Penyebab Kipas Angin Lambat berputar

Saat siang bolong suasana gerah paling asik nyalain kipas angin sambil minum es, namun bagaimana jika kipas angin yang biasanya normal kemudian putarannya menjadi lambat, pasti sebel jadinya. Kemarin penulis juga mengalami hal seperti itu, langsung saja saya bongkar kipas anginnya, dibagian as ternyata banyak sekali debunya sehingga putaran menjadi seret, nah kebetulan tadi habis ganti oli sepeda motor, jadi saya coba saja dikasi sedikit minyak oli tadi di bagian asnya, lalu sambil diputer-puter ternyata jadi semakin ringan, akhirnya saya coba hidupkan , dan benar saja kipas angin yang tadinya berputar lambat kini menjadi kencang putarannya.

Jadi sebenarnya itu hanya salah satu contoh saja mengenai penyebab kipas angin yang lambat berputar namun tidak semuanya sama penyebabnya, bisa jadi kapasitor atau ada gulungan yang putus.

Langkah yang baik menurut saya saat mengalami kerusakan tersebut adalah;
  1. Bongkar Penutup Kipas
  2. Periksa dulu adakah benang atau kotoran yang menempel di bagian as kipas angin
  3. Kalau ada segera Bersihkan,
  4. Berikan Minyak Pelicin.
  5. Jika masih belum bisa, coba periksa Kapasitor
  6. Jika belum juga baru bongkar penutup dinamo dan cek dengan multimeter apakah ada gulungan atau kabel yang putus. 
Dari Beberapa hal diatas yang penting adalah ketekunan dan ketelitian dalam mereparasi kipas angin tersebut, Oleh sebab itu sebaiknya selain membaca artikel ini, coba tanyakan juga kepada para ahli dibidangnya mengenai penyebab kerusakan ini. Semoga bermanfaat dan Terimakasih sudah berkunjung dimari.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Penyebab Kipas Angin Lambat berputar"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.