Memperbaiki Lampu Neon Elektrik Berkedip-kedip

Jaman dulu lampu neon kebanyakan menggunakan rangkaian trafo ballas dan starter, namun saat ini banyak sekali model dari lampu neon menggunakan komponen elektronik sebagai penggantinya. Mulai dari yang bermerk sampai yang abal-abal. Kalau waktu dulu kebanyakan yang rusak adalah lampunya, berbeda dengan sekarang yang kebanyakan rangkaiannya yang amat sensitif terhadap kerusakan. 

Sering kali saya menjumpai lampu neon dengan kerusakan menyala tapi hanya berkedip-kedip saja. Artinya saat lampu dinyalakan seperti lagi disko. Namun bukan lampu diskotik ya, oleh sebab itu berikut ini adalah cara memperbaiki lampu neon electric yang suka berkedip saat dinyalakan.

Penyebab neon berkedip
kabanyakan kedipnya lampu neon ini disebabkan karena adanya kapasitor bipolar yaitu elektrolit condensator (elco) yang menggembung atau bocor. karena dengan rusaknya elko tersebut membuat arus yang masuk menjadi tidak stabil atau tegangan DC menjadi tidak normal. Jenis elco ini biasanya memiliki Voltase yang tinggi yaitu sekitar 10-22uf/ 250-450 Volt dan memiliki ukuran yang paling besar diantara elco lainnya di rangkaian lampu tersebut. Namun itu belum bisa juga menjamin bahwa kedipan lampu tersebut disebabkan oleh elco yang besar.Bisa juga karena ada solderan yang retak atau longgar.

Cara mereparasi
Jika menemukan problem yang demikian, langkah awal sebelum diperbaiki sebaiknya di cek dulu apakah neon masih dalam keadaan bagus atau tidak putus. karena ada juga penyebab neon berkedip disebabkan ada salah satu bagian neon yang putus. Selanjutnya cek secara fisik apakah ada elco yang menggelembung atau solderan yang retak, jika ada segera di solder ulang dan ganti elconya. Saat mengganti elco jangan sampai terbalik sebab bisa meledak jika salah dalam pemasangannya.

Sebagai catatan saat mereparasi rangkaian ini supaya lebih berhati-hati karena tegangannya sangat tinggi, kadang meski tidak di sambungkan ke arus, dibagian elco tegangan tinggi masih ada arusnya, meski tidak seberapa tapi cukup mengagetkan kita. Oleh sebab itu mereparasi elektronik butuh ketelitian, tekun dan bersabar.



Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Lampu Neon Elektrik Berkedip-kedip "

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.