Menghapus Spam Facebook, Bagaimana Caranya?

Apa itu Spam Facebook?
Spam Facebook adalah menghubungi orang secara berulang-ulang dengan konten atau permintaan yang tidak diinginkan. Termasuk mengirim pesan massal, mengirim tautan atau gambar secara berlebihan ke Kronologi teman. Hal ini tentu sangat menjengkelkan sebab status yang tidak wajar sering muncul di kronologi kita. Sebenarnya yang terkena spam bukanlah akun FB nya akan tetapi Komputer atau Browser yang digunakan.

Bagaimana Spam Facebook menyebar?
Spam disebarkan melalui orang yang mengeklik tautan atau link yang kadang menggiurkan, bahkan tidak jarang menggunakan gambar seakan-akan seperti video di youtube. Jika seorang pengguna akun facebook mengklik tautan tersebut maka secara otomatis akun aplikasi browser atau PC akan memerintahkan akun anda untuk mengirim tautan yang aneh dan menggiurkan ke teman lainnya. begitu teman anda mengkliknya maka otomatis spam juga menginfeksi PC teman anda untuk menyebar tautan seperti anda, begitu seterusnya. Bagaimana jadinya jika seluruh pengguna Facebook terkena spam? anda sudah pasti bisa menjawabnya.

Bagaimana Cara menghapus Spam Facebook?
Jika Anda telah mengeklik tautan/link yang ternyata adalah spam, Berikut beberapa langkah dari pihak Facebook mengenai cara menanganinya.:
  • Periksa Log Aktifitas Anda dan hapus tindakan apa pun yang tidak diinginkan.
  • Periksa Aplikasi permainan yang terpasang, hapus apa saja yang tidak Anda percaya.
  • Periksa Riwayat masuk untuk mengetahui semua proses masuk yang mencurigakan.
  • Pasang dan jalankan perangkat lunak anti virus.
Namun Jika Spam itu adalah sebuah script auto installer yang sudah lengket di plugin browser seperti mozilla, Google Chrome, atau Opera. maka anda harus segera menghapusnya dengan cara masuk ke pengaturan plugin, dan hapus plugin atau pengaya yang anda rasa mencurigakan.

Bagaimana cara agar terhindar dari Spam?
Pertama anda harus tahu terlebih dahulu mana tautan yang mengandung spam dan bukan, tapi jika belum mengerti sama sekali alangkah bagusnya jika ada gambar atau tautan yang mencurigakan tidak usah diklik, di like bahkan dikomentari, acuhkan saja, jika spam muncul di kronologi segera dihapus. Selanjutnya konfirmasi keteman anda melalui Inbox atau sms aja langsung (kalo ada pulsa hehe) kalo akun Facebooknya terkena spam.

Jadi Spam ini sebenarnya dibuat oleh seseorang dengan tujuan dan maksud tertentu yang jelas-jelas merugikan, entah itu untuk mengambil data akun, promosi, atau bahkan menyebarkan virus ke komputer. Untuk itu berhati-hatilah jika ada spam di facebook. Untuk bantuan mengenai spam FB silahkan kunjungi Pusat bantuan Spam facebook

Berlangganan update terbaru secara gratis: