Mendaur Ulang Aki (Accu) yang soak (rusak)

Bagaimana cara memperbaiki aki (accu) yang sudah rusak? apakah masih bisa di daur ulang lagi atau tidak. Pertanyaan yang kadang membuat saya ingin mencobanya, dari beberapa referensi yang saya dapat memang hal ini bisa saja dilakukan yaitu dengan mengganti isi dari aki tersebut dan diganti dengan yang baru. Kebanyakan jenis aki yang dipakai oleh masyarakat kita adalah accu basah dan kering. kedua jenis accu tersebut biasanya banyak digunakan di sepeda motor atau mobil.

Satu buah accu biasanya memiliki tegangan 12 VDC, meski ukuran dan amperenya berbeda tetapi tegangannya sama, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Jika anda belum tahu cara mengukurnya silahkan baca cara mengukur tegangan DC dengan multimeter.

Tips Memperbaiki Aki basah yang soak
  1. Pertama-tama buka masing-masing penutup aki basah.
  2. Buang airnya sampai bersih
  3. Gunakan air panas untuk membersihkan bagian dalamnya.
  4. Setelah tahap diatas selesai selanjutnya balik badan accu dan tunggu sekitar 1-2 jam
  5. Selanjutnya isi kembali dengan Air aki H2SO4 (Asam Sulfat Encer) atau biasa disebut dengan air zur hingga sampai batas pengisian (jangan kurang atau kelebihan)
  6. Tutup kembali aki sampai rapat.
  7. Waktunya di charge, jika belum punya casnya silahkan baca pada Cara membuat Charger Accu


Semoga tutorial ini bisa berhasil juga buat anda, sedangkan untuk aki kering saya pernah mencoba mengisi ulang kembali namun hasilnya memang bisa sedikit menyimpan arus. Tapi tidak bisa sempurna seperti sedia kala, artinya setelah dicharge baterai belum bisa bertahan lama. jadi buat anda yang sudah master mohon koreksinya jika ada yang salah dan ditunggu infonya. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya yang sederhana ini. baca juga Penyebab baterai cepat habis

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Mendaur Ulang Aki (Accu) yang soak (rusak)"

  1. mas sya punya battery ups (battery kering) sudah soak. gimana ya cara daur ulang nya, karena pernah sya daur ulang menggunakan air zuur trus sya cas dalam kondisi kepalanya tertutup smua apa itu sudah benar ya? atw kepala tutupnya hrs dibuka saat di cas?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.