Cara memasang Regulator Gacun pada TV

Regulator gacun merupakan sebuah rangkaian pengganti untuk mengganti satu blok rangkaian Regulator Televisi yang biasanya tukang service sudah mengalami kesulitan untuk mengganti komponen regulator aslinya, namun disini hanya dijelaskan bagaimana cara memasangnya. Sebenarnya Regulator gacun cukup mudah dalam pemasangannya karena kita cukup menghubungkan dua buah kabel saja yaitu kabel merah dan hitam sedangkan kabel biru dibiarkan saja. Solder dengan kuat saat kita akan mengubungkannya, dan jangan sampai ada hubung singkat dalam pemasangannya. Sebab hal ini justru akan membuat kerusakan lainnya. Untuk itu berikut adalah caranya:
Copot dulu transistor/IC regulator tv yg asli, hubungkan kabel merah pada bekas kaki Colector TR/ yg dialiri arus + di transistor. selanjutnya kabel hitam hubungkan ke - (min) dari Elco 220uf/450V, selanjutnya pasang TR gacun di head sink bawaan tv atau dibuatkan sendiri jg gpp. Serkali lagi yg penting jangan sampe terjadi hubung singkat(konslet). nah tv sudah siap dinyalakan.
Meski begitu sebaiknya sebelum mengganti, alangkah baiknya kita perbaiki terlebih dahulu regulator TV aslinya, karena pada dasarnya ini adalah jalan terakhir apabila power supplay pada televisi sudah tidak berfungsi lagi. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda semua. Terimakasih sudah berkunjung.

Lihat juga Cara merakit TV dengan mudah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara memasang Regulator Gacun pada TV"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.