Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar (mati total)

Kipas angin bekerja dengan memutar baling-balingnya sehingga udara bisa dihempaskan kearah yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu saat kita gunakan terasa ada angin yang berhembus kearah kita. Banyak sekali jenis dan merk kipas angin yang bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran mulai dari kipas dinding, duduk, meja, dengan merk seperti Hyundai, Panasonic, Miyako dengan harga yang murah sampai yang mahal. Namun bagaimana jika kipas angin tersebut rusak tidak mau berputar sama sekali atau biasa disebut dengan mati total. Bagi yang masih awam pasti kebingungan mencari penyebabnya, kenapa kipas angin yang awalnya normal-normal saja sekarang tidak bisa berputar.

Sebelumnya masputz.com sudah memposting mengenai penyebab kipas angin lambat berputar, nah sekarang bagaimana jika mati total?. Kipas Angin (elektrik fan) sebenarnya hanya terdiri atas dinamo listrik, dan saklar sebagai pengatur kecepatan putaran. Jadi  jika anda mengalami hal tersebut mudah-mudahan tutorial berikut bisa membantu keresahan yang anda derita.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati total
  1. Persiapkan alat untuk memperbaiki seperti obeng, kunci pas, solder, timah  dan sebagainya.
  2. Bongkar casing kipas angin yang akan diperbaiki
  3. Cek jalur kabel AC apakah ada yang putus, jika tidak ada lanjut ke step berikutnya
  4. Cek saklar kipas angin, biasanya untuk ukuran kecil ada tiga tombol dan yang lebih besar bisa 4 atau 5 tombol.
  5. Jika pada tahap tersebut belum ditemukan penyebabnya, selanjutnya adalah bongkar casing dinamo
  6. Cari thermo fuse biasanya didalam isolator bersama gulungan dinamo, bentuknya ada yan petak ada juga seperti resistor.
  7. Kalau sudah ketemu cek dengan multimeter apakah masih bagus atau rusak, Jika masih bagus biasanya jarum bergerak ke arah 0 ohm (selector pada skala ohm), jika tidak bergerak berarti rusak.
  8. Biasanya sampai disini kerusakan sudah ketemu, jika belum ditemukan juga berarti kerusakan ada pada gulungan dinamo, bisa jadi karena terputus atau terbakar, 
  9. Untuk memperbaikinya harus digulung ulang atau bisa anda belikan dinamo listrik untuk kipas angin yang baru dengan ukuran yang sama.
Nah dari beberapa step tersebut mudah-mudahan penyakitnya sudah bisa diketemukan, karena memperbaiki kipas angin ini masih bisa dikategorikan mudah untuk sistem manual, sebab komponen didalamnya tidak banyak. Oleh sebab itu jika anda adalah teknisi yang mahir, sudah pasti hal semacam ini adalah kerusakan sepele. Berbeda dengan yang menggunakan saklar digital dan menggunakan remote control, yang bisa dibilang rumit untuk jenis yang satu ini. Nah bagi pemula, yang belum pernah bongkar-bongkar kipas, harap berhati-hati dengan tegangan tinggi, dianjurkan ada yang mendampingi saat mereparasi. Semoga berhasil

Berlangganan update terbaru secara gratis:

47 Komentar Untuk "Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar (mati total)"

  1. mantab deh . thanks infonya gan!
    kunjungi juga http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  2. Bos kipas panasonic matot arus ac bagus sy ambl fuse'y d lnsngin cuma suara dengung doang lau bushing'y msh bgs mks bos sblm'y

    ReplyDelete
  3. Kalau tidak diberi fuse, nanti gulungan tembaga bisa terbakar. Masalah dengung bisa diakibatkan kapasitor rusak atau ada gulungan yang putus. didalamnya.

    ReplyDelete
  4. kipas angin exhaust saya mati udah ta ganti kapasitornya,kumparan dinamonya jg masih bagus kira-kira apanya ya bos,,makasih sblmya

    ReplyDelete
    Replies
    1. La gejala kerusakannya apa?.. Coba diukur dulu, apakan sudah ada tegangan yang masuk , selanjutnya cek saklar, kabel ,baru ke spul dan kapasitor

      Delete
  5. Kipas angin ane tombol 1 sama 2 nya fungsi tpi klo tombol 3 kipas angin nya malah mati, itu kenapa ya min kira" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tombol ke tiga rusak atau kabel yang menuju saklar ketiga putus ... Coba cek satu satu jika keduanya tidak berhasil, kemungkinan lilitan kipas angin yang mengarah ke saklar 3 putus.

      Delete
  6. boss, kalo blower listrik (wind blower) gak mau hidup, cara perbaiki nya apakah sama dengan kipas angin ?? saya pakai blower 2 Inch mirip yang disini boss.. >> https://ecs12.tokopedia.net/newimg/cache/300/product-1/2014/12/6/248232/248232_d7377b1a-7d1b-11e4-bc6c-d3c24908a8c2.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah bongkar, mungkin sama dengan dinamo pompa air atau dinamo listrik pada umumnya

      Delete
  7. kipas saya susah berputar hnya berdengung saja, udah saya ganti semua bushing depan belakang, dan tetap saja hanya berdengung, padahal kalo saya putar kipasnya berputar lancar tidak seret, kalo saya nyalakan g bs muter, apa bener kalo diganti kapasitornya bisa normal??

    ReplyDelete
  8. Kalau kapasitor yg rusak, tntu bsa nrmal kmbali. Namun bsa jg dsbbkan ada gulungan yang putus/short.. Untuk itu cek dulu gulunganya pake multimeter.

    ReplyDelete
  9. Kipas angin sy gak mau muter pdhl sdh dicek smua..sekring dah diganti kapasitor ok boshing g maslah itu apax.. klo dicek di kumparan daya magnetx ada tp g mau start.. bagaimana cara mengecek gulunganx pake multimeter? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek gulungannya dari speed 1 sampai 3 harus terhubung (skala ohm), begitu juga dengan kabel yang langsung ke listrik (dengan catatan fuse masih bagus)

      Delete
  10. gan ane pny kipas angin merk Sekai yg pake remote,tp beberapa bulan kemudian rusak pd system





























    remotnya, kemudian sy cb tes dgn tester trnyata dinamonya msh bagus, aku akalin dng saklar manual bisa, tp yg ingin sy tanyakan kok kabel dari dinamo ada satu warna coklat ( di PCB tertulis kabel coklat tsb OSC) seupama tidak aku sambung ada efeknya gak( cepet rusak tu kipas? thanks gan atas saranya ckup membantu?

    ReplyDelete
  11. gan gimana cara menyambung kawat kumparan tipis ke kabel kecepatan kipas angin . susah sekali . tipis banget jadi mudah rontok . mesinnya buatan china . di balas lewat email adisyukron20@gmail.com

    ReplyDelete
  12. cara menyambung lilitan kawat ke kabel kecepatan gimana sih yang benar . kawatnya mudah putus .

    ReplyDelete
  13. Kipas q eror, mati2. Kalo di nyatakan di leher kipas nya gak ada getaran. Q bongkar semua arus ya jadi negatif semua. Q blum punya multimeter. Kira2 apanya yg rusak. Thanks bro.

    ReplyDelete
  14. Blognya bagus... Bermanfaat. Cara ukur / cara lihat kapasitor kipas yg rusak itu bgm caranya klo pke multimeter analog ??? Jenis kapasitor yg dipke kipas angin itu biasa jenis apa??

    ReplyDelete
  15. Cara ukur yang pasti memang tidak ada, namun tipsnya adalah dengan mengisi arus pada kapasitor kemudian cek dengan multimeter skala V AC 1000V jika jarum bergerak berarti masih bagus, Untuk jenis Kapasitornya adalah non polar (boleh dibolak balik)

    ReplyDelete
  16. Nah bos ad pasien satu lg bos' saya ad kipas angin tp aneh nya cm no3 yg brputar, 1 sama 2 g mau mutar! Itu apanya ea bos.??

    ReplyDelete
  17. mungkin kabel speed 1 dan 2 putus

    ReplyDelete
  18. bagus---boleh minta nohape mas-mau konsultasi

    trims

    ReplyDelete
  19. Mas Put saya punya kipas angin gantung yg gak pakai kapasitor, waktu saya cek kabelnya gak ada yg putus, tegangannya juga bagus tapi waktu saya nyalain kok gak mau muter, itu kenapa ya mas..?

    ReplyDelete
  20. COba Cek Fuse yang ada didalam spul/ gulungan dinamo

    ReplyDelete
  21. Mas,, ada tetangga ane jual kipas angin dinding 2 unit rp 100.000. Infonya dinamonya bagus,, kira2 apa nya tu mas agar bisa nyala lagi.. soalnya mau saya tampung buat anak kos..

    ReplyDelete
  22. Untk msalah itu, baiknya cek dulu ukuran kipas, apakah dinamonya msih bisa brputar, trus kelengkapannya. Jd kalau ukurannya kcil ya rugi gan, trus klo dinamo tdk bsa brputar bsa jd saklar rusak, thermofuse putus, spul putus/short, kapasitor rusak. Dan lain2

    ReplyDelete
  23. Cara sambung lilitan putus bagaimana? Boleh sambung gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bongkar bagian motor terus cek lilitan statornya, Kalau putusnya dibagian sambungan masih bisa di tangani. Tapi jika putus didalam lilitan sebaiknya belikan motor listrik (dinamo) yang baru saja.

      Delete
  24. Boss kipas angin saya jatoh posisi keranjang yang buat baling" nya itu engga saya pasang ,terus dia jatoh'a posisi baling" nyah muter di tombol tiga ,skrng mesin'a itu panas terus mati total ,gmna cara bnerin'a gan ,tolong solusinyah ,?
    Makasih

    ReplyDelete
  25. Ya harus dicek perbagian mas, Mati total itu bisa disebabkan karena kabel/steker putus, saklar rusak, thermofuse putus, lilitan motor short atau putus. Untuk itu harus dicek satu2 dulu. Jika menggunakan sistem digital perlu juga mengecek bagian saklar digital.

    ReplyDelete
  26. Gan knpa glungan dinamo bsa kbakar apa pnyebab y

    ReplyDelete
  27. Ya bisa, penyebab yang paling umum adalah overheating atau kepanasan yang disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya ada lilitan short, terkena air saat nyala, tegangan masuk terlalu tinggi. dll

    ReplyDelete
  28. mas,gimana kalau asnya udah aus/gores2 shg kalau jalan bunyinya macam gerobak sorong saja, diapakan asnya?Udh tukar bering, tetap juga ndak mempan..

    ReplyDelete
  29. Kalau sudah seperti itu sulit gan, opsinya ganti As, sayangnya saya belum pernah tau ada yang jual. mungkin sistem kanibal bisanya. Atau coba dulu diberi minyak pelicin dan berikan ring dari dalam biar nggak longgar

    ReplyDelete
  30. Mas kipas exhaust ane rusak tidak bs berputar, diputar saat kondisi mati pun tidak bergerak seperti ada ditahan magnet. disitu ada 3 kabel kan, 2 buat ke saklar dan 1 langsung ke power. Benar tidak? yg mau an tanyakan bagaimana mengecek hubungan ketiga kabel tersebut menggunakan multitester dan mengecek kapasitor menggunakan multitester? Apa benar kalo menegecek kapasitor dgn posisi kutub postif dn negatif terbalik bisa membuat kapasitor meledak? Trimakasih

    ReplyDelete
  31. Berarti saklar speed cuma dua gan. Untuk mengecek ke tiga kabel tersebut cek dengan multimeter, dimana pada speed 1 hambatannya lebih kecil dibanding speed2. klo kapasitor yang dipakaikan jenis nonpolar, pemasangan boleh bolak-balik. jadi tidak bisa pakai multimeter gan.

    ReplyDelete
  32. Mas, kipas saya bisa menyala tapi hanya sebentar saja, dan untuk menyalakannya lagi harus tunggu beberapa menit agar dingin, kalau mati total sepertinya tidak.

    Sudah saya coba bongkar masih pada normal, (saya tidak bongkar dinamo karna ga ngerti dan kipas masih bisa nyala tapi sebentar)

    Kira kira kenapa ya mas? thanks

    ReplyDelete
  33. Ya itu kemungkinan motor/dinamonya bermasalah, biasanya ada yang putus lilitan bantu (yang terhubung ke kapasitor)

    ReplyDelete
  34. mau tny nih mas.kipas angin sy matot..pas sy cek saklar di posisi off pake test pen semua speed ada arusnya.tp,pas sy tekan on.justru arusnya tidak ada/test pen tidak nyala.apakah itu berarti saklarnya yg rusak?

    ReplyDelete
  35. Coba di copot dulu dari arus listrik baru di tes menggunakan multimeter skala ohm, karena saklar jarang rusak, paling sering thermofuse putus didalam motor listrik.

    ReplyDelete
  36. gan,kipas angin ane ngga ada anginya, padahal muter baling"nya? itu gimana gan ?

    ReplyDelete
  37. Kemungkinan muternya terbalik, biasanya disebabkan karena ada jalur yang putus pada lilitan motor

    ReplyDelete
  38. Baling baling berputar ke kiri /kanan tapi harus di gerakkan putarannya dengan bantuan kita, misal tidak hanya berdengung dengan suara agak besar.ke 3 speed masih terhubung jika di ukur.

    ReplyDelete
  39. Kemungkinan ada yang putus jalur ke lilitan bantu yang mengarah ke kapasitor gan

    ReplyDelete
  40. Gan saya punya kipas angin gantung,dulu berputar biasa,pas itu ada yang ngelempar sapu ke kipasnya yang lagi muter,setelah kena kipasnya masih nyala,tapi pas besoknya kok kipasnya muternya kebalik,terus besoknya lagi mati total,itu kenapa yah...??

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.