Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energy Model Jari

Sekarang ini orang sudah banyak meninggalkan lampu TL yang masih memakai trafo ballas atau menggunakan  lilitan kawat dan starter. Hal ini disebabkan karena harga yang mahal juga banyak memakan daya, terutama saat start awal. Oleh sebab itu muncullah lampu hemat energi sebagai penggantinya. karena harga yang murah dan tidak memakan banyak beban listrik. Biasanya Lampu hemat energy ini terdiri dari berbagai macam misalnya 2, 4, 6 jari dengan watt yang berbeda. Ada yang 5 watt, 7, 9, 15, 25 ,35, 45 watt dan lain-lain. Didalamnya terdapat rangkaian elektronik sebagai pengganti trafo ballas dan starter. Itulah sebabnya kenapa saat dihidupkan lampu langsung nyala tanpa nunggu starting up. Dari beberapa merk seperti philips, hannock, Sinyoku, atau merk cina, rangkaian didalamnya tidak jauh berbeda. Oleh sebab itu jika lampu anda dirumah ada yang rusak, baik cuma berkedip-kedip atau tidak nyala sama sekali, mungkin tips/ trik berikut bisa membantu.
Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energy yang berkedip-kedip
Untuk yang satu ini kerusakan biasanya terjadi karena adanya elco yang bengkak atau rusak biasanya yang memiliki ukuran besar, dan mungkin juga adanya solderan yang retak. Untuk selengkapnya anda bisa baca postingan saya sebelumnya mengenai Cara memperbaiki lampu neon berkedip.

Kerusakan tidak menyala atau mati total.
Jika demikian biasanya kerusakan disebabkan karena adanya kabel yang putus, Transistor sudah rusak, resistor rusak (biasanya jadi gosong) serta dioda yang putus atau short. Selain yang disebutkan biasanya Lampu Neon sudah putus. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti bagian yang rusak, solder ulang bagian yang retak dan sambung kabel yang putus.Jika anda belum pernah tahu nama-nama komponen dan bentuknya seperti apa anda bisa baca postingan mengenai Komponen elektronika, simbol dan fungsinya.

Bagaimana Cara mengetahui komponen yang rusak?
Secara fisik, kita cek adakah komponen yang terlihat gosong, menggembung, atau meledak. Jika tidak terlihat seperti rusak, maka harus kita ukur dengan menggunakan multimeter. Mengenai hal ini anda bisa baca:

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energy Model Jari"

  1. Sangat bermanfaat sekali buat saya

    #terimakasih untuk infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih juga ats kunjungannya

      Delete
  2. alternatif perbaikan lampu neon hemat energi :
    http://andre-elektrik.blogspot.co.id/2015/10/memanfaatkan-tabung-neon-mati-reuse.html
    :)

    ReplyDelete
  3. Mantap infonya dan langsung praktek semoga berhasil.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.