan menurun.
  • Terkena debu sampai lengket dan lembab, yang mengakibatkan konslet atau terbakar, dan sebagainya.
Cara memperbaikinya
  • Langkah awal untuk menanganinya adalah kita cek terlebih dahulu secara fisik apakah ada komponen yang meledak atau mencurigakan, misalnya Sekring, resistor, , Transistor, IC, Dioda dan lain-lain. Jika ada segera diganti, Jika tidak ada yang kelihatan rusak, langkah selanjutnya adalah mengecek tegangan yang masuk dan keluar pada rangkaian dengan menggunakan multimeter. 
  • Pada power supplay Ac matic yang paling sering rusak adalah Transistor atau IC Regulatornya. Jadi untuk memperbaiknya bisa kita ganti komponen yang rusak dengan yang baru misalnya WSL 03751, N8137,THX203H dan sebagainya. Biasanya jika komponen tersebut rusak komponen disekitarnya juga ikut terbakar seperti resistor atau dioda.
  • Selanjutnya jika masalah belum juga teratasi, langkah berikutnya adalah mengecek bagian penyearah Vdc keluaran (setelah melewati Trafo AC matic). Biasanya Dioda short (konslet) yang sering rusak. Namun tidak menutup kemungkinan seperti elco atau resistor disekitarnya juga rusak. Jadi untuk menanganinya sebaiknya cek satu persatu dengan cara di copot terlebih dahulu kemudian di ukur dengan multimeter.
Mungkin itu saja sekelumit masalah yang bisa kita coba, tentunya buat pemula seperti saya ini masih banyak kekurangan dalam menuliskan artikel ini, oleh sebab itu silahkan buat para master untuk menambahkan mengenai kerusakan power supplay tersebut.



Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Memperbaiki Power Supply AC Matic DVD, Receiver"

  1. No ic nya berapatu mhon panduannya

    ReplyDelete
  2. Klo ICnya macem-macem gan tipenya. Tergantung kebutuhan daya dan tegangan. Biasanya untuk receiver/ dvd adalah IC f421, TL431, MT1389DE dll

    ReplyDelete
  3. makasih gan infonya


    Tidak Ingin Ribet Melakukan Pembelian Voucher Atau Pembayaran Bulanan (Listrik , Tv Kabel , Cicilan) ? Download Apps Sekarang Juga di Play Store : http://goo.gl/iFl5go atau Kunjungi Langsung Website Kami di www.serbabayar.com Sekarang Juga

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.